Review SteelSeries Rival 500, Mouse Gaming Pemain MOBA dan MMO

Kebanyakan Mouse gaming MOBA yang tersedia di pasaran mungkin terlihat aneh dengan banyaknya tombol tambahan yang mungkin terlihat tidak natural. Selain itu terkadang tombol-tombol tambahan tersebut sulit dijangkau oleh jari kita saat bermain membuat mouse gaming MMO/MOBA tersebut kurang diminati dan menambah ketidakpraktisan saat bermain. SteelSeries yang pada tahun 2008 menjadi pionir mouse gaming MOBA/MMO mendesain ulang mouse gaming MOBA/MMO nya melalui Rival 500 yang memiliki desain lebih intuitif, cahaya RGB dan tactile feedback (getar). Kali ini TechGue.com akan unboxing dan Review SteelSeries Rival 500, Bagaimana desain dan performanya ?


Unboxing

Kemasan SteelSeries Rival 500 sama seperti mouse-mouse SteelSeries lainnya dengan warna hitam dengan aksen orange. Pada bagian kemasan juga terdapat gambar mouse itu sendiri. Didalamnya terdapat buku panduan dan Mouse itu sendiri. Tidak terdapat CD Driver sehingga pengguna harus mendownload sendiri di SteelSeries.com/engine

Kemasan penjualan SteelSeries Rival 500

Desain

Untuk sebuah mouse gaming MOBA SteelSeries Rival 500 menurut saya cukup stylish. SteelSeries Rival 500 dibalut dengan warna hitam dan dilapisi tekstur matte yang membuat mouse ini tidak mudah meninggalkan sidik jari. 


SteelSeries Rival 500 menggunakan kabel karet dengan USB yang sudah gold platted, cukup disayangkan karena kabel jenis ini tidak begitu kuat dibandingkan kabel braided.

Terdapat 9 tombol tambahan disisi kiri yang melingkari grip jempol kita, nah desain tombol yang mengelilingi jempol ini diklaim lebih mudah dijangkau ibu jari. Pada sisi kanan terdapat tekstur grip yang menambah grip SteelSeries Rival 500 pada saat digenggam.


Pada bagian atas terdapat klik kanan dan kiri, 3 tombol tambahan, tombol CPI dan logo SteelSeries.


Pada bagian bawah terdapat sensor optik Pixart PMW 3360, 3 buah mousefeet dan sebuah tombol slide lock yang digunakan untuk mengunci tombol flickdown tambahan.


Fitur dan Performa

Terdapat beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan pada SteelSeries Rival 500 diantaranya.

Tactile Alert
Kalian dapat memilih berbagai event dalam game untuk memicu getaran dalam SteelSeries Rival 500. Health, Ammo, Mana, Disables, Headshots, ataupun stun dapat dijadikan pemicu untuk menggetarkan mouse. Getaran taktikal yang ditempatkan secara hati – hati pada bagian tengah SteelSeries Rival 500, tidak akan mengganggu permainan sama sekali. Getaran yang terjadi tidak akan mengganggu pergerakan mouse sehingga kita tetap bisa melakukan aim dengan sempurna.


Flickdown Switches + Thumb Grip
Dengan sedikit sentuhan, kedua tombol di bawah akan tertekan. SteelSeries ingin memberikan  waktu respon yang cepat dari tombol tersebut, dan dengan cara terbaik untuk membuatnya senatural mungkin. Ibu jari kalian pastinya membutuhkan tempat untuk berpijak tanpa menekan tombol. Maka SteelSeries membuat space untuk meletakkan ibu jari kalian ditengah sehingga mudah untuk menjangkau semua tombol yang ada.



SteelSeries Engine 3
Kustomasi SteelSeries Rival 500 dengan SteelSeries Engine. CPI, Polling rate, light off distance, dan bahkan makro dapat kalian atur hanya dengan menekan tombol.

GameSense
Seperti  Rival 700, SteelSeries Rival 500 juga support GameSense dari Steelseries. Pada GameSense kita dapat mengatur getar (Tactile alert) dari SteelSeries Rival 500 pada kondisi tertentu seperti low health pada Dota 2 atau low ammo pada CS:GO. Saat ini baru 2 game yang support GameSense yaitu Dota 2 dan CS:GO.

Performa
SteelSeries Rival 500 karakteristiknya hampir sama dengan Rival 700, keduanya menggunakan sensor yang sama PixArt PMW 3360. Saat dicoba bermain game SteelSeries Rival 500 memberikan respon yang baik dan stabil. Dicoba pada beberapa pilihan CPI walau dimainkan pada CPI tinggi SteelSeries Rival 500 masih memberikan respon yang stabil.


Salah satu kekurangan menurut saya adalah tombol flick tambahan yang berada dibawah thumb rest kadang tidak sengaja ter-klik, namun kamu bisa mematikan kedua tombol tersebut menggunakan tombol lock yang berada dibawah, namun tentunya akan mengurangi pilihan tombol tambahan.
Performa permukaan dan grip mouse juga sangat baik lapisan cat matte dan rubber grip di sisi kanan dan kiri mouse membantu gamer saat memegang mouse agar tidak selip.

Kesimpulan

SteelSeries Rival 500 secara apik dapat memberikan pengalaman yang berbeda dengan mouse-mouse gaming MOBA sebelumnya. Me-revolusi layout tombol tambahan yang saya rasa lebih baik dari sebelumnya. Gabungan antara thumb rest dengan layout melingkari ibu jari dan tombol tambahan dapat dijangakau secara mudah membuat SteelSeries Rival 500 saya rasa menjadi mouse untuk MOBA terbaik saat ini. Disisi lain absennya kabel braided dan kadang mis-klik pada tombol flick menjadi titik lemah dari mouse ini. Dengan harga 995 ribu kamu bisa mendapatkan mouse gaming yang didesain untuk pecinta game MOBA ini.

Spesifikasi


Spesifikasi SteelSeries Rival 500
Material Matte Top Cover
Ergonomic Right-Handed
Grip Style Palm, Claw, Fingertip
Number of Buttons 15
SteelSeries Switches Rated for 30 Million Clicks
Reinforced Left and Right Clicks
Weight 129.7, 0.286lbs
Height 118.75mm, 4.68in
Width 78.34mm, 3.08 in
Depth 43.34mm, 1.71in
Cable Length 2m, 6.5ft
Sensor Name PixArt PMW3360
Sensor Type Optical
CPI 100 to 16,000
IPS 300
Acceleration 50g
Polling Rate 1 ms (1000 Hz)
Zero Hardware Acceleration
Tracking Accuracy 1:1
Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment