28/04/16

Unboxing dan Review Keyboard Gaming Logitech G610 Orion Brown



Kali ini TechGue.com akan mereview salah satu Keyboard Gaming terbaru dari Logitech, yaitu Logitech G610 Orion Brown yang menggunakan Swtich CherryMX Brown. Apa itu CherryMX Switch? bisa kamu baca Disini.
Siapa gak tau Logitech? Ya, salah satu produsen peripheral komputer paling lengkap mulai dari mouse, keyboard, gamepad dan lain-lain. Dan kali ini Gue mau mereview Logitech G610 Orion Brown, sebelum gue review kita lihat spesifikasinya dulu.

Spesifikasi


SPESIFIKASI FISIK

Tinggi: 153 mm (6,0 inci)

Lebar: 443,5 mm (17,5 inci)

Tebal: 34,3 mm (1,4 inci)
Berat: 1,259 g (2,8 lbs)

SWITCH TOMBOL CHERRY MX BROWN:
Jarak aktuasi: 2 mm (0,08 inci)
Kekuatan aktuasi: 45 g (1,6 oz)
Total jarak: 4 mm (0,16 inci)

KEYBOARD SPESIFIKASI:
Jenis Koneksi: USB 2.0
Protokol USB: USB 2.0
Kecepatan USB: USB 2.0
Lampu Indikator (LED): White 
Display LCD: Tidak
Cahaya Latar: White
Tombol Khusus: Function Keys Makro 
Fitur Lainnya: Kontrol media 
Panjang Kabel (Daya/Pengisian): 1.83 M (6 ft)

Unboxing


Kemasan Logitech G610 Orion sangat baik, dibungkus dengan kardus tipis pada bagian luar yang bercorak sesuai dengan tema Logitech yaitu Hitam plus Biru langit.  Di bagian dalam Keyboard terbungkus plastik dan kerdus keras. Pada paket penjualan hanya ada Keyboard dan buku panduan.

Desain

Desain Logitech G610 Orion ini sama dengan Logitech G810, hanya berbeda pada RGB dan switch yang digunakan. Logitech G610 Orion memiliki layout Full Keyboard dengan warna dominan hitam. Logitech G610 Orion terasa solid dan kokoh ketika gue keluarkan dari kotak. Selain itu Logitech G610 Orion memiliki kabel yang sudah di braided agar kuat dan tahan lama.


Logitech G610 Orion juga memiliki pengatur ketinggian di bagian bawah yang bisa kita atur sesuai selera kita agar nyaman menggunakan Keyboard.


Logitech G610 Orion Brown memiliki Backlight berwarna putih yang dapat diatur pencahayaannya menggunakan Logitech Gaming Software. Pada bagian Kiri atas keyboard terdapat Logo G yang menjadi logo Logitech Gaming. Dan pada bagian samping kanan terdapat tanda G610.


Pada bagian kanan atas terdapat Media Key, Game Mode yang bisa kita seting melalui Logitech Gaming software dan Volume scroll.

Review

Logitech G610 Orion Brown menggunakan switch CherryMX Brown yang sudah terkenal sebagai pembuat switch keyboard yang baik. Karakteristik CherryMX Brown sangat terasa pada keyboard ini yakni suara ketikan yang rendah sehingga keyboard ini gue rasa gak cuma cocok buat main game namun juga bisa dipakai di kantor karena suara noise yang rendah. Keyboard ini pun diklaim dapat bertahan lebih dari 50juta ketukan.


Aktuasi keyboard ini juga sangat akurat sehingga menghadirkan pengalaman gaming yang dapat diandalkan. Keberadaan Logitech gaming software juga menyempurnakan keyboard ini karena dari logitech gaming software kita bisa mengatur backlight, game mode dan lain-lain. Pada game mode kita bisa mengatur tombol keyboard mana yang dimatikan ketika kita sedang bermain game, default nya game mode akan mematikan tombol windows sehingga ketika bermain tombol windows tidak akan tertekan.


Terdapat pengaturan profil juga untuk memudahkan kita menyimpan profil keyboard untuk game-game yang kita mainkan.

Video Review

Kesimpulan

Desain yang simpel serta menggunakan switch CherryMX brown memberikan performa yang sangat baik untuk bermain game maupun untuk sekedar mengetik. Keberadaan Logitech Gaming Software sangat menunjang kapabilitas dari keyboard ini sehingga user friendly untuk dikustomisasi mulai dari lightning, game mode dan dapat menyimpan profil game yang berbeda-beda.

Memiliki tombol media key yang sangat responsif juga sangat membantu dalam urusan media baik musik maupun video. Secara overall keyboard ini dapat memberikan pengalaman yang lebih untuk sehari-hari maupun gaming. Dibandrol dengan harga Rp. 2.190.000 di Indonesia Logitech G610 Orion Brown bisa menjadi salah satu pilihan untuk Mechanical keyboard mu.