09/03/21

Bocoran Laptop Acer dan Asus dengan VGA GeForce RTX 3050 / Ti


Akun Twitter Momomo_us, menemukan beberapa informasi GPU laptop yang menarik dengan basis NVIDIA. Mereka menemukan dua pembuat laptop PC yakni ACER dan ASUS mencantumkan GPU yang sampai saat ini belum diumumkan sebagai opsi GPU untuk laptop gaming mereka ke depan.

Acer sedang mempersiapkan laptop Nitro 5 berbasis platform AMD Cezanne yang mengusung pilihan GPU diskrit Nvidia. Di antara pilihan GPU adalah 'GN20-P0' dan 'GN20-P1', yang menurut informasi terbaru merupakan GPU mobile NVIDIA GeForce RTX 3050 / Ti. Dokumen Acer menunjukkan bahwa kedua GPU yang belum dilaunching ini memiliki TGP 60W.


Sedangkan bocoran Asus sedikit lebih besar dan secara khusus menyebut Nvidia GeForce RTX 3050 Ti sebagai opsi untuk Asus TUF Dash 15 yang akan menggunakan platform prosesor Intel 11th Generation Tiger Lake seri-H. Info yang tersedia di halaman informasi produk resmi tetapi telah hilang saat ini.

Momomo_us juga menemukan dan membagikan video berbahasa Mandarin yang menampilkan mesin Asus TUF 15 FA506Q berbasis AMD-Cezanne yang berbeda (dengan sedikit pembongkaran, tampilan pendinginan, dan beberapa tolok ukur). Di akhir video ini, reviewer telah menyisipkan slide yang saya buat ulang di bawah ini.

slide spesifikasi Asus TUF 15, Anda dapat melihat penyebutan lain dari 'GN20-P0' dan 'GN20-P1' yang tampaknya merupakan nama kode untuk GPU laptop GeForce RTX 3050 / Ti.

Munculnya GPU mobile GeForce RTX 3050 / Ti mungkin memunculkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Pertama-tama, apakah Nvidia akan menggunakan RTX untuk seluruh keluarga Ampere? Kedua, akankah kita melihat kartu add-in desktop dengan nama-nama ini dan apa bedanya? Dan terakhir, apakah VRAM 4GB cukup untuk sebuah laptop gaming di tahun 2021?