02/11/19

Rekomendasi Smartphone Android untuk Pemula

Smartphone atau ponsel pintar mungkin bukan hal yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Berbagai merek berlomba-lomba untuk menjual smartphone di Indonesia, namun hanya 2 OS utama yang mendominasi di Indonesia bahkan dunia yakni Andorid dan iOS. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Kali ini TechGue.com akan memberikan beberapa smartphone android yang bisa kamu beli untuk digunakan atau hadiah pengguna smartphone pertama kali atau pemula seperti anak-anak maupun orang tua.

Ada beberapa brand besar smartphone di Indonesia seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Realme, dan Vivo. Beberapa brand tersebut seperti Samsung yang dalam beberapa tahun terakhir bertengger di puncak popularitas di dunia, juga di Indonesia. Seperti berbagai seri smartphone Samsung Galaxy yang populer dengan mudah kita temukan di berbagai toko handphone di Indonesia. Sedangkan Xiaomi selalu mengandalkan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga terjangkau, tidak heran Xiaomi selalu menjadi incaran masyarakat apalagi kalau ada Flash-sale khas Xiaomi.


1. Xiaomi Redmi 4a
Xiaomi Redmi 4a merupakan handphone HP dengan kapasitas 3120mAh dan layar 5" yang dilengkapi dengan kamera belakang 13MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 296ppi dan tampilan resolusi sebesar 720 x 1280pixels. Xiaomi Redmi 4a memiliki prosesor quad core Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425. Redmi 4a dijual mulai harga Rp 779.999 di toko online untuk RAM 2GB dan internal 16GB, cukup murah kan dibawah 1 juta kamu bisa mendapatkan smartphone android.


2. Nokia 2.2
Nokia 2.2 hadir dengan konsep waterdrop screen dengan poni berbentuk bundar yang memuat kamera depan beresolusi 5 MP. Kamera depan tersebut turut diperkaya dengan fitur beautification untuk memperindah hasil jepretan, lengkap dengan kemampuan face unlock untuk membuka kunci layar.


3. Redmi Go
Dapur pacu Redmi Go ditenagai chip Snapdragon 425 yang disandingkan dengan RAM 1 GB serta media penyimpanan sebesar 8 GB. Memori internal itu juga bisa diekspansi hingga 128 GB menggunakan micro-SD. Meski RAM yang diusung sebatas 1 GB, Xiaomi mengklaim ponsel ini tetap dapat berjalan dengan optimal. Pasalnya sistem operasi Android Go memang dibuat untuk ponsel dengan spesifikasi rendah.


4. Redmi 7
Redmi 7 dibekali dengan dapur pacu Snapdragon 600 series, atau lebih tepatnya Qualcomm Snapdragon 632 dengan arsitektur Kryo 250. Baterai yang ditanamkan pada HP Android harga 1 jutaan ini juga tergolong besar, yakni berkapasitas 4.000 mAh. Sayangnya kamu hanya mendapatkan opsi RAM dan memori internal 2/32GB dan 3/32GB saja.


5. Realme C2
Realme C2 merupakan generasi penerus dari salah satu ponsel terlaris, Realme C1, yang dirilis akhir tahun lalu. Realme C2 dengan spesifikasi entry-level yang dimilikinya cocok bagi para pengguna baru smartphone atau ingin punya ponsel kedua dengan spesifikasi yang tidak terlalu rendah. Realme C2 sudah dibekali prosesor Helio P22 dari Mediatek. Varian pertama Realme C2 punya kapasitas 16 GB dan RAM 2 GB, sedangkan varian kedua berkapasitas 32 GB dan RAM 3 GB. realme C2 juga punya kapasitas baterai besar yaitu 4.000 mAh


6. Realme 3
Realme 3 sangatlah cocok untuk anda gunakan berfoto-foto. Karena mempunyai kemampuan Kamera yang sangatlah ciamik ketika dalam keadaan Low Light. Sehingga sangatlah cocok untuk anda yang suka hunting Foto di malam hari. Performanya sendiri juga sangatlah bagus, dengan CPU Octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53) dapat anda gunakan untuk bermain Game sekelas PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile dengan sangat lancar.


7. Samsung Galaxy A10
Galaxy A10 ini juga sangatlah Recommended bagi anda yang suka bermain Game. Karena pada Handphone ini sudah memiliki Layar yang sangat lebar sebesar 6.2 inch, CPU yang sangat tangguh yaitu Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A73 & 6x1.35 GHz Cortex-A53), 2GB RAM, dan juga baterai yang bisa anda gunakan untuk bermain Game selama berjam-jam. Apalagi dengan tambahan memori Internal sebesar 32GB, yang bisa anda gunakan untuk menyimpan Game.


8. Realme 5
Realme 5 menjadi Quad Camera PowerHero dari Realme yang dilengkapi prosesor Snapdragon 665 AIE berbasis 11nm. Perangkat ini juga dibekali peningkatan kinerja saat bermain game dan generasi ke-3 Qualcomm AI Engine. Realme 5 dibekali layar mini drop HD+ 6,5 inci yang lebih besar untuk menghadirkan pengalaman bermain game, audio, dan video yang lebih baik. Realme 5 mengusung empat kamera, yakni lensa ultra wide-angle 119 derajat (8MP), kamera utama (12MP), lensa portrait (2MP), ultra-macro (2MP), serta kamera depan AI (13MP). Perangkat ini dibekali baterai 5.000mAh. Sementara, sistem operasi yang dipakai adalah Android 9.0 dengan antarmuka ColorOS 6.0.


9. iPhone 6
Tak ketinggalan dari kubu iOS meski smartphone iOS memiliki harga yang lebih tinggi dibanding android namun iPhone dari tahun 2014 yakni iPhone 6 masih dijual barunya hingga sekarang. iPhone 6 yang memiliki layar 4,7 inci dengan resolusi layar 1334 x 1750 pixel  diperkenalkan Apple pada 9 September 2014 menjalankan sistem operasi iOS 8 dan mengusung chip A8. Untuk kamera, iPhone 6 memiliki sensor baru resolusi 8 megapixel dengan diafragma lensa lebar f/2,2. Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD, video gerak lambat kecepatan 120 fps atau 240 fps, serta video time-lapse.