Review Mionix Avior 7000: Mouse Gaming Ambidextrous dengan Fitur Lengkap


Mionix mungkin terdengar asing di telinga para gamers di Indonesia dan mungkin para pembaca Techgue.com. Sedikit mengenalkan, Mionix sendiri merupakan produsen gaming hardware asal Swedia yang didirikan pada tahun 2007 oleh Peter Nygren. Mionix masuk Indonesia pada April 2016 lalu dan berkantor pusat di Jakarta. Pada pagelaran Indocomtech lalu Techgue.com sempat mampir ke booth Mionix dengan beberapa gaming gear yang masuk ke Indonesia seperti seri Avior, Naos, Castor dll. Nah kali ini TechGue.com akan mereview Mionix Avior 7000 yang kita beli waktu Indocomtech lalu.

Spesifikasi


Spesifikasi Mionix Avior 7000
Weight 0.3 kg
Dimensions 18.5 x 13.5 x 5.7 cm
Bentuk Desain ambidexterity, pegangan pada telapak tangan atau jari
Permukaan Mouse Pegangan berlapis karet
Jumlah Tombol 9 Tombol sepenuhnya diprogram
Pengaturan DPI 3 langkah pengaturan DPI dalam game
Jumlah LED 2 LED terintegrasi di 2 zona warna
Pilihan Warna LED Pilihan warna hingga 16,8 Juta
Efek Pencahayaan Pergantian warna, tetap, berkedip, efek berdenyut dan efek nafas
On Board Memori Terpasang memori 128 kB
Processor Processor ARM 32-bit 32 MHz
Mouse Feet Kaki PTFE besar
Koneksi USB Dilapisi emas, Full speed USB 2.0 dengan Plug and Play
Kabel 2m kabel dikepang panjang
Berat Tanpa Kabel 100g
Berat Termasuk Kabel 146g

 Unboxing


Kemasan Mionix Avior 7000 berwarna hitam dengan gambar mouse di bagian depan. Terdapat spesifikasi singkat pada bagian belakang, serial number di samping dan stiker garansi pada bagian depan. Pastikan produk Mionix yang kamu beli punya stiker garansi ini sehingga dapat jaminan garansi 1 tahun dari Mionix Indonesia.


Ketika kamu membeli Mionix Avior 7000 kamu akan mendapat:
  • MIONIX AVIOR 7000
  • Stiker logo MIONIX
  • Panduan instalasi cepat


Desain


Mionix Avior 7000 memiliki desain Ambidextrous yang intinya dapat digunakan untuk gamers yang menggunakan tangan kanan maupun kiri dalam bermain, karena desain Mionix Avior 7000 yang simetris. Mionix Avior 7000 didesain untuk gamer yang memiliki grip Palm maupun claw.

Mionix Avior 7000 memiliki lapisan coating rubber yang terasa kesat dan tidak licin untuk menambah grip pada mouse bagi pengguna Mionix Avior 7000. Bahan utama mouse ini menggunakan plastik secara keseluruhan. Walaupun memakai plastik Mionix Avior 7000 terasa solid dan kokoh saat digenggam.

Mionix Avior 7000 memiliki berat sekitar 146g dengan kabel dan tidak memiliki mekanisme pemberat tambahan, namun begitu saya rasa cukup pas berat dari Mionix Avior 7000 ini. Panjang kabel Mionix Avior 7000 adalah 2 meter dan sudah braided yang tentunya menambah ketahanan kabel dari gesekan.


Terdapat total 9 buah tombol pada Mionix Avior 7000 termasuk klik kanan, kiri dan scroll wheel dan semua tombol dapat diprogram melalui sowtware dari Mionix. Pada bagian depan terdapat klik kanan, klik kiri, scroll wheel dan 2 tombol DPI 3 step. Pada bagian samping kanan dan kiri terdapat masing-masing 2 tombol tambahan. Dan pada bagian belakang terdapat logo Mionix yang mempunyai LED RGB.


Pada bagian bawah terdapat sensor optik dan 2 buah mousefeet PTFE yang cukup besar yang mempermudah glide pada mousepad.

Software

Mionix Avior 7000 juga dibekali software tambahan untuk memaksimalkan mouse gaming ini. Kamu dapat mendownload Mionix Avior Software 1.2 Disini atau langsung ke website Mionix Indonesia Disini.


Software Mionix Avior 7000 ini cukup lengkap mulai dari Mouse Settings, disini kamu bisa mengatur tombol secara individual, double click, scroll speed, pointer acceleration dan besar polling rate. Kamu juga dapat menyimpan sampai 5 profil.


Pada bagian Sensor Performance kamu bisa mengatur besar DPI hingga 3 pilihan step dan tersimpan pada memori Mionix Avior 7000 sehingga kamu dapat mengatur manual pada tombol DPI di mouse. Selain itu kamu juga dapat mengatur pointer speed dan lift distance dari Mionix Avior 7000.


Pada bagian color setting kamu dapat mengarur warna pencahayaan untuk Mionix Avior 7000. Pada mouse terdapat dua zona led yakni pada logo Mionix dan pada scroll wheel. Ada lebih dari 16 juta warna yang bisa kamu pilih.


Terdapat juga Macro Settings pada software Mionix Avior 7000. Sehingga kamu dapat memberikan perintah khusus pada suatu tombol untuk menjalankan kombinasi tombol/keyboard.

Performa Gaming


Untuk urusan gaming Mionix Avior 7000 saya rasa cukup baik. Klik kiri dan kanan rasa klik nya pas tidak terlalu keras maupun terlalu empuk, swithc yang digunakan adalah omron dan saya rasa dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sensor yang digunakan juga bagus yakni Avago  ADNS 3310 dapat mengangkap pergerakan mouse dengan baik di DPI rendah maupun tinggi. 

Saya coba gunakan untuk bermain CS:GO dengan RAW input, pergerakan mouse sangat presisi dan tidak ada akselerasi berlebih pada mouse sehingga pergerakan crosshair lebih mudah diprediksi dan terkontrol.

Mionix Avior 7000 juga tergolong baik untuk digunakan dalam waktu yang lama karena bentunya menurut saya pas dengan tangan saya yang terbiasa menggunakan grip palm, sehingga tidak membuat tangan terasa lelah walau bermain lama.

Kesimpulan


Penggunaan Avago ADNS 3310 pada Mionix Avior 7000 sangat baik dari sisi performa maupun sensornya. Dapat memunculkan performa yang bagus, baik pada mousepad bertipe speed (licin) maupun mousepad bertipe control (berpola). Tidak ada akselerasi berlebih dan prediction menunjukkan bahwa tuningan sensor yang baik dari Mionix. Adanya LED RGB tentunya menambah nilai eksterior dari Mionix Avior 7000 sehingga kamu tidak mudah bosan dalam pencahayaan. Software yang digunakan juga terbilang sangat lengkap mulai dari DPI, RGB, Polling Rate dan lain-lain. Beberapa kekurangan yang saya temukan pada mouse ini diantaranya adalah coating karetnya mungkin akan cepat kotor bila telapak tanganmu mudah berminyak. Dan tombol tambahan pada thumb rest yang menurut saya mudah terklik secara tidak sengaja.

Kesimpulannya, Mionix Avior 7000 dapat kamu jadikan pilihan jika mencari mouse gaming dengan desain ambidextrous dan fitur yang lengkap. Di Indonesia Mionix Avior 7000 dibandrol dengan harga Rp. 1.099.000.


Video 

Unboxing dan Gaming di Mionix Avior 7000





Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget, gaming gear dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment