28/04/16

Mengenal Jenis-jenis Cherry MX Switch



Kali ini TechGue.com ingin memberikan sedikit informasi tentang Switch CherryMX. Apa itu CherryMX Switch? mungkin gamer awam kadang bertanya-tanya ketika melihat mechanical keyboard dan melihat spesifikasi tertulis menggunakan CherryMX switch. CherryMX Switch adalah switch terbaik yang digunakan pada mechanical keyboard. Pertama kali diperkenalkan pada November 1983. Varian CherryMX switch saat ini ada beberapa yang dibedakan berdasarkan warna stem dan masing-masing switch memiliki karakter yang berbeda-beda.

CherryMX Switch dibalik sebuah keyboard
Beberapa tipe CherryMX switch diantaranya Red, Brown, Blue, Black, Green, Clear dan White. Untuk detil lebih jelasnya bisa dilihat di penjabaran di bawah ini:

CherryMX Brown Switches

CherryMX Brown adalah jenis yang tactile dan non clicky sehingga tipe switch ini tidak berisik saat ditekan. CherryMX Brown diperkenalkan pada tahun 1994 dan sampai saat ini masih menjadi salah satu switch yang paling populer. CherryMX Brown juga cocok untuk gaming maupun mengetik karena tidak berisik sehingga buat bekerja di kantor pun OK.

Karakteristik:
Gaya: 45g
Feel: Ringan, tactile, non clicky

CherryMX Red Switches

CherryMX Red mulai diperkenalkan pada tahun 2008. Switch tipe ini diperkenalkan sebagai switch khusus gaming dengan bobot ringan dan memiliki aktuasi yang cepat. CherryMX Red saat ini menjadi switch paling umum pada keyboard gaming yang ada.
Karakteristik:
Gaya: 45g
Feel: Light, linear, non tactile, non clicky

CherryMX Blue Switches

CherryMX blue adalah switch yang bertipe clicky dan paling umum digunakan. CherryMX blue pertama kali muncul pada keyboard Filco pada tahun 2007. CherryMX tipe ini sangat clicky dan suaranya terdengar keras sehingga jika digunakan pada ruangan mungkin akan mengganggu sekitar. Tapi untuk yang menginginkan keyboardnya memberikan feedback yang keras CherryMX  tipe ini adalah salah satunya.
Karakteristik:
Gaya: 50g
Feel: Light, tactile, clicky

CherryMX Black Switches

CherryMX Black diperkenalkan pada tahun 1984 dan menjadi switch CherryMX yang paling tua. Switch ini sangat berat yang membuat tombol jarang sengaja terpencet saat mengetik.

Karakteristik:
Gaya: 60g
Feel: Berat, linear, non tactile, dan non clicky

Dan itu tadi beberapa CherryMX Switch yang umum ada pada keyboard gaming. Secara personal saya lebih suka dengan CherryMX Brown, namun berbeda orang beda rasa lalu switch CherryMX mana yang kamu suka?