13/05/20

Bocoran Spesifikasi Nvidia GeForce RTX 3080 Ti Engineering Sampel Muncul ?

Saluran YouTube Moore's Law is Dead, mengklaim memiliki berbagai detail fisik, spesifikasi teknologi, dan indikasi kinerja awal dari kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080 Ti ES (Engineering sample). RTX 3080 Ti Specs and Performance terdapat pada menit 3:40 pada video berdurasi 30 menit ini.

Ketika Anda pertama kali melihat GeForce RTX 30 yang baru, Moore's Law is Dead mengatakan bahwa desainnya mirip dengan kartu RTX 20 Series Founders Edition, tetapi dengan konfigurasi tiga kipas. GeForce RTX 30 berjalan tenang dan dingin, menurut sumber (s) kartu Ampere "harus menggunakan lebih sedikit energi daripada setara Turing," jadi pendingin harus berada di bawah tekanan yang lebih rendah. Kartu ES dilengkapi dengan dua konektor daya 8-pin tetapi ini adalah area di mana kartu sampel sering berbeda dari model produksi.
Mungkin ini bagian paling menarik dari video, jika ternyata benar, diuraikan dalam foto Khusus Kinerja GA102 di bawah ini.
Dari gambar di atas Anda dapat melihat bahwa YouTuber mengklaim Nvidia GeForce RTX 3080 Ti akan ditenagai sebanyak 5376 core CUDA yang berjalan hingga 2.2GHz atau lebih cepat (melebihi 21TFLOPS) dan memiliki memori 18Gbps untuk menghasilkan bandwidth 864GBps. GPU ini akan dibangun di N7 + berbasis EUV TSMC, dengan bagian ujung bawah menggunakan N7 atau N7P node.

Jika untuk bermain game Nvidia GeForce RTX 3080 Ti  50 persen lebih cepat dari pendahulunya, RTX 2080 Ti. Pada topik kinerja raytracing, YouTuber menegaskan bahwa "Turing adalah produk eksperimen sedangkan Ampere adalah Pascal berikutnya". Mendukung pernyataan ini dengan angka adalah gambar di bawah ini, yang mengatakan bahwa inti Ampere RT 4X lebih cepat daripada Turing. Dengan demikian disarankan bahwa "Ampere low-end mirip dengan Turing high-end dalam game dengan RT aktif".
Beberapa indikasi lainnya berkaitan dengan kinerja Ampere ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.
Kapan pengumuman resmi Nvidia GeForce RTX 3080 Ti? Menurut saluran YouTube ini, keynote digital Nvidia GTC yang akan datang semuanya tentang HPC. Nvidia dikatakan menargetkan acara September untuk meluncurkan kartu GeForce RTX 30 pertama berbarengan dengan rilis Cyberpunk 2077.