24/12/16

Review Keyboard Gaming Mechanical Armaggeddon MKA-7C PsychEagle



Dalam beberapa tahun terakhir jumlah pengguna PC Gaming semakin meningkat pesat. Akhirnya banyak produsen peripheral berlomba untuk memproduksi keyboard mekanikal mereka sendiri salah satunya Armaggeddon. Mendengar kata Armaggeddon saya jadi ingat speaker pertama saya SonicGear Armaggeddon A3 yang performanya sangat bagus. Dan ternyata SonicGear dan Armaggeddon masih dalam satu perusahaan dibawah Leapfrog Global. Produsen peripheral asal Singapura ini mulai hadir pada bulan November tahun 2011 dan menghadirkan beberapa peripheral seperti Speaker, Headsets, Mousemats, Keyboards, Bags, PC-cases dan Power Supplies. 


Kali ini TechGue.com akan mereview Keyboard mechanical dari Armaggeddon yaitu Armaggeddon MKA-7C PsychEagle yang memiliki beberapa fitur menarik, cahaya LED, dan menggunakan mechanical blue switch yang tentunya menjadi incaran para gamers yang menginginkan keyboard gaming dengan feel yang clicky.

Spesifikasi

  • Blue mechanical switch
  • 50 million cycle life span for both mechanical component and electronics in switch tested
  • at rate of 180 cycles per minute with and without electrical load of 10mA 5V DC
  • Total travel: 3.60-4.00mm
  • Work travel: 2.20+-0.6mm
  • Work force: 50 +- 10gf
  • Tactile/operating force: 60+-15gf
  • Tactile travel: 1.8mm
  • Trigger Force: Min 30gf, Max 65gf
  • Top panel: Sleek metal plate
  • Keycaps: 87 x kevlartech highquality keycaps with life time fade proof warranty
  • Cable:1.8M high quality nylon braided cable with magnetic ring
  • USB port: Gold plated
  • LED Indicator: Caps-lock x1, Win-look x1
  • Size:434x124x36mm
  • Weight:780g+-10g

Unboxing dan Fitur Keyboard

Kemasan Armaggeddon MKA-7C PsychEagle menggunakan kardus dengan warna hitam-kuning dengan gambar produk dibagian depan dan informasi switch yang digunakan pada kanan bawah. Terdapat logo Armaggeddon pada bagian atas.
Pada bagian belakang terdapat informasi tentang spesifikasi dan fitur-fitur yang ada pada Armaggeddon MKA-7C PsychEagle.


Didalam paket penjualan Armaggeddon MKA-7C PsychEagle kamu akan mendapat user manual (buku panduan), key puller, dan keyboard itu sendiri. Dalam buku panduan terdapat cara mengganti efek LED yang ada pada Armaggeddon MKA-7C PsychEagle.


Impressi pertama ketika memegang Armaggeddon MKA-7C PsychEagle, Build quality nya sangat solid dan baik. Memiliki keycaps berwarna hitam dengan fitur kevlartech yang membuat keycaps Armaggeddon MKA-7C PsychEagle tidak mudah pudar. Armaggeddon MKA-7C PsychEagle juga memiliki metal plate yang menambah kesan futuristik dan kuat. Size keyboard juga standar full size dengan 104 mechanical keys. Memiliki dimensi 434 mm x 124 mm x 36 mm dan berat sekitar 780 gram.


Armaggeddon MKA-7C PsychEagle menggunakan blue switch yang karakternya sangat clicky, switch jenis ini cocok buat kamu yang menginginkan keyboard yang berkarakter keras dan tactile.


Pada bagian belakang keyboard terdapat rubber feet, keyboard stand dan serial number dari keyboard. Pada bagian bawah keyboard ini menggunakan warna glossy yang mudah meninggalkan jejak fingerprint dan goresan halus.


Armaggeddon MKA-7C PsychEagle memiliki kabel braided dengan panjang 1.8, kabel braided tersebut tentunya akan membuat kabel semakin awet. Selain itu USB port juga sudah Gold Plated.


Buat pecinta media maupun musik Armaggeddon MKA-7C PsychEagle juga memiliki media key yang berada pada bagian atas. Media key tersebut dapat kita akses menggunakan kombinasi tombol FN dengan F1-F12 seperti play, stop, dan mengatur volume.


Buat pecinta kelap-kelip Armaggeddon MKA-7C PsychEagle memiliki cahaya LED yang mempunyai 7 mode yang bisa kita atur menggunakan kombinasi tombol Fn+ScrlLk, kecerahan cahaya LED juga dapat diatur menggunakan kombinasi Fn+ArrowUp/down.


Buat kamu yang ketika bermain game sering tanpa sengaja menekan tombol Windows sehingga keluar dari game tidak perlu khawatir ketika menggunakan Armaggeddon MKA-7C PsychEagle. Pasalnya Armaggeddon MKA-7C PsychEagle ada fitur untuk mengunci tombol windows ketika bermain.

Review Performa


Menggunakan Armaggeddon MKA-7C PsychEagle terasa fantastis, setiap ketikan memberikan feedback yang baik, dan kekuatan tekanan yang dibutuhkan untuk meng-klik sebuah key terasa pas. Keyboard juga terasa solid diatas meja tidak mudah bergeser ketika digunakan untuk bermain. Tentu saja feel blue switch pada Armaggeddon MKA-7C PsychEagle sangat terasa clicky dengan suara klik yang dihasilkan, mungkin untuk beberapa orang itu mengganggu (suara klik yang cukup keras) namun menurut saya itu menandakan kepuasan, untuk suara clicky dari keyboard ini dapat kamu lihat di video review dibawah.

Namun bagaimana ketika digunakan untuk bermain game? ketika digunakan untuk bermain game (saya tes bermain CS:GO) Armaggeddon MKA-7c PsychEagle memberikan pengalaman bermain yang baik. Setiap ketikan pada saat bermain berjalan sangat lancar dan tidak ada lag atau jeda yang berarti, keycaps dari Armaggeddon MKA-7c PsychEagle juga terasa nyaman ketika digunakan dalam bermain.

Perlu diingat bahwa Armaggeddon MKA-7c PsychEagle bukan menggunakan blue switch dari Cherry, namun merupakan tiruan yang karakteristiknya hampir sama dengan blue switch dari CherryMx. Mungkin bagi beberapa orang berpendapat kualitas switch tidak akan sebaik CherryMX namun menurut saya tidak benar. Karenanya jika kamu bosan dengan keycaps bawaan Armaggeddon MKA-7c PsychEagle kamu dapat mengganti keycaps dengan keycaps aftermarket yang memiliki layout CherryMx.

Adanya cahaya LED pada Armaggeddon MKA-7c PsychEagle merupakan sebuah keuntungan tentunya, kamu tidak akan cepat bosan dengan keyboard ini. Cahaya LED keyboard ini juga tidak terlalu silau ketika digunakan, karena ada juga beberapa keyboard lain dipasaran yang menggunakan cahaya LED namun terasa silau ketika digunakan.

Kesimpulan

Armaggeddon MKA-7c PsychEagle memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan dari mecahnical keyboard. Desain yang ramping, kokoh, dan terasa baik saat digunakan. Keyboard ini saya rasa cocok untuk gamer maupun multimedia karena memiliki fitur media key yang cocok buat penikmat multimedia. Namun ada juga kelemahan dari keyboard ini seperti tidak adanya macro, dan bagian belakang keyboard yang memiliki desain glossy sehingga mudah tergores. Beberapa kelebihan Armaggeddon MKA-7c PsychEagle diantaranya memiliki cahaya LED dengan mode yang beragam, tombol media, teknologi kevlartech pada keycaps yang diklaim tahan dari luntur, dan tombol windows lock yang cukup membantu.


Di Indonesia Armaggeddon MKA-7c PsychEagle dibandrol dengan harga Rp. 780.000 cukup murah untuk mechanical keyboard dengan cahaya LED. Jadi buat kamu yang mencari mechanical keyboard dibawah 1 juta Armaggeddon MKA-7c PsychEagle bisa menjadi salah satu pertimbangan. 

Video Review