20/09/16

Review ROG Strix GL502VS: Notebook Gaming Performa Desktop

Notebook gaming semakin berkembang dari tahun ke tahun, dahulu notebook hanya digunakan untuk menunjang aktivitas mobile karena kurangnya kualitas GPU untuk bermain game, desain atau rendering dibandingkan dengan komputer desktop. Selain brand gaming ternama seperti Alienware, Razer dan MSI, ASUS juga jadi salah satu pemain utama untuk penyedia Notebook gaming terutama seri ROG atau Republic of Gamers. Kali ini TechGue.com akan sedikit mengulas notebook gaming terbaru dari ASUS yang menggunakan arsitektur kartu grafis baru berbasis Pascal yaitu ASUS ROG Strix Gl502VS. Selain menggunakan GPU terbaru ROG Strix GL502VS juga diperkuat dengan Intel Core i7-6700HQ generasi keenam yang sangat powerful baik untuk gaming atau kegiatan sehari-hari


Setelah beberapa waktu lalu NVIDIA mengumumkan GPU untuk Notebook berbasis Pascal, saat ini untuk mendapat notebook gaming dengan performa desktop tidak lagi menjadi impian atau khayalan. ASUS menjadi produsen notebook yang menghadirkan notebook dengan NVIDIA pascal di Indonesia dengan notebook ASUS ROG Strix GL502VS. GL502VS merupakan seri terbaru dari Notebook ROG Strix setelah sebelumnya GL502VT dan GL502VY menggunakan arsitektur maxwell.

Desain

Desain ASUS ROG Strix GL502VS sedikit berbeda dengan Notebook ROG ASUS lainnya, GL502VS menggunakan warna dominan hitam dengan aksen oranye berbeda dengan kebiasaan Notebook ASUS ROG generasi sebelumnya yang dominan hitam-merah. Bentuk GL502VS juga terlihat lebih atraktif dan agresif. Dengan ketebalan 2,35cm, dan bobot hanya 2,2Kg, ASUS ROG GL502VS merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya.


Pada bagian depan kamu akan menemukan logo ASUS ROG yang diapit dua garis. Pada bagian ini juga memiliki material alumunium brush sehingga tampak garang namun tetap stylish. Terdapat juga tagline Republic Of Gamers yang menambah ciri khas dari ASUS ROG Strix GL502VS.


Ketika membuka laptop ini kamu akan melihat Layar 15.6 inch dengan resolusi FullHD IPS yang tentunya menambah keseruan dalam bermain game. Apalagi ASUS ROG Strix GL502VS memiliki GPU NVIDIA GeForce GTX 1070 yang sudah support G-Sync sehingga dapat menghilangkan lag dan bermain game secara halus.

Mengingat notebook ini memiliki layar 15.6 inch dan cukup besar maka keyboard yang digunakan adalah full keyboard dengan numepad. ASUS ROG Strix GL502VS menggunakan keyboard anti-ghosting, tombol WASD yang berwarna oranye serta backlight keyboard berwarna merah. Terdapat trackpad juga yang sangat responsif, namun ketika bermain game anda tentu lebih memilih menggunakan mouse.


Pada sisi bagian kiri ASUS ROG Strix GL502VS terdapat lubang power, ethernet port, mini display port, HDMI, USB 3.0 dan USB Type C.

Pada sisi bagian kanan terdapat lubang headset jack 3.55mm, 2 usb 3.0, dan SD Card reader

Terdapat speaker pada bagian depan dan bawah ASUS ROG Strix GL502VS.

Fitur

ASUS ROG Strix GL502VS memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya adalah memiliki sistem pendingin ganda, ROG Gaming Centre, dan ICEpower dengan SonicMaster.


Pengguna juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih. ASUS yang merupakan produsen utama motherboard di dunia telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook ASUS ROG GL502VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Di samping itu, ASUS juga menyertakan fitur IceCool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.



Terdapat pula fitur Gaming center yang memungkinkan pengguna ASUS ROG Strix GL502VS melihat sistem informasi notebook seperti memori yang digunakan dan sisa penyimpanan. Ada juga splendid untuk mengatur warna layar, ROG Audio wizard, Disable windows key untuk menonaktifkan tombol windows agar tidak sengaja terpencet saat bermain game. Selain itu di ASUS Gaming Center kita juga dapat menyimpan profil game kesuakaan kita. Untuk memunculkan ASUS Gaming Center cukup menekan logo ROG di bagian numpad.


ASUS ROG Strix GL502VS juga telah dilengkapi Windows 10 Home didalamnya sehingga kita tidak perlu lagi menginstall Sistem Operasi apalagi sistem operasi bajakan.




Performa

ASUS ROG Strix GL502VS dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7-6700HQ dan RAM yang juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. Kapasitas media penyimpanannya mencapai 1000 GB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Storage tersebut masih ditambah dengan SSD berukuran 256 GB  yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi. Sisi grafisnya, notebook ini dibekali dengan chip NVIDIA GeForce GTX 1070M dengan memori sebesar 8 GB GDDR5


Hasil benchmark menggunakan software FireStrike 1.1 ASUS ROG Strix GL502VS mendapat skor 11400 cukup tinggi dan melebihi rata-rata gaming laptop dipasaran.


Tes CPU ASUS ROG Strix GL502VS yakni Intel® Core™ i7-6700HQ menunjukkan skor yang baik pula pada Cinebench R15 sangat mumpuni untuk kebutuhan game maupun heavy task seperti rendering.


Tes GPU dari ASUS ROG Strix GL502VS yakni NVidia GeForce GTX1070M 8GB DDR5 menunjukkan hasil yang cukup baik saya rasa akan dengan mudah melibas game-game terbaru saat ini.


Spesifikasi Lengkap


Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Strix GL502VS
CPU Intel® Core™ i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 32GB
Storage 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6” Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1070M 8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Weight 2.2Kg
Dimension 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 4120mAh
MSRP Rp30.299.000 (free ROG mouse)
Warranty 2 years full global warranty


Video Review


Kesimpulan 


ASUS ROG Strix GL502VS memberikan kesan yang sangat menyenangkan untuk sebuah notebook gaming. Desain yang stylish, tipis, dan berat yang cukup ringan membuat ASUS ROG Strix GL502VS cocok untuk mobilitas dan gaming sehari-hari. Gabungan kekuatan Intel® Core™ i7-6700HQ dan NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB GDDR5 membuat ASUS ROG Strix GL502VS menjdai notebook gaming yang sangat mumpuni untuk melibas game-game masa kini. Fitur Game Center dan Pendingin ganda yang ada ASUS ROG Strix GL502VS tentunya akan membantu para gamer menghindari panas pada notebook dan meningkatkan pengalaman bermain game menggunakan ASUS ROG Strix GL502VS. Di Indonesia ASUS ROG Strix GL502VS dibandrol 30 jutaan harga yang pantas untuk sebuah notebook gaming dengan tenaga setara komputer desktop.