31/01/16

Unboxing dan Review ASUS ZenWatch 2 WI501Q


Hai sobat TechGue.com kali ini akan melakukan unboxing dan review smartwatch dari ASUS yaitu ASUS ZenWatch 2 WI501Q. Android wearable belakangan ini semakin pesat pertumbuhannya. Hampir semua vendor smartphone mengeluarkan produk wearable mereka seperti samsung dengan Gear S2, LG Watch, Sony Smartwatch dan Huawei Watch. ASUS yang sebelumnya mengeluarkan ASUS ZenWatch merefresh produk smartwatch mereka ke varian yang lebih baru yaitu ZenWatch 2. ZenWatch 2 dapat digunakan di Android maupun iOS. ZenWatch 2 ada 2 varian size, WI501Q untuk dimensi layar 1.63" dan WI502Q untuk dimensi layar 1.43".

Spesifikasi ASUS ZenWatch 2 WI501Q
Processor Qualcomm Snapdragon 400 1.2GHz
Operating System Android Wear
Memory 512 MB RAM
Storage 4GB eMMC Flash
Display AMOLED 1.63"
320x320,
278ppi Touch Display
Sensor 6-Axis (A+G) with Sensor-hub
Audio Built-in microphone
Battery 400mAh
Features Cover Lens: 2.5D curved Corning® Gorilla® Glass 3
Water Resistance: IP67
Communication: Bluetooth4.1+WiFi
Dimensions 49.6 x 40.7 x 9.4 ~ 10.9 mm (LxWxH)

Unboxing
Pada review ZenWatch 2 TechGue.com kali ini memiliki warna gun metal. Kotak ZenWatch 2 terlihat simpel dengan warna produk sesuai dengan warna yang ada di cover kotak. Dibagian belakang terdapat spesifikasi ZenWatch 2 dan dibagian samping ada logo android wear.



Pada paket penjualan Asus ZenWatch 2 berisi ZenWatch 2, kabel Magnetic, dan Kepala charger saja.


Desain dan Tampilan
Desain ZenWatch 2 masih mirip dengan ZenWatch generasi pertama, tak banyak perubahan yang terjadi. Dengan desain layar berbentuk kotak dan memiliki empat ujung yang melingkar membuat ZenWatch 2 terlihat minimalis dan memiliki style tersendiri. Memiliki sertifikat IP67 membuat ZenWatch 2 tahan terhadap air.


ASUS ZenWatch 2 tersedia dalam berbagai pilihan warna yaitu Dark Blue, Silver dan Gold. Pada bagian jam/case menggunakan bahan stainless steel dan Strap/tali jam menggunakan leather atau kulit asli, sehingga nyaman saat digunakan dan menambah kesan mewah pada ZenWatch 2. Kita pun bisa menggunakan strap berbahan metal yang dijual terpisah.


Pada Bagian belakang terdapat port magnetic charge untuk mengisi daya, dan pada bagian samping kanan terdapat tombol untuk menghidupkan layar/mematikan layar ZenWatch 2.

Layar dan Sensor
Beberapa pengguna smartwatch pasti was-was terhadap layar android wear kesayangan, oleh karena itu ASUS memberikan proteksi Gorilla Glass 3 pada ZenWatch 2. Dengan ukuran layar 1.63" untuk WI501Q dan 1.43 untuk WI502Q ditambah layar sentuh dengan teknologi AMOLED. ZenWatch 2 dilengkapi dengan sensor 6-axis, gyroscope dan accelerometer.


Layaknya wearable lain yang berbasis Android, ZenWatch 2 kompatibel dengan aplikasi-aplikasi android wear dari google seperti notifikasi, google now, weather, heart rate, dan lain-lain. Fitur Gesture dari ZenWatch 2 juga sangat membantu, seperti menutup dengan telapak tangan untuk meredupkan layar, mengarahkan zenwatch 2 seperti melihat jam untuk mencerahkan layar sehingga jam/notifikasi bisa terbaca dengan jelas, memutar pergelangan ke depan dan belakang untuk scroll notifikasi, dan lain-lain.

ZenWatch Manager
Selain menggunakan aplikasi manajer Android Wear dari google. ASUS juga menyediakan ZenWatch Manager, dimana kita bisa kustomisasi tampilan dan tool-tool untuk memaksimalkan ZenWatch 2 kita.

Baterai
Ketahanan Baterai ZenWatch 2 cukup baik, bisa bertahan satu setengah hari dengan kondisi selalu ter-pair dengan smartphone untuk menampilkan notifikasi dari smartphone ke ZenWatch 2. Pengisian baterai juga cepat, kurang dari 1 jam baterai sudah terisi penuh.

Kesimpulan
Harga ZenWatch 2 yang jauh lebih murah dibandingkan kompetitor TechGue.com rasa cukup sebanding dengan yang ditawarkan ZenWatch 2. Mudahnya kustomisasi tampilan dan gesture yang memudahkan dalam penggunaan menjadi nilai lebih dari ZenWatch 2. Kekurangannya adalah dari desain bezel yang menurut TechGue.com terlalu besar.

Video Unboxing