Review ROG Sica: Mouse Gaming Budget dan Lincah dari ASUS



Nama Republic of Gamers sangat terkenal di kalangan para gamers. Lini gaming dari ASUS ini sudah menghipnotis banyak gamers di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Laptop Gaming ROG, Motherboard ROG, dan VGA ROG sudah banyak ditemukan di pasaran dan menjadi incaran para gamer enthusiast. Untuk sektor gaming peripheral ASUS juga menghadirkan Mouse Gaming ROG dan Headset gaming ROG, dan untuk review kali ini TechGue.com akan sedikit mengulas mouse gaming dari ASUS, yaitu ASUS ROG Sica.


Spesifikasi



Spesifikasi ASUS ROG Sica
Connectivity Technology Wired
Tracking Optical
OS Support Windows® 7
Windows® 8.1
Windows® 8
Windows® 10
Dimensions L 115 x W 62 x H 39 mm
Weight117 g with cable
Color Steel Grey, Glacier white
Resolution 5000dpi
Interface available Mouse: USB
Contents 2 x ROG logo stickers
Note
Compatible switch list for ROG switch socket -Omron D2F Series switches D2F, D2F-F, D2F-01, D2F-01F
-Omron D2FC Series switches D2FC-3M, D2FC-F-7N, D2FC-F-7N(10M),
D2FC-F-7N(20M)

Desain

ROG Sica memiliki desain yang simpel dan hanya memiliki 3 tombol klik yakni klik kiri, klik kanan dan scroll wheel. Asus mengklaim bahwa adanya tombol tambahan tidak dibutuhkan pada ROG Sica yang memiliki desain ambidextrous ini.



Namun dibalik desain ROG Sica yang simpel dan tidak banyak embel-embel ekstra ini terdapat sensor optik yang berkualitas tinggi. Ya, ROG Sica menggunakan sensor optikal Pixart (Avago) PMW3310 yang memiliki DPI standar 5000 dan dapat disesuaikan menggunakan software ROG Sica. Pada bagian switch klik kanan dan kiri ROG Sica diproduksi oleh Omron.
Body Sica termasuk unik karena tombol klik kiri dan kanan terpisah dari sasis utama mouse, hal ini memperpendek panjang aktuasi tombol muse untuk performa klik yang lebih baik. Kabel ASUS ROG Sica hanya kabel biasa tanpa braided.



Software

Agar ROG Sica bekerja maksimal ASUS memberikan software yang memungkinkan pengguna ROG Sica mengatur polling rate, DPI dan memodifikasi tampilan cahaya LED menggunakan ROG Armoury. Pengguanaannya pun sangat mudah dan pengguna dapat menyimpan profil mouse seuai dengan yang pengguna inginkan.






Performa Gaming

ROG Sica adalah mouse yang gesit dan ringan, untuk tipe grip yang sesuai dengan ROG Sica adalah Fingertip atau claw jadi buat yang bertipe palm mungkin agak susah menggunakan mouse ini karena desainnya yang kecil. Saat digunakan ROG Sica memberikan performa yang baik, feedback tactile pada dua tombol klik kiri dan kanan pun sangat memuaskan karena desainnya yang terpisah dari sasis utama. DPI yang dapat diatur sesuai keiinginan dan kebiasaan kita juga bekerja dengan baik. Untuk gaming dalam waktu yang lama ROG Sica tidak memberikan rasa capek pada tangan. Adanya tekstur di sisi kanan dan kiri ROG Sica juga menambah grip saat bermain menggunakan mouse ini.


Kesimpulan


Desain ambidextrous dari ROG Sica ini memberikan keuntungan bagi gamer yang menggunakan tangan kanan atau kiri dalam bermain game. Tidak banyaknya tombol tambahan mungkin memberikan keuntungan bagi gamer yang tidak menggunakan tombol tambahan dalam bermain game namun ini juga menjadi kekurangan bagi gamer yang membutuhkan tombol tambahan. Adanya software tambahan ROG Armoury juga memberikan keuntungan bagi gamer untuk memodifikasi DPI, polling rate dan cahaya led pada ROG Sica. Kesimpulannya untuk gaming mouse budget ROG Sica memberikan pengalaman gaming yang baik walaupun mouse ini sedikit fitur. Harga ROG Sica berada pada kisaran 500 Ribu rupiah.




Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment