21/02/16

Unboxing dan Review ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL, Layar Lebar dengan Laser Autofokus


Kali ini TechGue.com akan me-review salah satu smartphone jagoan asus di segmen mid-end yaitu ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL. Fitur utama lini Zenfone 2 Laser adalah Laser Auto Focus pada kamera utamanya. Fitur ini serupa seperti yang dimiliki smartphone kelas atas namun ASUS memberikan harga yang kompetitif pada lini ZenFone 2 Laser. ZenFone 2 Laser ZE550KL memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan ZenFone 2 Laser ZE500KL, bedanya seri ZE550KL memiliki layar 5.5inch atau lebih besar 0.5 inch dibanding ZE500KL. Sangat cocok untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan layar lebar dan kamera mumpuni.

Spesifikasi ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL:


Model ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL
CPU Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU Adreno 306 400MHz
RAM 2GB RAM
Storage 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 128 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct,
Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display 5,5 inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 267 ppi,
ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture
(termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery Lithium-Polimer 3000 mAh
Main Camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik.
Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash,
PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih
dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+
peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM & Whatsapp Ready
Dimension 152.5 x 77.2 x 10.8 mm
Weight 170g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver

Unboxing dan Paket Penjualan:

Pada paket penjualan ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL terdapat ZenFone 2 laser, Kabel data, Buku Panduan, Charger, serta Kartu Garansi.

Desain:

ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL hadir dengan desain yang mirip dengan seri ZenFone lainnya. Memiliki plat metal dengan kontur concentric circle dibawah tombol kapasitif membuat ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL terlihat elegan dan mewah. Pada bagian belakang bodi cover menggunakan material plastik yang memiliki kontur metal brush sehingga terasa nyaman saat digenggam dan membuat tampilan mewah.


Pada bagian layar depan terdapat 3 tombol kapasitif back, home serta recent apps yang ketiganya tidak dilengkapi dengan led backlight, namun menggunakan cat reflektif. Pada bagian atas layar terdapat kamera depan 2MP, speaker telepon(receiver) dan notifikasi LED. Pada bagian belakang terdapat kamera utama 13 MP, led flash dual tone, serta laser autofokus.


Pada bagian sisi atas ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL terdapat tombol power dan jack audio. Pada bagian sisi bawah terdapat port microUSB yang digunakan untuk mengisi daya maupun transfer data.


ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL memiliki cover belakang yang bisa dibuka, serta baterai yang bisa dilepas (removable). Ketika membuka cover belakang kita akan menemukan 2 slot microSIM dan satu slot microSD yang bisa diisi hingga 128GB.

Display:

Berbekal layar 5.5 inchi dengan resolusi HD (729 x 1280p), ASUS Zenfone 2 laser adalah smartphone yang tergolong memiliki layar berukuran besar, cocok untuk Anda yang menyukai multimedia dan memiliki aktifitas tinggi. Tingkat kecerahan yang lebih terang dan responsitifitas layar sentuh yang jauh lebih baik juga dimungkinkan dengan TruVivid.

Layar ZenFone 2 Laser ZE550KL juga sangat responsif, dengan jangka waktu 60 milidetik saja. Smartphone ini dibekali dengan teknologi layar Gorilla Glass 4 generasi terbaru yang lebih tahan terhadap goresan ataupun benturan ketika digunakan sehari-hari. Dengan layar Gorilla Glass 4 ini, ketahanan layar Zenfone 2 Laser lebih baik sebanyak 2 kali lipat ketika terjatuh dan 2.5 kali lebih kuat dan 85% lebih tahan terhadap goresan 

Hardware:

ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL menggunakan prosesor quad-core (empat-inti) Qualcomm Snapdragon 410 dengan clock speed 1.2GHz dengan RAM 2GB. Perangkat ini menawarkan performa yang baik dan lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, sosial media maupun bermain game. Berikut hasil tangkapan layar dari CPU-Z:


Dan berikut ini hasil pengujian Antutu Benchmark:


Free RAM dan sisa penyimpanan:


Beralih ke sumber daya yang ditanamkan, ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL menggunakan baterai berkapasitas 3000mAh. Dalam kondisi awal 100% TechGue.com melakukan berbagai aktifitas seperti game, browsing, foto dan video hasilnya ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL dapat bertahan sekitar 10 jam.

Koneksi:

Untuk anda yang membutuhkan koneksi internet super cepat, ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL juga memberikan koneksi internet 4G LTE. Konektivitas ini dapat menembus kecepatan hingga 150Mbps kecepatan download dan 50 Mbps untuk kecepatan upload data, bergantung operator yang kita gunakan. 
ASUS Zenfone 2 Laser juga menggunakan jaringan Wi-Fi 802.11ac Super Fast Wi-Fi yang berjalan di angka 5GHz. Umumnya smartphone hanya menggunakan jaringan 2,4 GHz saja. Dengan jaringan Wi-Fi tersebut, ASUS Zenfone 2 Laser dapat memperoleh kecepatan data hingga 433 Mbps atau 6 kali lebih lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi smartphone lainnya yang berjalan di kecepatan maksimal 72Mbps.

Selain dukungan 4G LTE dan Wifi 5GHz, ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL juga dibekali kemampuan USB OTG sehingga kita bisa membaca isi flashdisk untuk menonton film ataupun hal lain.

Kamera:

Kamera belakang ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL dibekali teknologi PixelMaster beresolusi 13MP dengan 5 lapis lensa largan untuk ketajaman dan akurasi warna yang lebih baik. Seperti namanya, smarthphone ini telah dilengkapi dengan Laser Auto Focus yang bisa menangkap fokus pada objek foto dalam waktu kurang dari 0.03 detik saja. Bukaan aperture dengan nilai f/2.0 membuat smartphone ini bisa mengambil gambar yang cerah meskipun di malam hari. Jadi, soal kamera, sudah dipastikan bahwa smartphone ini bisa menghasilkan gambar yang luar biasa. User interface dan fitur yang ada di ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL sangat beragam sehingga kita dapat menentukan mode yang kita inginkan sesuai objek foto.

Nah, untuk kamera depan, ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL dibekali dengan kamera depan dengan resolusi 5 megapixel dengan sensor BSI high sensitivity dan 4 lapis lensa. Asiknya lagi, kita juga mendapatkan bukaan aperture f/2.0 seperti di kamera belakang agar hasilnya lebih terang di malam hari. Sudut pengambilan gambar 85 derajat disediakan agar foto yang diambil lebih lebar.
TechGue.com mencoba kamera ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL dan hasilnya pun sangat memuaskan.
Hasil foto ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL:
indoor
outdoor
Menggunakan mode Pixelmaster Depth Of Field
Menggunakan mode HDR
Untuk kualitas Video, ZenFone 2 Laser ZE550KL mampu merekam hingga resolusi FullHD. Dan mode pilihannya pun beragam, sebagai contoh adalah timelapse berikut hasilnya:

Sampel hasil video FullHD dari ZenFone 2 Laser ZE550KL:

ZenUI dan Fitur:

ASUS ZenUI yang kini sudah mencapai versi 2.0 berjalan di platform Android Lollipop (5.0.2). Namun bukan ASUS namanya kalau hanya puas dengan standar bawaan Android. Untuk menambah pengalaman pengguna yang lebih baik dan sesuai dengan selera pengguna, ASUS membekali OS Android Lollipop tersebut dengan tampilan ASUS ZenUI 2.0 terbaru. 
Fitur ZenUI 2.0 pun sangat lengkap, mulai dari Tema, font, Kids Mode, Snapview, dan ZenMotion. Untuk Anda yang senang untuk mengakses aplikasi secara cepat, ASUS ZenUI sudah dilengkapi dengan ZenMotion yang sangat memudahkan. Kita dapat membukan aplikasi secara langsung dengan mengusap membentuk huruf di layar smartphone meskipun dalam keadaan terkunci.
Sebagai contoh, ketika layar ZenFone 2 Laser terkunci dan kita mengusap layar dengan bentuk huruf "W" maka otomatis browser internet akan terbuka. Smartphone ini juga aman jika ingin Anda pinjamkan pada anak, karena ASUS ZenUI memiliki Kids Mode. Dengan mode ini Anda bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak muncul dan digunakan oleh anak.

Tes Game:

Untuk performa gaming ZenFone 2 Laser ZE550KL mampu menjalankan game-game seperti Asphalt 8 (setting high) dengan lancar dan tanpa kendala, game online seperti vain glory pun bisa dimainkan dengan baik pada ZenFone 2 Laser ZE550KL.

Kesimpulan:

Dengan bandrol harga di Rp 2.499 juta ZenFone 2 Laser ZE550KL menawarkan smartphone yang komplit baik dari sisi hardware yang cukup baik, Dual SIM 4G, kamera 13MP dengan laser autofokus yang memberikan pengalaman yang baik untuk fotografi. User Interface ZenUI 2.0 yang intuitif, desain yang tergolong nyaman digenggam walau memiliki layar besar sehingga mudah dalam pengoperasiannya. 


Unboxing Video: