23/11/22

Review Acer Aspire 5 Slim Creator Edition : Kinerja Optimal Cocok Untuk Content Creator

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Sebagai content creator laptop bukan hanya digunakan untuk mengetik dan mengolah data saja, namun banyak pekerjaan lainnya seperti editing foto, editing video dan kebutuhan multimedia lainnya. Laptop untuk penggunaan pekerjaan seperti ini diperlukan spesifikasi tinggi untuk kebutuhan penggunanya contohnya seperti prosesor yang mempunyai performa tinggi, RAM yang upgradeable sesuai kebutuhan dan daya tampung memori internal yang besar.

Acer belum lama ini mengeluarkan produk terbarunya yaitu Acer Aspire 5 Slim. Laptop ini dibuat dalam 2 varian yaitu Regular Edition dan Creator Edition. Untuk kebutuhan para content creator, Acer Aspire 5 Slim Creator Edition menjawab kebutuhan para content creator untuk memenuhi kebutuhannya karena laptop ini ditenagai prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 terbaru, menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050, RAM 8 GB DDR4 yang bisa ditingkatkan, dukungan dual storage berjenis SSD NVMe, layar IPS Full HD dengan Acer Color Intelligence, serta konektivitas lebih cepat dengan port Thunderbolt 4 dan WiFi 6E.

Kami mencoba menggunakan Acer 5 Slim Creator Edition dengan prosesor Intel Core i5-1235U serta sudah dilengkapi kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050. Mari simak detail lengkap dan spesifikasinya berikut ini.

Performa
Acer Aspire 5 Slim Creator Edition menggunakan Prosesor Intel Gen-12 

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition ditenagai oleh Intel® Core™ generasi ke-12. Pada laptop yang kami ulas ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i5-1235U yang memiliki total 10 core (2P core + 8E Core) dan 12 threads. Kapasitas RAM 8 GB pada Aspire 5 Slim bisa ditingkatkan hingga 24 GB, serta penggunaan SSD sebesar 512GB.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050 menghadirkan dukungan fitur ray tracing dan AI yang mutakhir. Kemampuannya didukung teknologi NVIDIA Optimus yang memberikan keseimbangan antara daya tahan baterai yang lama dan kinerja optimal.

Selain menjalankan berbagai task esensial di laptop ini, kami tentu saja menjajalnya untuk melakukan tugas yang lebih berat lagi seperti editing video dan bermain game.

Dari segi konektivitas Aspire 5 Slim Creator Edition makin lengkap dengan dukungan Thunderbolt 4 yang memiliki bandwidth 40 Gbps dan sudah menggunakan WiFi 6E agar konektivitas nirkabel bekerja lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan seri WiFi yang digunakan sebelumnya.

Desain dan Layar
Dari segi ukuran dan desain tidak perlu diragukan lagi, dari beratnya untuk seri Creator Edition ini sebesar 1,7 kg dengan ketebalan 17mm membuat laptop dengan body yang slim ini mudah dibawa kemana saja dan tidak merepotkan penggunanya dalam membantu aktivitasnya dimana saja.

Dari ukuran layar Acer Aspire 5 Slim Creator Edition terdapat 2 pilihan yaitu 14 inci dan 15 ini, dengan menggunakan layar IPS dan sudah beresolusi full HD (1920 x 1080) dengan teknologi Acer Color Intelegence akan menghasilkan warna yang terlihat cerah dan mendekati aslinya.

Untuk ukuran 14 inci, Acer Aspire 5 Slim Creator Edition memiliki kartu grafis diskrit, yaitu Nvidia GeForce MX550. Sedangkan untuk Acer Aspire 5 Slim Creator Edition ukuran 15 inci dibekali dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2050. Yang berada di tangan kami adalah Aspire 5 Slim yang menggunakan Nvidia GeForce RTX 2050.
Saat layar laptop terbuka hampir keseluruhan, bagian bawah agak sedikit terangkat sehingga keyboard menjadi agak berorientasi diagonal, ini yang dinamakan sebagai Elevated Design sehingga akses keyboard menjadi lebih mudah dilakukan. Kecepatan laptop dari keadaan mati hingga menyala membutuhkan waktu sekitar 14 detik. Kecepatan start-up ini kemungkinan besar berkat SSD yang dimilikinya.
Ventilasi pendingin laptop ini terdapat pula pada bagian atas keyboard dekat dengan layar. Desain pendingin ini dinamai Air Inlet Keyboard yang dikatakan dapat meningkatkan performa termal dan mengeluarkan sekitar 8-10% lebih banyak udara panas, dibandingkan dengan keyboard tanpa saluran udara masuk. Acer mengandalkan teknologi kipas pendingin TwinAir Cooling system untuk menjaga suhu tetap dingin. Kecepatan kipas pendingin bisa disesuaikan dengan mudah melalui kombinasi tombol “Fn+F” untuk beralih ke mode yang Anda butuhkan: Silent, Normal dan Performance.

Kesimpulan
Aspire 5 Slim versi Creator ini menjadi pilihan menarik untuk pengguna yang mencari laptop untuk pembuatan konten. Pastinya dengan performa yang bisa diandalkan. Kombinasi prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050 tentu tak bisa dipandang sebelah mata.

Adapun harga yang ditawarkan untuk seri Acer Aspire 5 Slim varian ini dibanderol Rp 13.499.000. Pembelian dapat dilakukan secara online maupun offline. Laptop ini sudah terinstall sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan sudah dilengkapi gratis Microsoft Office Home & Student 2021.