05/01/22

AMD: Zen 4 dan Soket AM5 akan Hadir di 2022

Selain memperkenalkan Ryzen 7 5800X3D, AMD juga memamerkan prosesor 5 nm Zen 4  untuk pertama kalinya menjalankan demo game Halo Infinite dengan semua core mencapai clock speed 5 GHz. Zen 4 akan ditandai dengan transisi ke Socket AM5 baru, dengan dukungan untuk memori PCIe Gen 5 dan DDR5. Zen 4 Raphael juga akan mengintegrasikan grafis RDNA 2 pada CPU desktop.

Prosesor Zen 4 dan soket AM5 akan memiliki notch di bagian atas dan bawah bersama dengan panah kuning untuk memandu pengguna selama instalasi. Heat-spreader pada CPU tampaknya juga memiliki desain octa-arm yang unik. AMD mengatakan bahwa pendingin soket AM4 saat ini sepenuhnya kompatibel dengan soket AM5.

Perpindahan ke soket LGA memang membantu meminimalkan kerusakan pin, yang merupakan masalah utama dengan CPU PGA seperti prosesor Ryzen saat ini terutama untuk pengguna pemula. Pada saat yang sama, memperbaiki pin yang bengkok di dalam soket LGA jauh lebih rumit daripada memperbaiki yang bengkok pada CPU PGA.

Prosesor AMD Ryzen 7 5800X3D dijadwalkan akan tersedia mulai Musim Semi 2022. CPU Zen 4 generasi berikutnya dan motherboard Socket AM5 akan tersedia mulai pertengahan tahun 2022.