6/6/20

Bocoran Foto NVIDIA RTX 3080


Bocoran foto yang diduga kartu grafis NVIDIA RTX 3080 muncul di situs Videocardz. NVIDIA berencana untuk meluncurkan VGA ini pada virtual Computex akhir tahun ini. Menariknya, foto yang bocor dari jalur perakitan adalah item pertama yang bocor untuk jajaran seri RTX 2000 juga.

Kartu grafis RTX 3080 NVIDIA menghadirkan desain baru yang berani dengan kipas dua arah, PCB tidak teratur, dan heatsink melengkung. NVIDIA RTX 3080 yang baru menampilkan desain yang sangat cyber-punk namun aneh. Saya suka bentuk yang simetris dan futuristik (kartu grafis sebenarnya tidak berwarna biru, itu hanya plastik kemasan). Bahan yang digunakan tampaknya berkualitas sangat tinggi (aluminium) walaupun belum pasti.

Berikut adalah beberapa pertimbangan desain utama dari kartu grafis NVIDIA RTX 3080 yang baru:

  • Kipas atau fan bersifat dua arah. Satu kipas memiliki fungsi open-intake di bagian bawah sedangkan yang lain open-intake di bagian atas. Meskipun sulit untuk menilai arah yang tepat dari masing-masing kipas, saya akan menganggap yang bawah menjadi kipas tekanan statis sedangkan yang teratas membuang udara dalam upaya untuk menjaga udara mengalir melalui sirip.

  • Heat sink melengkung. Ini adalah desain yang sangat menarik karena biasanya itu akan mengganggu aliran udara tetapi NVIDIA tampaknya mencoba konfigurasi penuh  yang akan bergantung pada perbedaan tekanan untuk menjaga udara tetap mengalir dan mungkin bekerja dengan filosofi desain ini.
  • PCB  bentuk dan ujungnya tidak beraturan ketika menyentuh heatsink. hanya bagian plastik abu-abu dari RTX 3080 yang menampung PCB, bagian kipas tidak. Ini mengkonfirmasi rumor sebelumnya yang mengindikasikan PCB kecil dan tidak teratur untuk GPU Ampere mendatang NVIDIA.

  • Ini hampir pasti merupakan Founder's Edition (jika NVIDIA masih ingin menyebutnya demikian). 


Menurut rumor lama, RTX 3080 mungkin akan menggunakan GPU GA102, dan ganti RTX 2080 yang ada dengan 48 SM (3072 core CUDA). Ini sedikit lebih dari RTX 2080 di 46 SM. Ditambah dengan throughput kinerja yang lebih tinggi dan core RTX yang ditingkatkan, Anda melihat peningkatan kinerja yang signifikan jika ternyata ini benar - pada kenyataannya, ini diperkirakan hanya sedikit lebih rendah dalam kinerjanya dibandingkan dengan flagship generasi terbaru RTX 2080 Ti. GPU RTX 3080 akan digabungkan dengan vRAM 8GB / 16GB dan lebar bus 256-bit. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.