Review Kingston HyperX Cloud II: Headset Gaming dengan 7.1 Surround Sound


Nama HyperX mungkin belum terdengar familiar buat orang Indonesia. Tapi tahukah anda bahwa HyperX adalah brand produk-produk gaming dari Kingston. Ya, kini kingston tidak hanya memasarkan produk seperti RAM/ SSD saja namun juga telah masuk ke dunia gaming melalui nama HyperX. Kingston HyperX sendiri juga sudah banyak mensponsori beberapa tim eSports seperti Cloud9, Navi, Team Liquid, SK-Gaming dan lain-lain.

Kingston HyperX Cloud II sebenarnya adalah versi upgrade dari HyperX Cloud yang diperkenalkan pada tahun 2014. Faktanya, kedua headset ini memiliki spesifikasi yang sama namun HyperX Cloud II mendapat tambahan USB Sound Card 7.1 Surround sound dan beberapa perbaikan pada sisi mic.

Spesifikasi

Spesifikasi Headset Kingston HyperX Cloud II
Transducer type dynamic Ø 53mm with neodynium magnets
Operating principle closed
Frequency response 15Hz–25,000 Hz
Nominal impedance 60 Ω per system
Nominal SPL 98±3dB
T.H.D. < 2%
Power handling capacity 150mW
Sound coupling to the ear circumaural
Ambient noise attenuation approx. 20 dBa
Headband pressure 5N
Weight 320g
Weight with microphone and cable 350g
Cable length and type 1m + 2m extension
Connection single mini stereo jack plug (3.5 mm)
Spesifikasi Mikrofon HyperX Cloud II
Transducer type condenser (back electret)
Operating principle pressure gradient
Polar pattern cardioid
Power supply AB powering
Supply voltage 2V
Current consumption max 0.5 mA
Nominal impedance ≤2.2 kΩ
Open circuit voltage at f = 1 kHz 20 mV / Pa
Frequency response 50–18,000 Hz
THD 2% at f = 1 kHz
Max. SPL 105dB SPL (THD≤1.0% at 1 KHz)
Microphone output -39±3dB
Length mic boom 150mm (include gooseneck)
Capsule diameter Ø6
Connection single mini stereo jack plug (3.5mm)

Unboxing



Paket penjualan HyperX Cloud II ini cukup baik dengan boks ekslusif warna merah dan didalamnya terdapat manual penggunaan untuk PS4/XBOX One/PC. Didalamnya juga terdapat secarik surat dari HyperX yang menambah keistimewaan dalam membeli produk ini. Sedangkan kelengkapan dari Headset ini:
  • Earcup cadangan dari bahan velour/cloth
  • USB Soundcard yang memiliki volume control, mic control, dan tombol untuk mengaktifkan suara surround 7.1
  • Mikrofon yang detachable/bisa dilepas
  • Airplane adapter
  • Carrying Bag

Desain dan Fitur

Elegan ketika melihat desain dari HyperX Cloud II ini. HyperX Cloud II memiliki 3 pilihan warna yaitu Merah-Hitam, Abu-abu, dan Putih-pink. Nah untuk yang saya miliki kali ini berwarna merah hitam. Desain nya juga simpel dan tidak terlalu mencolok seperti headset gaming lain sehingga kamu bisa memakai headset ini untuk mendengarkan musik di tempat umum.


HyperX Cloud II memiliki desain metal brush pada bagian earcup dan memiliki alumunium support pada kedua earcup yang tentu akan memperkuat headset ini dan memberikan aksen yang menarik. Pada kedua sisi headset terdapat logo HyperX yang cukup besar.



Terdapat tulisan HyperX yang dibordir pada bgaian headband Headset ini. Pada bagian Headband juga memiliki aksen warna merah hitam yang menambah estetika headset ini.



Memiliki earcup yang berbahan kulit menambah kenyamanan dalam memakai headset ini dalam waktu yang lama. Kamu juga dapat menggantinya dengan earcup cadangan yang disediakan HyperX.



Dan yang membedakan dari seri pendahulunya adalah USB Soundcard ini. Kamu bisa merasakan sensasi Surround sound 7.1 dari HyperX Cloud II dengan menggunakan usb soundcard ini tanpa harus menggunakan software lain alias plug and play saja. Dan dengan usb soundcard ini kamu dapat menggunakan headset ini dengan interface usb.



Fitur yang menarik dari HyperX Cloud II adalah mic yang bisa dilepas sehingga kita bisa melepasnya ketika kita tidak membutuhkannya, untuk sampel suara mic bisa dilihat di video unboxing saya.


Tes Gaming


Untuk bermain game (dalam tes ini saya bermain CS:GO) HyperX Cloud II memberikan suara yang baik dalam hal detil desingan peluru, ledakan dan mendengar foot step (langkah) lawan tentu hal tersebut sangat membantu gamers yang ingin kompetitif dalam bermain game. Dari segi virtual sound 7.1 yang ditawarkan HyperX Cloud II sedikit membuat suara lebih rendah namun dengan bantuan virtual sound tersebut kita bisa lebih merasakan feel arah keberadaan musuh berada.

Kesimpulan


Dengan harga 1.4 Juta kamu bisa mendapatkan Headset gaming yang bukan hanya berperforma baik namun juga menghasilkan virtual sound 7.1 untuk menghadirkan experience yang lebih baik dalam bermain game. Kelengkapan yang cukup komplit ditambah fitur-fitur yang mumpuni membuat HyperX Cloud II saya rasa menjadi salah satu Headset gaming yang pantas kamu miliki di range harga dibawah 1.5 juta. Kekurangannya hanyalah tidak adanya distributor resmi di Indonesia membuat kamu harus pintar memilih toko/penjual yang dapat memberikan garansi secara maksimal. Dan jika kamu menginginkan harga yang lebih murah kamu bisa melirik HyperX Cloud versi pertama yang dibandrol setengah harga dari Cloud II.

Video Unboxing

Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment