13/09/22

Review Acer Swift 5 Aerospace: Laptop Tipis dan Powerful Berkat Prosesor Intel Gen-12

Acer resmi menghadirkan Swift 5 Aerospace sebagai pilihan bagi konsumen yang menginginkan laptop berdesain ringkas, namun memiliki material yang kuat. Laptop ini telah selesai kami ulas dan akan kami bagikan reviewnya untuk Anda.


Desain Swift 5 Aerospace yang ringkas namun memiliki durabilitas tinggi ini tak terlepas dari penggunaan material aerospace grade yang digunakan oleh laptop ini. Material seperti apa ini? Nanti akan kami bahas lebih lanjut.


Ini dia pembahasan mengenai review Acer Swift 5 Aerospace yang bisa menjadi referensi, khususnya Anda yang tengah mencari laptop dengan desain tipis dan ringan, serta memiliki performa mumpuni.


Desain Tipis dan Ringan

Nama “Aerospace: yang diusung laptop ini merujuk pada penggunaan material aluminium aerospace grade pada bagian sasisnya. Kelebihan dari material aerospace grade adalah memiliki durabilitas yang tinggi, tetapi tetap menawarkan bobot yang ringan.

Material aluminium aerospace-grade memiliki tingkat kekerasan hingga 75HV, menghasilkan bagian penutup yang kokoh untuk melindungi berbagai komponen penting di dalamnya.


Material ini dibuat dengan melalui lebih dari 10.000 detik pemrosesan di mesin CNC, dan menghasilkan sasis dengan ketebalan 14,95 mm dan bobot sekitar 1,2 kg. Membuat laptop ini punya dimensi yang tipis dan bobot sangat ringan.


Bagian tepinya dibuat menggunakan metode diamond cut yang presisi dengan ketipisan seperti sehelai rambut. Acer menggunakan pemrosesan Anodic Luxury gold treatment yang menghasilkan sentuhan warna emas mewah pada bagian luar, sehingga memperkuat kesan elegan pada laptop.

Masih dari bagian luar, tepatnya di sisi kanan dan kiri Anda bisa menemukan beragam port yang berjajar lengkap. Seperti port HDMI 2.1, port USB Type C yang mendukung Thunderbolt 4, port USB 3.2 Gen 1 dan jack audio 3,5mm.


Membuka covernya, Anda bisa menemukan layar IPS dengan bentang 14 inci beresolusi WQXGA (2.450 x 1600). Layar Acer Swift 5 Aerospace didukung dengan fitur 100% sRGB sehingga kualitas warna yang dihasilkan lebih tinggi.

Melindungi layarnya agar tidak rentan tergores, Acer sudah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass yang memang sudah sering dipercaya untuk memproteksi layar berbagai perangkat.


Bergeser ke bagian keyboard, Anda akan bisa merasakan keyboard yang berkualitas saat digunakan untuk mengetik. Feel-nya terasa nyaman dan dibuat dengan build quality yang baik. Keyboardnya juga sudah memiliki backlit.

Pada keyboardnya juga terintegrasi dengan fingerprint scanner yang berada di tombol power. Memberikan Anda opsi membuka kunci layar dengan mudah tanpa perlu mengetikkan password.


Untuk touchpad nya, Acer memberikan sentuhan spesial dengan menggunakan OceanGlass. OceanGlass ini merujuk pada penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan untuk membuat bagian touchpad.


Performa Swift 5 Aerospace

Performa dari Acer Swift 5 Aerospace sudah ditenagai prosesor Intel® Core™ i7-1260P yang merupakan salah satu prosesor yang masuk kategori Intel generasi ke-12. Pada prosesor Intel® Core™ i7-1260P ini memiliki 12 core dan 16 thread dengan frekuensi maksimal berada di 4.7 GHz. Sementara urusan grafis dipercayakan pada Intel® Iris® Xe.

Kinerjanya juga dikombinasikan dengan penggunaan RAM 16 GB dan penyimpanan yang sudah menggunakan SSD untuk performa lebih cepat dengan kapasitas 1 TB

Swift 5 Aerospace ini sudah mendapatkan sertifikasi Intel® Evo™ platform. Dengan adanya sertifikasi ini, kemampuan laptop terjamin dengan kinerja yang responsif, masa pakai baterai yang tahan lama, dukungan pengisian daya cepat, serta didukung fitur instant wake yang membuat laptop bisa menyala dengan cepat di bawah 1 menit dari sleep.


Laptop ini juga memiliki sistem pendingin yang mengkombinasikan TwinAir alias dua kipas pendingin, dua heat pipes D6, serta saluran udara yang disematkan dekat keyboard. Menurut klaim Acer, penggunaan sistem pendingin TwinAir ini membuat udara yang dikeluarkan jadi lebih optimal, bahkan hingga presentase 10%. 


Selama menggunakan Swift 5 Aerospace, laptop ini menyenangkan untuk diajak work from anywhere berkat desainnya ringkas. Ditambah lagi performanya yang bisa mendukung berbagai pekerjaan, seperti menjalankan aplikasi Office, browsing, meeting, hingga editing foto dan video ringan yang kami lakukan.


Multitasking banyak aplikasi bisa dijalankan dengan lancar. Mendukung beragam produktivitas yang kami lakukan dan tidak terhambat.


Khusus untuk meeting online, di sini Acer memberikan fitur yang menurut kami lumayan prima. Misalnya seperti webcam beresolusi Full HD yang memberikan kualitas warna jernih dan didukung Temporal Noise Reduction untuk mengurangi noise-noise yang mengganggu.


Dari segi audio juga mendapat polesan dari AI Noise Reduction agar kualitas suara terdengar lebih jelas. Suara “berisik” dari latar belakang akan dikurangi agar meeting atau conference call bisa berjalan lebih optimal.


Acer Swift 5 Aerospace juga menjamin komunikasi yang lancar ketika menggunakan aplikasi seperti Microsoft Teams, Zoom dan lainnya dengan adanya dukungan Intelligent Collaboration. Selain komunikasi yang lancar, masa pakai baterai menjadi lebih tahan lama dan konektivitas yang lebih optimal.


Kesimpulan

Swift 5 Aerospace memiliki banyak sisi menarik yang bisa ditawarkan untuk calon penggunanya. Kami mencatat beberapa hal menarik yang dimiliki seperti desain ringkas dan mewah, material aerospace grade yang memiliki durabilitas tinggi, serta performa dari Intel® Core™ i7 generasi ke-12 dan sudah memiliki sertifikasi Intel® Evo™.


Kelebihan lain yang belum kami sebutkan adalah, Swift 5 Aerospace datang dengan status pre-installed Windows 11 Home yang membuat Anda tidak lagi dipusingkan dengan mencari sistem operasi untuk laptop ini.


Swift 5 Aerospace bisa didapatkan dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 21 jutaan. Bonus lain yang akan Anda dapatkan adalah aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa digunakan secara gratis seumur hidup.