8/17/18

Review Keyboard Gaming Mekanikal Gamdias Hermes E2 7Color



Gamdias di Indonesia mungkin belum banyak didengar oleh para gamer di Indonesia dibanding si hijau atau oranye padahal Gamdias sendiri di Indonesia sudah cukup lama ada. Gamdias menyediakan Peripheral gaming yang bervariasi dari keyboard, headset, dan mouse. Dan produk-produk dari Gamdias adalah produk yang masih dibilang terjangkau untuk kalangan entry-level gamer.

Kali ini TechGue.com kedatangan keyboard tenkeyless dari Gamdias, yakni Gamdias Hermes E2 7Color. Keyboard ini merupakan keyboard mekanikal tanpa tombol numpad.


Kemasan Gamdias Hermes E2 7Color sangat simpel, ketika dibuka langsung ada keyboard tanpa petunjuk penggunaan. Untuk fitur-fitur yang ada di keyboard ini kamu bisa lihat di luar box keyboard.

Desain Gamdias Hermes E2 7Color sangat simpel dan keyboard menggunakan bahan plastik baik untuk casing maupun keycaps warna hitam dengan tekstur matte. 

Bodi dari Hermes E2 surprisingly cukup solid dan kuat walaupun sebagian besar bahannya terbuat dari plastik. Terdapat dua buah kaki penyangga (feet) pada bagian bawah untuk mengatur ketinggian keyboard.

Hermes E2 memiliki berat 675 gram dengan dimensi panjang 370mm x lebar 140mm x tinggi 30mm. Memiliki jenis kabel colokan USB dengan panjang 1.5 meter.


Keycaps dari Hermes E2 juga berwarna hitam dengan printing tulisan yang jelas dan rapi sehingga dapat membuat cahaya backlight dari keyboard terlihat bagus. Dibawah keycaps terdapat switch mechanical yang mirip/clone dengan CherryMX biru, dari informasi di box tipe switch nya adalah GAMDIAS certified mechanical switches.


Unit yang saya miliki menggunakan switch blue dan terasa tactile dan clicky saat digunakan untuk bermain. Keyboard dengan switch biru terasa responsif saat digunakan namun agak berisik, travel distance juga baik dan mirip switch kailh. Hermes E2 juga sudah mendukung anti-ghosting N-key rollover dan diklaim dapat bertahan hingga 50 juta keystroke.

Warna backlight pada Hermes E2 tidak individual namun sudah ditentukan sebelumnya bagian baris atas adalah hijau terus biru, pink, ungu, oranye, dan merah pada baris paling bawah. Ada opsi tombol untuk mematikan cahaya backlight dan juga mengganti efek cahaya backlight ke efek breathing dari efek static atau diam.


Hermes E2 juga dapat diatur kecerahan cahaya backlight nya dengan menekan tombol kombinasi Fn+/Fn-. Dengan kombinasi tombol Fn juga tersedia shortcut untuk media seperti play, pause dan kontrol volume.

Salah satu keunggulan Hermes E2 adalah hadirnya tombol gaming mode dengan menekan Fn+Windows button, yang berguna saat bermain game sehingga tombol windows di lock agar tidak bisa terpencet secara tidak sengaja saat bermain game. Ada juga tombol kombinasi untuk menguinci mouse.

Sayangnya beberapa fungsi pada keyboard ini tidak tercantum dalam user manual sehingga kita harus mencari sendiri fungsi-fungsi dan kombinasi fn yang ada pada Hermes E2.

Kesimpulan


Secara keseluruhan Gamdias Hermes E2 7 Color adalah keyboard yang sangat baik. build quality yang sangat bagus dan switch dengan performa yang baik dengan harga diantara 400-700 ribu. Meski terdapat beberapa kekurangan seperti keycaps yang terlalu tipis dan tidak adanya buku manual pada paket penjualan. Hermes e2 7color tetap keyboard mekanikal yang sangat layak dimiliki apalagi di toko-toko online harganya cukup murah mulai dari 485 ribu rupiah kamu dapat memiliki keyboard gaming mekanikal tenkeyless.





No comments:

Post a Comment