Breaking

10/26/17

Unboxing dan Review Razer Blackwidow Chroma Tournament Edition


Razer bukan nama yang asing di dunia perlengkapan gaming terutama keyboard gaming. Razer juga menyediakan varian mekanikal keyboard dengan layout Tenkeyless atau tanpa numpad yang diberi label Tournament Edition oleh Razer. Label Tournament Edition ini menawarkan keyboard mekanikal yang sangat mobile sehingga mudah dibawa kemana-mana seperti dibawa ke LAN turnamen ataupun game center.

Desain dan Fitur


Blackwidow Chroma TE memiliki ukuran keyboard panjang 14.4 inci lebar 6.06 inci dan tinggi 1.18 inci. Blackwidow Chroma TE memiliki berat sekitar 0.9 kg. Melihat dimensi dan berat yang cukup compact untuk sebuah keyboard, Blackwidow Chroma TE mudah untuk dibawa untuk turnamen atau sekedar ke game center apalagi dalam paket penjualan kamu juga mendapat keyboard case yang cukup solid.


Desain Blackwidow Chroma TE sebenarnya sama dengan original Blackwidow TE tahun 2012, kecuali sekarang dilengkapi dengan backlight RGB. Dengan menginstall Razer Synapse kamu bisa mengkustomisasi backlight Blackwidow Chroma TE. Klaim Razer ada 16.8 juta warna yang dapat digunakan.


Selain backlight RGB, Blackwidow Chroma TE juga menggunakan switch baru buatan Razer sendiri yakni Razer Mechanical Switches, berbeda dengan versi awal yang menggunakan CherryMX. Razer Mechanical Switches sendiri memiliki actuation force yang lebih pendek. Razer mengklaim Blackwidow Chroma TE dapat bertahan hingga 60 juta klik.


Tidak ada numeric pad dibagian kanan keyboard untuk mengurangi berat dan ukuran keyboard. Pada bagian atas keyboard terdapat tombol angka yang berfungsi sekaligus sebagai pengatur volume, tombol gaming mode yang dapat diaktifkan ketika bermain game sehingga mematikan fungsi tombol windows agar tidak sengaja tertekan saat bermain game.

Performa


Saya menggunakan Blackwidow Chroma TE menggantikan keyboard mekanikal lama saya G610 yang menggunakan CherryMX brown. Secara feel clicky tidak berbeda jauh dengan CherryMX.

Ketika digunakan bermain CS:GO Blackwidow Chroma TE bekerja dengan baik dan sangat responsif. Actuation force yang cepat dan registrasi keystroke dalam hitungan milisecond, Blackwidow Chroma TE memang cocok untuk gaming. Namun berbeda jika digunakan untuk mengetik suara clicky nya cukup keras dibanding MX brown sehingga mungkin mengganggu orang disekitar.

Kesimpulan


Blackwidow Chroma TE merupakan keyboard mekanikal Tenkeyless yang memiliki build quality yang cukup baik. Desain yang compact dan performa yang responsif serta backlight RGB yang eye-catching. Blackwidow Chroma TE merupakan keyboard yang sangat portabel untuk dibawa LAN turnamen. Jangan harap keyboard ini digunakan untuk bekerja karena kerasnya suara klik dan tidak mempunyai num-pad. Di Indonesia sendiri Blackwidow Chroma TE memiliki beberapa pesaing seperti Logitech G Pro, Ducky One TKL RGB, Cooler Master Novatouch TKL, dan Roccat Ryos TKL. Di Indonesia Blackwidow Chroma TE memiliki harga sekitar 1.7 Juta Rupiah pastikan Blackwidow Chroma TE yang kamu beli bergaransi distributor resmi (Technosolution) untuk mendapat garansi 1 tahun.

No comments:

Post a Comment