Unboxing dan Review SteelSeries Rival 700, Gaming Mouse Terbaik Saat ini ?



Setiap orang memiliki kriteria tersendiri dalam memilih mouse gaming. Mulai dari sensor yang digunakan, dpi, adanya tombol makro, lampu RGB dan lain-lain. Namun kali ini Steelseries memberikan sentuhan yang terbilang ekstrim pada SteelSeries Rival 700, dengan desain yang modular, layar OLED, dan getar (tactile alerts). Mungkin fitur-fitur tersebut terasa aneh dan tidak berguna namun bagi pro gamer mungkin saja fitur tersebut berguna dan menambah personalisasi mouse gaming itu sendiri. Nah kali ini TechGue.com akan sedikit mereview dan unboxing Mouse gaming terbaru dari SteelSeries yaitu SteelSeries Rival 700.

Spesifikasi


Spesifikasi SteelSeries Rival 700
Material Matte Top Cover
Ergonomic, Right-Handed
Grip Style Palm, Claw, and Fingertip
Number of Buttons 7
SteelSeries Switches Rated for 30 Million Clicks
Reinforced Left and Right Clicks
Weight 135g, 0.3lbs
Height 124.85mm, 4.92in
Width 68.46mm, 2.70 in
Depth 41.97mm, 1.65in
Short cable length (non-braided) 1m, 3.28 ft
Long cable length (braided) 2m, 6.5 ft
Sensor Name PixArt PMW3360
Sensor Type Optical
CPI 100 to 16,000
IPS 300
Acceleration 50g
Polling Rate 1 ms (1000 Hz)
Zero Hardware Acceleration
Tracking Accuracy 1:1

Unboxing

Box SteelSeries Rival 700 memiliki corak khas SteelSeries yaitu Hitam-Orange. Kemasan SteelSeries Rival 700 menggunakan Hardcase yang dibuka secara unik.


Untuk kelengkapan di dalamnya terdapat kabel usb braided 2m, kabel usb 1m, petunjuk penggunaan.


Desain dan Fitur

Keluar dari kotak, desain SteelSeries Rival 700 membuat saya kagum. Memiliki panjang 124.85mm, lebar 68.46mm serta memiliki berat 135g merupakan berat yang cukup pas untuk sebuah mouse gaming. Memiliki bahan utama plastik hitam dengan finishing matte pada klik kiri dan kanan. Pada body SteelSeries Rival 700 memiliki lengkungan yang memberikan kenyamanan saat digenggam serta terdapat rubber grip pada kedua sisi akan memberikan grip yang lebih baik saat digunakan. Namun desain lengkung tersebut membuat SteelSeries Rival 700 hanya cocok untuk gamer yang menggunakan tangan kanan saat bermain.


Pada sisi kiri SteelSeries Rival 700 terdapat 3 tombol tambahan yang dapat diprogram dan sebuah layar OLED yang dapat dikustomisasi. Terdapat scroll wheel yang memiliki cahaya RGB serta terdapat tombol dibawah scroll wheel yang memungkinkan pengguna memilih antara 2 sensitivitas yang telah diprogram sebelumnya pada SteelSeries Engine 3.


Total 7 tombol dapat diprogram melalui software SteelSeries Engine 3, kamu juga dapat mengatur cahaya RGB pada logo dan scroll wheel, serta mengatur tampilan layar OLED sesuai keinginan. Pada bagian bawah terdapat 3 alas karet (rubber feet), sensor laser dan port untuk memasang kabel.


Dan yang paling menarik dari SteelSeries Rival 700 adalah adanya layar OLED, mungkin terasa aneh buat sebuah gaming mouse namun menurut saya ini bisa menambah personalisasi mouse dan dapat membantu gamer pada game-game tertentu. Sebagai contoh saat bermain Counter Strike Global Offensive layar OLED SteelSeries Rival 700 dapat menampilkan status-status pada game seperti jumlah kill dan lain-lain.


Fitur lain yang ada pada SteelSeries Rival 700 adalah tactile alerts atau getar. Kamu bisa memilih 13 macam efek getaran tergantung kekuatan, kecepatan dan durasi getaran. Fungsi ini bisa digunakan untuk game-game tertentu misal pada CS:GO ketika health pemain lemah maka mouse akan bergetar.


SteelSeries Rival 700 juga memiliki desain modular sehingga kita bisa mengganti-ganti part yang ada pada mouse seperti cover handrest, rubber 3D nameplate, hingga sensornya pun dapat diganti.

SteelSeries Engine 3

Beralih ke software dukungan untuk Mouse SteelSeries Rival 700 yaitu SteelSeries Engine 3.  Bagi pengguna gaming gear SteelSeries tentu sudah tidak asing lagi, softwarenya pun sangat baik dan banyak fitur untuk memaksimalkan potensi mouse seperti atur CPI, macro dan cahaya RGB pada Mouse.



UI dari SteelSeries Engine 3 tergolong mudah digunakan. Kita tinggal mengklik tombol yang ingin dirubah macronya, menetapkan efek cahaya RGB, CPI, polling rate dan display layar OLED.


Kustomisasi RGB juga sangat mudah dan terdapat banyak mode sesuai dengan yang kita inginkan.




Performa Gaming

Masuk ke performa gaming dari SteelSeries Rival 700 yang menggunakan sensor PixArt PMW 3360 sangat nyaman, responsif dan stabil saat digunakan. Saya mencoba bermain CS:GO menggunakan mouse ini sangat akurat (Dites menggunakan mousepad razer goliathus control dan Steelseries Qck+). Tactile feedback/getaran pun cukup membantu buat saya dalam bermain CS:GO untuk mengetahui bahwa health sudah rendah. Layar OLED nya pun dapat menampilkan performa in-game kita, seperti Kill Death Ratio, Nomor Round dan lain-lain. Overall saya sangat enjoy menggunakan SteelSeries Rival 700 dan saya adalah gamer yang memegang mouse grip bertipe palm.


Kesimpulan

Kesimpulannya SteelSeries Rival 700 memberikan pengalaman gaming yang baru buat para gamer seperti layar OLED, Tactile feedback yang tersinkron dengan game. Didukung sensor yang terbaik saat ini dan adanya memori on-board melengkapi keunggulan mouse gaming kelas elit dari SteelSeries ini. Buat kamu yang suka cahaya RGB, SteelSeries Rival 700 juga memberikan cahaya RGB yang mudah disesuaikan dengan keinginan ataupun tema peripheral gamingmu yang lain. Dan yang terakhir desain yang modular memungkinkan kamu dapat upgrade sensor, ganti palm rest di masa mendatang. Kekurangannya menurut saya adalah harganya yang cukup tinggi yaitu di kisaran 1.3 Juta Rupiah. Akhir kata buat kau yang memiliki tipe memegang mouse (mouse grip) palm dan menginginkan mouse gaming performa terbaik, mudah kustomisasi saya rasa SteelSeries Rival 700 bisa menjadi salah satu pilihan.


Unboxing Video

Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment