07/09/22

Desain Notch Baru di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

 Menampilkan layar Always-On, kamera 48MP pertama di iPhone, Crash Detection, Emergency SOS via satelit, dan cara baru yang inovatif untuk menerima notifikasi dan aktivitas dengan Dynamic Island

Apple hari ini mengumumkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, jajaran Pro tercanggih yang pernah ada, menampilkan Dynamic Island desain baru yang memperkenalkan cara intuitif untuk menikmati iPhone dan layar Always-On. Didukung oleh A16 Bionic, chip tercepat yang pernah ada di smartphone, iPhone 14 Pro memperkenalkan kelas baru sistem kamera pro, dengan kamera utama 48MP pertama di iPhone yang menampilkan sensor quad-pixel, dan Photonic Engine. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan tersedia dalam empat warna baru deep purple, silver, gold, dan space black.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki fitur stainless steel tahan karat yang indah dan desain kaca matte bertekstur dalam empat warna yang menakjubkan. Tersedia dalam ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci, kedua model menyertakan layar Super Retina XDR baru dengan ProMotion yang menampilkan layar Always-on untuk pertama kalinya di iPhone, diaktifkan dengan kecepatan refresh 1Hz baru dan beberapa teknologi hemat daya. Layar Kunci baru menjadi lebih berguna, membuat waktu, widget, dan Aktivitas Langsung tersedia secara sekilas. Layar canggih juga menghadirkan tingkat kecerahan puncak HDR yang sama dengan Pro Display XDR, dan kecerahan puncak luar ruangan tertinggi di smartphone: hingga 2000 nits, dua kali lebih terang dari iPhone 13 Pro.

Kamera utama di bagian belakang memiliki sensor "quad-pixel", dan merupakan yang pertama untuk Apple. Sensor memiliki resolusi 48MP, dan secara default ponsel akan memotret dalam 12MP. Kamera memiliki aperture f/1,78, dan ukuran piksel 1,22μm sebelum binning - 2,44μm dengan binning. Anda juga mendapatkan stabilisasi pergeseran sensor generasi kedua, serta piksel fokus penuh. 

Sensor utama beresolusi tinggi memungkinkan opsi zoom baru 2x di aplikasi kamera, dengan crop dari tengah, sempurna untuk pemotretan Mode Potret. Ada kamera ultrawide 12MP baru di belakangnya, dengan piksel 1,4μm besar, memberikan gambar yang lebih tajam dengan lebih detail dan juga meningkatkan bidikan makro. Terakhir, kamera telefoto 3x masih ada dan memiliki optical image stabilization.

Chip A16 Bionic adalah inti dari kedua perangkat, dan dilengkapi dengan CPU 6 core, dengan 2 core kinerja dan 4 core efisiensi. CPU secara keseluruhan diklaim 40% lebih cepat daripada pesaingnya, sementara 2 core berkinerja tinggi membutuhkan daya 20% lebih sedikit daripada yang ada di A15. Neural Engine 16-core yang disertakan dalam A16 mampu melakukan 17 triliun operasi per detik, sedangkan GPU 5-core hadir dengan bandwidth memori 50% lebih tinggi.

iPhone 14 Pro dijual mulai dari $999 (sekitar 15 juta rupiah) sedangkan iPhone 14 Pro Max dijual mulai dari $1.099 (sekitar 17 juta rupiah).