15/08/22

Laptop Acer Aspire Vero: Tampil Beda dengan Material Daur Ulang


Acer menjadi salah satu produsen laptop yang lumayan sering menghadirkan perangkat laptop dengan konsep ramah lingkungan. Salah satu portofolio laptop ramah lingkungan yang mereka miliki adalah Acer Aspire Vero.

Yang dimaksud konsep laptop ramah lingkungan adalah, material yang digunakan untuk pembuatan laptop ini memanfaatkan bahan-bahan daur ulang seperti plastik.

Kami dipercaya oleh Acer Indonesia untuk mencoba kemampuan dari Acer Aspire Vero, sekaligus melihat langsung seperti apa desain ramah lingkungan yang diusung oleh laptop satu ini.

Desain Acer Aspire Vero
Acer Aspire Vero menjadi salah satu bukti komitmen Acer untuk menciptakan produk daur ulang. Desain laptop ini dibuat dengan memanfaatkan barang-barang daur ulang yang bisa dimanfaatkan.
Komposisi rangka material laptop ini dibuat dari 30% plastik PCR (post-consumer recycled) dan 50% plastik PCR di tombol keyboard yang akan menghemat sekitar 21% emisi CO2 dan penggunaan plastik virgin.

Selain itu, tidak ada penggunaan cat pada permukaan rangka akan mengurangi dampak negatif dari senyawa organik volatil atau volatile organic compounds (VOCs). Tanpa penggunaan cat ini membuat tampilan permukaan memiliki warna dan tekstur yang unik.
Laptop ini dibalut dengan warna abu-abu dan bintik kuning pada bagian panelnya. Acer memberikan sentuhan warna kuning pada huruf R dan E dan didesain terbalik, yang menyimpan arti: REduce, REuse, and REcycle.

Keyboardnya memiliki formasi lengkap hingga numpad. Selain itu Acer sudah memberikan dukungan LED backlit yang memudahkan penggunaannya ketika berada di ruangan gelap.
Tepat berada di bawah keyboard tentunya Anda akan menemukan touch pad yang lengkap dengan sensor sidik jari. Untuk sensor sidik jari punya kemampuan responsif dan bisa Anda andalkan untuk membuka kunci layar dengan cepat.
Laptop ini dibekali dengan layar IPS 15,6 inci dan beresolusi Full HD 1920 x 1080. Rasio layarnya 16:9 dan memiliki wide viewing angle hingga 170 derajat. Layarnya didukung fitur Acer ComfyView, membuat layar tidak akan memantulkan cahaya yang berpotensi mengganggu mata.
Selain nyaman digunakan untuk bekerja, buat kami layarnya juga cukup bagus untuk keperluan seperti menonton film. Di atas layar tersemat HD webcam yang bisa merekam gambar dengan resolusi 720p HD audio/video.
Acer Aspire Vero memiliki ketebalan bodi sekitar 1,7 cm dan berat 1,83 kg. Membawanya ke mana-mana masih sangat memudahkan dan bisa dengan gampang masuk ke tas.

Laptop ini memiliki beragam port, seperti di bagian kiri yang diisi DC-IN, RJ-45, HDMI, USB 3.2 Gen1, USB Type C 3.2 Gen1. Sementara untuk di bagian kanan Anda bisa menemukan Kensington lock, USB 2.0 dan jack audio 3,5 mm.

Performa Acer Aspire Vero
Selain desain, spesifikasi laptop ini juga menarik. Acer mengandalkan kombinasi dari prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 dan Intel® Iris® Xe untuk performa dari Aspire Vero.

Prosesor yang dibuat dengan arsitektur Wiilow Cove ini memiliki clock speed dasar di 2,9 GHz dan dapat ditingkatkan menggunakan Turbo Boost Max Technology 3.0 untuk menembus kecepatan 5.0 GHz.

Laptop ini memiliki RAM bawaan 8 GB DDR4. Hal menariknya adalah, Acer menyediakan slot dual-channel SODIMM DDR4 yang memberikan ekstra 8 GB pada bagian RAM. Tentunya dengan penambahan RAM ini, Anda bisa menikmati performa yang lebih meningkat.

Sedangkan untuk ruang penyimpanannya terdapat SSD PCIe Gen3 dengan kapasitas 512 GB. Laptop ini sudah terinstall Windows 11 terbaru dan Anda juga mendapatkan bonus aplikasi Office Home & Student 2021, yang menurut kami jelas sangat menguntungkan.

Performanya buat kami sangat lancar dan stabil untuk digunakan bekerja sehari-hari. Kinerjanya tergolong smooth dan memuaskan. Selain untuk bekerja dan menonton film, kami juga sempat menggunakan laptop ini untuk bermain game.

Untuk bermain game, kami memainkan game Valorant. Ternyata game tembak-menembak ini bisa dimainkan dengan lancar di grafik Full HD.

Acer menanamkan sebuah software bernama VeroSense. Melalui software ini pengguna bisa memilih ingin menggunakan performa maksimal, balance hingga hemat daya.

Aspire Vero memiliki fitur untuk meningkatkan kualitas audio yang dimilikinya, seperti Acer Purified dan Acer TrueHarmonya. Acer Purified mampu mengurangi noise melalui bantuan AI. Sementara Acer TrueHarmony mengurangi distorsi dari audio yang dihasilkan dan membuat suara lebih powerful.

VeroSense memberikan empat mode performa mulai dari Performance, Balanced, Eco, dan Eco+. Eco+ Mode menghemat baterai secara ekstrem dengan fungsi penting dinonaktifkan, kemudian Eco Mode bekerja mengurangi performa untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai, Balanced Mode menjaga eseimbangan performa dan penghematan daya, dan terakhir Performance Mode untuk memberikan performa maksimal.

Konektivitas dari laptop ini sudah menggunakan Intel WiFi 6 dan Bluetooth 5.1. Baterainya bejenis 48Wh dengan adapter yang memiliki daya 65W.

Kemasan Daur Ulang
Acer Aspire Vero menggunakan kemasan 100% recyclable yang terbuat dari 85% bahan daur ulang serta memakai tinta berbahan kedelai pada kemasan dan buku petunjukan penggunaan.

Inisiasi desain ini membuat Aspire Vero sukses meraih penghargaan Red Dot 2021 Brand Communication Packaging Award.

Acer merancang bagian kotak agar bisa dilipat menjadi stand laptop dengan sudut yang bisa disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari. Ini membuat kemasannya bisa digunakan kembali, sehingga tidak hanya sekadar menjadi sampah.

Kesimpulan
Acer Aspire Vero jelas merupakan pilihan laptop yang sangat menarik. Selain performanya yang memang bisa diandalkan sebagai daily driver, konsep eco-friendly yang diusungnya jelas menjadi nilai lebih dari Acer Aspire Vero.

Laptop ini sudah tersedia untuk konsumen di Indonesia yang menginginkan laptop dengan desain unik dan anti mainstream. Aspire Vero resmi dilepas ke pasaran dan kini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 10 jutaan. Dapatkan Free 1 Year Accidental Damage Protection selama Acer Day 2022 berlangsung (1 Agustus-30 September 2022)