Review Keyboard Gaming Membran Murah SteelSeries Apex 100


Hello Guys, Kali ini TechGue.com akan unboxing dan review salah satu Keyboard gaming terbaru kelas entry dari SteelSeries yakni SteelSeries Apex 100.

Meningkatnya kebutuhan akan peripheral gaming seperti Mouse, Keyboard dan Headset membuat produsen keyboard berlomba-lomba menciptakan produk yang menarik minat gamers di dunia, terutama di Indonesia kebutuhan akan peripheral gaming pun terbilang cukup lumayan. Populernya keyboard gaming mekanikal tentu tidak diragukan lagi, build quality yang kokoh, tactile, dan keawetan keyboard mekanikal menjadikan keyboard mekanikal populer bagi para gamers. Namun dengan harga mekanikal keyboard yang lumayan tinggi membuat para gamer casual berpikir dua kali untuk membeli keyboard mekanikal. Setahun terakhir hadirlah keyboard gaming yang menggunakan membran seperti yang akan kita review kali ini SteelSeries Apex 100. SteelSeries Apex 100 menyasar para gamer dengan budget rendah namun menginginkan keyboard dengan feel mekanikal. Bagaimana performanya? langsung saja kita ulas.

Spesifikasi

  • Model: SteelSeries Apex 100;
  • Type: play;
  • Material: Plastic;
  • Jumlah Keys: 104;
  • Tipe Key: Membrane;
  • Tipe Switch: Quick Tension;
  • Source Press: 20 million;
  • Anti-ghosting: announced 24 keys;
  • Backlight: monochrome, blue;
  • Interface: USB;
  • Sampling frequency USB port: up to 1000 Hz;
  • Panjang Kabel: 1.7 m;
  • Dimensi: 458 × 152 × 40 mm;
  • Berat: 1026 g;

Unboxing


Box dari SteelSeries Apex 100 sama seperti keyboard SteelSeries kebanyakan. Menggunakan kardus dengan warna hitam-orange khas SteelSeries. Pada bagian depan terdapat gambar keyboard itu sendiri.

Pada bagian belakang terdapat informasi tentang fitur-fitur SteelSeries Apex 100. Pada saat unboxing keyboard dilindungi dengan plastik. Terdapat juga kertas panduan dan terdapat tautan untuk mendownload SteelSeries Engine.

Desain


Desain SteelSeries Apex 100 sangat klasik seperti keyboard kebanyakan. Dengan layout full-size SteelSeries Apex 100 tidak terlihat menonjol dengan keyboard lain di pasaran. Frame SteelSeries Apex 100 menggunakan material plastik dan pada frame terdapat dekorasi glossy mengelilingi keyboard.

Terdapat tulisan SteelSeries pada bagian kanan atas dan dibawahnya terdapat indikator numlock, capslock.


Terdapat media key yang tentunya sangat membantu untuk yang suka mendengarkan musik atau video. Media key seperti play dan pause, menaikkan dan menurunkan volume dll dapat dioperasikan dengan kombinasi tombol logo steelseries + f7-f12.


Pada bagian bawah keyboard terdapat peninggi keyboard agar tidak flat, tidak ada jalur kabel pada apex 100 seperti yang dimiliki apex 500 untuk memudahkan manajemen kabel.



Steelseries Apex 100 memiliki LED backlight yang dapat diatur tingkat kecerahan serta efek visualnya. Untuk mengatur kekuatan cahaya menggunakan kombinasi tombol steelseries+f5/f6. Dan untuk mengatur efek pencahayaan seperti breathing atau steady menggunakan SteelSeries engine yang dapat kamu download di website SteelSeries.



SteelSeries Apex 100 tidak menggunakan mechanical switch seperti CherryMX, kalih atau gateron melainkan menggunakan teknologi switch membran quick tension bikinan SteelSeries.

Software


Apex 100 juga sudah mendukung software gaming dari SteelSeries yakni Engine 3.0 disini kamu dapat mengatur efek cahaya backlight, makro dan lain-lain.


Performa


Ketika digunakan untuk bermain game dan mengetik SteelSeries Apex 100 bekerja dengan baik. Walaupun bukan keyboard mekanikal namun Apex 100 terasa tactile dan responsif ketika digunakan. Adanya anti-ghosting pada keyboard ini tentunya menjadi nilai tambah untuk Apex 100. Beberapa kekurangan yang saya temukan diantaranya, keycaps yang tidak dapat kamu ganti seperti kebanyakan keyboard gaming selain itu keycaps Apex 100 ini menurut saya sangat tipis sehingga mungkin tidak akan tahan dalam waktu yang lama. Cahaya backlight juga hanya tersedia pada sekitar keycaps dan tidak menembus ke tulisan pada keycaps.

Kesimpulan


Dengan harga sekitar 550 ribu rupiah apakah SteelSeries Apex 100 cocok buat kamu? Beberapa kelebihan Apex 100 diantaranya adalah memiliki desain yang ergonomis, adanya anti-ghosting, ada makro dan mudah dalam mengatur makro menggunakan SteelSeries engine, adanya cahaya backlight, dan terdapat tombol windows lock sehingga tidak sengaja terpencet saat bermain game. Beberapa kekurangan Apex 100 yang saya temukan adalah kualitas keycaps yang tidak begitu baik dan cahaya backlight yang tidak tembus keycaps. Lalu apakah layak dibeli? Saya rasa sih layak dibeli buat kamu yang ingin memiliki keyboard dengan gaming look dan cahaya backlight namun menurut saya lebih baik ambil keyboard mechanical sekalian seperti DA K1 atau eblue mazer k727 pada range harga yang sama
Share on Google Plus

About TechGue.com Indonesia

TechGue.com adalah sebuah website yang bertujuan memberikan informasi tentang teknologi, review gadget, gaming gear dan tutorial.

0 comments :

Post a Comment