09/05/19

Laptop Tidak Bisa Dimatikan? Coba 6 Cara Ini!


Harga laptop HP Spectre terbaru bisa dikategorikan terjagkau. Laptop dari merk HP ini sering digunakan untuk menunjang tugas sehari-hari dan sangat cocok untuk semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, hingga orang kantoran. 

Laptop HP Spectre ini merupakan laptop yang pas untuk menunjang gaya hidup. Laptop ini juga didukung dengan spesifikasi yang tidak main-main. Ditunjang dengan kapasitas baterai yang tidak kalah mumpuni. 

Namun sehebat apapun sebuah laptop, memiliki resiko yang sama untuk mengalami suatu masalah. Apalagi jika laptop sudah dipakai beberapa tahun. Lama-lama, laptop mengalami penurunan performa. Lemot dan ​hang bisa jadi sifat Andalan laptop Anda. 

Salah satu masalah yang mungkin dialami oleh laptop adalah laptop tidak mau mati. Sudah menutup semua aplikasi, sudah memilih shutdown, tapi laptop tidak kunjung mati. Atau bisa jadi karena laptop mengalami​hang atau macet yang mengakibatkan laptop tidak merespon apapun. Termasuk perintah untuk shutdown. 


Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Dimatikan 

Jika Anda sedang mengalami ini sebaiknya jangan panik, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Simak caranya berikut ini. 

1. Masuk ke Task Manager Jika laptop ​hang dan tidak merespon apapun, coba tekan tombol CTRL + ALT + DEL. Kombinasi tombol ini akan memunculkan Task Manager. Di sana, Anda dihadapkan pada pilihan Task Manager di tengah-tengah layar dan pilihan mematikan laptop di sebelah kanan bawah layar. Anda bisa memilih shut down atau restart jika ingin mematikan laptop dan program-program yang macet tadi akan menutup dengan sendirinya. 

2. Bersihkan dari file-file sampah Sampah yang menumpuk pada program laptop akan membebani kinerjanya. Anda perlu membersihkannya secara berkala agar tidak timbul masalah di kemudian hari. Selain itu, laptop Anda juga akan terasa lebih ringan, sama seperti ketika Anda pertama kali membayar ​harga laptop HP Spectre terbaru​. 

3. Uninstall aplikasi yang tidak penting dan tidak digunakan Aplikasi yang terlalu banyak juga membebani kinerja laptop yang bisa menyebabkan masalah ketika laptop akan dimatikan. Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan tidak digunakan. Hal ini akan meringankan kinerja sistem operasi dan membuatnya lebih mudah ditutup. 

4. Bersihkan dari virus Laptop yang tidak dapat dimatikan salah satunya disebabkan oleh adanya virus di dalam sistem operasi. Virus ini bisa menyebabkan registry windows menjadi error. Jadi, Anda bisa mencoba full scanning laptop Anda agar terbebas dari virus. 

5. Matikan secara paksa Cara cepat mematikan komputer yang tidak mau mati adalah dengan mematikan paksa. Caranya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 15 detik hingga laptop mati dengan sendirinya.  Namun cara ini tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. 

6. Install ulang windows Jika cara-cara tersebut tidak mempan dan laptop Anda kembali tidak mau mati, sepertinya Anda perlu melakukan install ulang windows. Laptop yang tidak mau mati bisa jadi karena ada kerusakan pada sistem operasinya. Nah, install ulang adalah solusi terbaik dari masalah ini. 

Demikian enam hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi laptop yang tidak mau mati. Cara-cara tersebut satu per satu bisa Anda coba. Tapi kalau urusan beli laptop, jangan coba-coba, harus pilih tempat yang terpercaya. Beli laptop sebaiknya di Bukalapak. Ada informasi mengenai ​harga laptop HP Spectre terbaru​. Kalau mau beli laptop dari Apple, tinggal klik laman ini https://www.bukalapak.com/c/komputer/laptop/m-apple. Prosesnya mudah, pilihannya banyak, dan tentu saja terjamin keamanannya.