29/04/21

Asus ROG Swift PG32UQX Monitor Mini LED 4K pertama

Asus mengumumkan bahwa "monitor gaming mini LED 4K HDR pertama di dunia" akan dirilis, dan tersedia di toko-toko sebelum akhir Mei. Selain teknologi LED mini tersebut, Asus ROG Swift PG32UQX yang baru menawarkan fitur-fitur berikut ini; Layar 4K 32 inci dengan sertifikasi DisplayHDR 1400, layar wide-gamut 10-bit berteknologi Quantum-dot IPS, 98 persen DCI-P3 gamut, FALD di 1.152 zona, kecepatan refresh hingga 144Hz, G-Sync Ultimate, sebuah 'Live Layar Dash 'OLED di bezel bawah, dan pencahayaan Aura Sync.


Dari gambar Anda bisa langsung melihat ini adalah monitor gaming layar flat. Layarnya mencakup banyak teknologi canggih yang akan menarik bagi mereka yang menginginkan kesenangan bermain game 4K pada ukuran layar 32 inci. Perpaduan antara teknologi Quantum Dot yang dinamis dan FALD berarti Anda mendapatkan warna hitam yang sangat pekat dan kecerahan yang sangat terang (1400nits). Asus mengatakan bahwa "detail dalam game seperti lampu jalan dan percikan tembakan peluru tampak lebih terang dan lebih realistis daripada sebelumnya," berkat teknologi ini.

Selain warna gamut yang sangat luas (98 persen DCI-P3, 160 persen sRGB), Delta E <2 dan kalibrasi pabrik berarti Anda akan mendapatkan akurasi dan keseragaman warna yang baik langsung tanpa setting tambahan.

Anda dapat memainkan game 4K hingga 144Hz pada tampilan ini melalui port DP 1.4 tunggal yang memanfaatkan teknologi DSC. Namun, tiga port HDMI adalah HDMI 2.0, bukan 2.1, jadi akan berguna oleh pengguna yang ingin menghubungkan konsol Xbox dan PlayStation gen terbaru dan menikmati frame rate maksimal, VRR, dan mode latensi rendah otomatis.

Pada topik gaming, monitor ini mendukung Nvidia G-Sync Ultimate untuk gameplay dengan latensi ultra-rendah yang mulus pada PC GeForce. Saat terhubung melalui DP, refresh rate dapat bervariasi antara 1 dan 144Hz. Waktu respons GtG adalah 4ms. Teknologi game lainnya di sini meliputi; Ultra Low Motion Blur, ROG GamePlus, Asus GameVisual, serta mode TUV flicker free dan low blue light standar. Gamer juga dapat menemukan pencahayaan ambient Aura Sync yang menarik, dan layar OLED Live Dash di area logo bezel bawah tengah. Layar 2 inci ini dapat digunakan untuk gambar JPEG dan GIF berukuran 256 x 64 piksel, serta statistik perangkat keras waktu nyata.

Asus menyediakan dudukan dengan penyesuaian ketinggian 0-70mm, serta tilt dan swivel. Anda dapat menggantinya dengan pemasangan VESA 100x100mm standar jika Anda mau. Last but not least monitor ini menyertakan USB Hub dengan 3 x USB 3.0 (1 x upstream, 2 x downstream), dan 1 x USB 2.0. Soket headphone juga tersedia.

Belum ada harga mengenai monitor ini, namun yang dikatakan akan tersedia mulai Mei. Sementara pre order di retail AS dijual seharga $ 2.999 atau setara 43 jutaan rupiah.