Review SteelSeries Apex M500: Gaming Keyboard Simpel Performa Fantastis

Keyboard Mekanikal (Mechanical Keyboard) menjadi salah satu bagian yang pesat berkembang dalam industri peripheral komputer. Seiring dengan majunya eSports dan semakin sadarnya gamer akan kebutuhan keyboard mekanikal membuat para produsen keyboard berlomba-lomba untuk berinovasi dan membuat keyboard terbaik untuk para gamer dan atlit eSports. Harga keyboard mekanikal di Indonesia sendiri terbagi dalam beberapa segmen seperti dibawah 1 juta untuk keyboard mekanikal biasa hingga diatas 2juta untuk seri high-end.

Kali ini Techgue.com akan sedikit mereview salah satu Keyboard mekanikal terbaru dari SteelSeries yaitu SteelSeries Apex M500. Seperti yang kita tahu SteelSeries merupakan salah satu produsen peripheral gaming yang sudah lama terjun di perlengkapan gaming. SteelSeries Apex M500 memiliki layout fullsize keyboard dan menggunakan switch CherryMX Red yang kita sudah tahu performanya sangat baik dalam urusan gaming dan memiliki ketahanan yang bagus.


Spesifikasi



Spesifikasi SteelSeries Apex M500
Switch Type Mechanical
Switch Name Cherry MX Red Gaming Switches
Throw Depth 4 mm
Actuation and Reset Depth 2 mm
Actuation Force Needed 45cN
50 Million Click Lifetime Guarantee
Layout Traditional
Full Anti-Ghosting Support
N-Key Roll Over 104 Key
Illumination Per-Key Blue LEDs
Quick Access Media Keys
Fully Programmable Keys
Cable Management System
Weight 1241 g, 2.742 lbs
Height 136.43 mm, 5.37 in
Width 440.56 mm, 17.34 in
Depth 39.52 mm, 1.56 in
Large Adjustable Rubber Feet
Cable Length 2 m, 6.5 ft

Unboxing


Packaging dari SteelSeries Apex M500 cukup simpel dengan corak khas SteelSeries dan gambar keyboard itu sendiri. Untuk kelengkapan dalam paket penjualan hanya terdapat keyboard tanpa aksesoris tambahan seperti ekstra keycaps atau pencabut keycaps.

Desain dan Fitur

SteelSeries mendesain keyboard ini sesimpel mungkin dan tidak terlalu banyak gimmick yang membuat keyboard ini sangat mirip dengan keyboard biasa dipasaran.


Body dari SteelSeries Apex M500 terbuat dari plastik dengan ujung rounded dan memiliki warna hitam yang tentunya akan membuat sidik jari tidak begitu tampak. Terdapat logo SteelSeries pada bagian kanan atas. Layout keyboard ini standart 104-key ANSI dengan keycaps yang terbuat dari plastik ABS.


Meskipun tidak terdapat tombol ekstra pada keyboard ini, SteelSeries memberikan beberapa fungsi tambahan via tombol FN yang mengganti tombol windows sebelah kanan. Dengan bantuan tombol FN kita bisa mengatur kecerahan backlight pada F5-F6, dan F7-F12 merupakan tombol media. Selain itu pengguna SteelSeries Apex M500 juga dapt memprogram ulang tombol yang ada melalui SteelSeries Engine 3.


Pada bagian bawah keyboard terdapat logo SteelSeries pada kiri atas. Terdapat juga rubber anti-skid pads yang berguna untuk memberikan grip keyboard bahkan pada permukaan yang licin. Terdapat juga manajemen kabel pada keyboard ini sehingga kita dapat mengatur jalur kabel sesuai keinginan.


Hanya ada satu varian switch dari SteelSeries Apex M500 yaitu CherryMX Red. Switch ini dianggap yang terbaik untuk gaming karena linearitas dan kekuatan aktuasi yang rendah. Warna backlight dari SteelSeries Apex M500 hanya tersedia satu warna yaitu biru yang dapat kita sesuaikan tingkat cahayanya. Jantung dari SteelSeries Apex M500 adalah ARM STM32F072R bautan ST Microelectronics yang merupakan 32bit mikrokontroler kinerja dengan frekuensi maksimum 48MHz dan 64KB memori flash.



Software

Software SteelSeries Engine 3 dapat memaksimalkan potensi dari SteelSeries Apex M500. User interface SSE 3 sangat gampang digunakan, melalui SSE 3 kita dapat mengatur cahaya backlight keyboard, polling rate, keyboard region dan macro. Efek Backlight sendiri ada 2 macam yaitu single dan breathe.




Performa Gaming

Cara terbaik untuk mengetes sebuah keyboard gaming adalah dengan bermain game, dan tujuan utama dibuatnya keyboard ini adalah untuk eSports dan permainan kompetitif saya mencoba keyboard ini untuk bermain CS:GO. Cherry MX red yang ada pada SteelSeries Apex M500 sangat responsif ketika bermain game apalagi didukung dengan anti-ghosting menjadikan pengalaman bermain lebih sempurna.


Numpad yang tersedia juga bisa kita manfaatkan untuk tombol makro yang dapat kita setting di SSE3 sehingga membantu kita dalam sebuah game. Walaupun tidak tersedia wrist rest saya tidak lelah ketika bermain berjam-jam.

Kesimpulan

Tersedia banyak keyboard gaming di pasaran Indonesia dan menawarkan berbagai bentuk dan fitur, namun tidak semua orang mau mebayar lebih untuk fitur yang mungkin tidak mereka inginkan. Menurut saya SteelSeries Apex M500 didesain sebagai gaming keyboard yang simpel sehingga tidak terlihat mencolok namun memberikan pengalaman gaming yang sangat baik.

Memiliki desain simpel, CherryMX red switch, dan cahaya backlight. Keyboard ini lebih konsen ke fungsi dan saya pikir akan lebih mudah dibawa turnamen atau kemanapun. Kekurangan dari keyboard ini adalah hanya menyediakan CherryMX red saja tanpa pilihan lain seperti blue atau brown. Selain itu kabel keyboard yg tanpa braided juga jadi salah satu kekurangan dari keyboard ini. SteelSeries Apex M500 berada dikisaran 1.5 Juta rupiah. Jika anda ingin serius dalam eSports mungkin keyboard ini menjadi salah satu yang dapat kamu pertimbangkan.


Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment