20/11/16

Review Zowie FK1, Mouse Gaming Sempurna untuk Atlet eSports



Setelah beberapa bulan lalu resmi hadir di Indonesia, akhirnya TechGue.com berkesempatan menjajal salah satu mouse gaming dari Zowie yakni Zowie FK1. Zowie adalah brand gaming dari BenQ yang memproduksi Mouse, Mousepad, Audio hingga Monitor gaming. Di Indonesia sendiri Zowie menjual seri FK, EC, dan ZA. Bagaimana performanya dan Apa saja yang kamu dapat ketika membeli Zowie FK1? TechGue.com akan mengulasnya.

Seri FK sendiri terdapat tiga jenis yakni FK1+, FK1 dan FK2 dan berikut ini perbedaannya:


Ketigannya memiliki desain yang sama, perbedaannya adalah FK1+ yang paling besar dan panjang, FK1 menengah dan FK2 yang terkecil diantara seri FK.
Dan untuk masalah Grip atau cara memegang mouse, seri FK ini lebih condong untuk gamers yang memiliki grip palm atau claw.


Unboxing


Zowie FK1 memiliki box berwarna hitam dengan aksen merah pada logo Zowie dan tipe FK1. Terdapat logo BenQ juga pada kemasan mouse. Pada paket penjualan didalamnya terdapat Mouse Zowie FK1, Buku panduan, Mousefeet cadangan dan sebuah stiker.

Spesifikasi


Spesifikasi Zowie FK1
400 / 800 / 1600 / 3200 DPI (fixed)
USB 2.0 / 3.0 Plug & Play
5 buttons
2m / 6.6 ft Cable
LOD – 1.5 – 1.8mm
Report Rate 125 / 500 / 1000 Hz

Desain

Zowie FK1 memiliki desain ambidextrous yaitu desain yang simetris senhingga mouse ini dapat digunakan bagi gamer yang menggunakan tangan kanan maupun kiri (kidal) dalam bermain game. Tentunya menjadi salah satu kelebihan mouse ini karena saat ini kebanyakan mouse gaming hanya mengakomodir bagi user yang bermain menggunakan tangan kanan. Dan untuk material Zowie FK1 ini seluruhnya menggunakan plastik dengan lapisan matte, mirip dengan material dari Razer Deathadder. Material tersebut akan dengan mudah meninggalkan sidik jari. Namun lapisan matte tersebut juga punya kelebihan yakni menambah cengkraman saat menggunakan mouse.


Pada bagian atas terdapat klik kanan, klik kiri, scroll wheel serta logo Zowie yang berwarna merah. Berbeda dengan zowie FK1 seri terdahulu yang berwarna kuning sebelum diakuisisi oleh BenQ.


Terdapat dua tombol tambahan pada sisi kanan dan kiri. Kabel Zowie FK1 sendiri belum braided dengan panjang kabel 2 meter.


Pada bagian bawah terdapat sensor optik, tombol DPI dan 2 buah mouse feet yang cukup besar. Berat Zowie FK1 sendiri adalah 90g cukup ringan dan pas.


Switch yang dipakai oleh Zowie FK1 ini adalah Huano yang karakternya sangat clicky dan cukup terasa ketika di klik sedikit lebih keras dibanding mouse gaming yang menggunakan switch omron. Karakter klik nya kamu bisa lihat di Video Review dibawah.

Review Performa 


Setting mouse ini cukup mudah karena Zowie FK1 tinggal Plug and Play  alias tanpa software ketika digunakan. Untuk mengganti DPI cukup menggunakan tombol yang berada di bagian bawah dan terdapat 4 settingan DPI yaitu 400(merah) 800(ungu) 1600(biru) 3200(hijau). Dan ada 3 settingan Polling rate (125Hz-500Hz-1000Hz). Ketika digunakan untuk bermain (Disini saya coba bermain CS:GO) dengan mousepad Qck+ dan Razer Goliathus control performanya sangat baik dengan sensor yang digunakan Avago 3310 sangat presisi dan cukup baik digunakan pada permukaan apapun (kecuali kaca tentunya). Performa klik nya sangat baik dan memuaskan ketika digunakan untuk tapping pada CS:GO. salah satu kekurangan menurut saya adalah DPI adjustmentnya yang fixed 4 step sehingga perlu mengatur sensitivitas pada game juga karena saya terbiasa DPI 2500.

Kesimpulan

Zowie FK1 adalah mouse gaming buat kamu yang ingin simpel, Tanpa driver tambahan tinggal Plug and Play dan bermain. Cocok buat kamu yang sering bermain di turnamen atau warnet karena tanpa software tambahan untuk menjalankannya. Tanpa Gimmick yang berlebihan seperti LED RGB yang mungkin buat kamu tidak perlu. Zowie FK1 juga memberikan performa yang luar biasa dengan sensor optik yang baik serta desain ambidextrous yang dimilikinya. Dibandrol di harga 880ribu rupiah mouse ini sangat cocok buat kamu yang ingin go pro di game-game FPS seperti CSGO.

Video Review