31/07/22

Acer Swift X, Pilihan Laptop Menarik untuk Kreator Konten Terkini


Kami kembali kedatangan sebuah laptop yang ditargetkan untuk para kreator konten. Laptop yang hadir di tempat kami adalah Acer Swift X yang menggunakan prosesor dari AMD.

Kreator konten atau pembuat konten memang menjadi profesi yang belakangan ini sangat digandrungi. Tidak heran jika Acer menghadirkan sebuah laptop untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Acer Swift X resmi diperkenalkan dan ditujukan untuk pengguna dari kalangan kreator konten, video editor, animator dan sejenisnya. Tentunya spesifikasinya telah disesuaikan agar mampu menjalankan berbagai program yang dibutuhkan.

Kami akan mencoba langsung kemampuan dari Acer Swift X. Pengalaman kami selama menggunakan Acer Swift X bisa Anda temukan di artikel review berikut ini.

Miliki Desain yang Ringkas

Acer Swift X dikemas dalam desain yang tipis, ringan dan stylish. Dimensi bodinya memiliki ketebalan 17,9 mm dan bobot yang berada di kisaran 1,39 kg saja. Laptop yang hadir dengan varian warna Safari Gold dan Stream Blue ini jelas akan sangat mudah untuk dibawa-bawa.

Warna Safari Gold dan Stream Blue membuat tongkrongan dari Acer Swift X terlihat begitu stylish secara bersamaan. Cocok untuk pengguna yang mungkin bosan dengan warna standar, seperti hitam atau silver.

Kesan elegan terpancar dari bagian layarnya yang memiliki bezel tipis dengan rasio layar ke bodi mencapai 85,73%. Bezelnya yang tipis ini mempengaruhi area pandang yang lebih lega dengan luas 170 derajat.

Selain performa, layar jadi bagian penting bagi para kreator konten untuk menghasilkan karya. Maka dari itu Acer sudah memberikan fitur yang mendukung kebutuhan pengguna Acer Swift X.

Layar Acer Swift X berukuran 14 inci Full HD. Resolusi tinggi yang disajikan layarnya didukung juga dengan color gamut 100% sRGB, fitur yang sangat dibutuhkan oleh kreator konten. Pasalnya fitur tersebut membuat layar bisa menampilkan warna dengan lebih cerah dan akurasi tinggi.

Laptop ini memiliki webcam beresolusi HD yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti meeting online atau conference call. Selain itu tersedia juga dukungan fingerprint scanner untuk memudahkan Anda login membuka kunci layar.
Di bagian samping kiri dan kanan ditanamkan sejumlah konektor, seperti port USB Type C, port USB 3.2 yang merangkap USB Charging, port USB 2.0, port HDMI dan jack audio 3,5mm.

Performa AMD Ryzen 5000 Series

Untuk menangani semua tugas yang dilakukan di laptop ini, Acer memanfaatkan performa dari prosesor AMD Ryzen 5 5600U. Prosesor ini memiliki total 8 core dan kecepatannya mencapai 4.4 GHz.

Selain itu dapur pacunya didukung dengan NVIDIA GeForce RTX 3050 yang akan menangani urusan grafis. Kartu grafis sekelas ini jelas akan sangat membantu urusan pembuatan konten di Swift X.

Acer Swift X menggendong RAM dual-channel LPDDR4x 16 GB. Penyimpanan file sudah menggunakan SSD yang memiliki kapasitas 512 GB. Laptop ini memiliki sistem termal baru yang menggunakan kipas dengan 59 bilah dan disebut mampu membuat aliran udara 20% lebih baik.

Beberapa aktivitas seperti editing foto dan video bisa dilakukan dengan baik oleh Acer Swift X. Kami sempat sebentar mencoba Acer Swift X untuk bermain game Valorant. Hasilnya cukup lancar dan mungkin bisa sesekali dilakukan sebagai hiburan.

Kesimpulan

Kreator konten seakan semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan laptop untuk memenuhi kebutuhan mereka. Acer Swift X menjadi salah satu yang menurut kami punya kemampuan yang layak untuk para kreator konten.

Selain itu, Acer Swift X sudah terinstall sistem operasi Windows 10 Home (upgradable to Windows 11). Acer juga memberikan bonus berupa aplikasi Office Home and Student yang menurut kami sangat menguntungkan.

Acer Swift X sudah resmi dijual di Indonesia dan bisa dimiliki dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 14 jutaan.