11/04/23

Review Acer Aspire 3 Slim: Siap Diandalkan jadi Daily Driver!

Diam-diam, Acer memboyong sebuah laptop Aspire series terbaru untuk konsumen di Indonesia. Laptop tersebut adalah Aspire 3 Slim dan kali ini akan kami ulas mengenai kemampuannya.

Sedikit meng-highlight kemampuannya, laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 7000 Series dan kartu grafis Radeon Graphics. Tapi tentunya tidak hanya itu saja, masih ada spesifikasi dan fitur lainnya yang juga ditawarkan oleh Aspire 3 Slim.

Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai Aspire 3 Slim, berikut ini review Aspire 3 Slim yang sudah kami buat dan siap disajikan kepada Anda.

Desain Kokoh dengan Metal Cover
Pembahasan kita buka dari desainnya. Aspire 3 Slim sudah menggunakan material metal pada bagian covernya. Penggunaan material ini membuat Aspire 3 Slim memiliki desain yang premium dan kokoh dengan tingkat durabilitas lebih tinggi untuk laptop sekelasnya.

Dengan bobot hanya 1,4 kg dengan ketebalan 18,0mm, laptop ini masih tergolong cukup ringkas dan tipis. Bagi Anda yang sering berpindah-pindah tempat dan membawa laptop, ini jelas menjadi nilai lebih karena pastinya memudahkan.

Tersaji dalam dua pilihan warna baru: Pure Silver dan Rose Sakura, dikemas dalam finishing yang terlihat menawan. Penyematan logo Acer dan Aspire yang berukuran kecil membuatnya terlihat mewah.
Aspire 3 Slim mengusung layar berukuran 14 inci dan beresolusi HD. Sayang resolusi layarnya masih HD, sehingga proyeksi gambarnya terlihat kurang tajam. Mungkin setidaknya Acer bisa memberikan resolusi layar minimal di Full HD.

Tepat di bawah layar tentunya berjajar touchpad dan keyboard. Kualitas keyboardnya sendiri kami tidak ada komplain, karena masih sangat nyaman saat digunakan untuk kebutuhan mengetik. Artikel ini pun kami buat dengan menggunakan Aspire 3 Slim.
Melihat sisi kanan dan kiri laptop, terbenam beragam port seperti port HDMI 2.1, USB 3.2 Type C (full function), 2X USB 3.2 Type A Gen1, jack audio 3,5 mm dan Kensington Lock.


Spesifikasi dan Fitur Terkini
Membuka kap mesinnya, tertanam prosesor AMD Ryzen 3 7320U yang memiliki teknologi fabrikasi 6nm. Prosesor ini memiliki 4 cores, 8 thread, base clock 2,4 GHz dan maksimal boost clock hingga 4.1 GHz. Di atas kertas, prosesor besutan AMD ini menawarkan performa multi-core yang impresif, konsumsi daya yang rendah hingga 11 jam masa pakai, dan Smart Power Management.

Sementara untuk pengolahan grafis sepenuhnya dipercayakan pada chip AMD Radeon yang sejauh kami gunakan dapat mengakomodir kebutuhan dengan baik. Kinerjanya turut didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 8 GB pada laptop ini membuat kegiatan multitasking berjalan lebih lancar. Penyimpanannya sudah menggunakan SSD NVMe berkapasitas 512 GB, yang dapat membuat proses booting dan membuka aplikasi lebih cepat.
Menguji kemampuan laptop ini, kami gunakan pengujian berdasarkan skenario penggunaan sehari-hari. Kebanyakan tugas yang dilakukan laptop ini berurusan dengan dokumen, kemudian browsing, editing foto ringan hingga streaming film. Semuanya mampu digarap dengan lancar dan tanpa kendala.

Mengingat ini bukanlah laptop gaming, tentu ini tidak cocok untuk Anda yang mencari laptop dan memilih Aspire 3 Slim untuk bermain game. Tetapi saat kami coba tes untuk bermain game Valorant, laptop ini masih dapat menjalankannya walaupun tidak dalam pengaturan tertinggi.

Difokuskan untuk para profesional, Acer Aspire 3 Slim disokong fitur Acer PurifiedVoice dengan AI Noise Reduction generasi terbaru yang memudahkan kamu selama melakukan meeting online. Fitur ini dapat secara aktif mengurangi noise dari latar belakang pengguna serta kompatibel baik dengan headphone maupun mikrofon eksternal.

Dilengkapi juga dengan fitur Acer Temporal Noise Reduction terbaru mampu menampilkan gambar dengan kualitas lebih baik dengan mendeteksi noise gambar dan kemudian memprosesnya agar kualitas gambar meningkat, bahkan pada kondisi kurang cahaya sekalipun.

Kesimpulan
Kesimpulannya menurut kami, laptop ini cocok bagi Anda pekerja atau mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk tugas-tugas esensial dan tidak terlalu berat. Materialnnya yang sudah menggunakan cover metal dan desainnya yang elegan juga jadi kelebihan yang dimiliki laptop ini.

Sedikit kekurangan yang kami rasakan adalah layarnya yang masih beresolusi HD. Mungkin akan lebih baik jika sudah diberikan resolusi minimal Full HD, sehingga dapat memberikan pengalaman visual yang lebih optimal.

Kelebihan lainnya adalah, Acer sudah menyertakan bonus sistem operasi Windows 11 dan aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa Anda gunakan secara gratis dan cuma-cuma seumur hidup.

Aspire 3 Slim generasi terbaru ini sudah tersedia di Indonesia dan bisa Anda miliki dengan menyiapkan dana sebesar Rp 7.199.000. Memberikan rasa aman dan nyaman, Acer memberikan garansi selama 1 tahun servis dan 3 tahun spare part untuk pembelian Aspire 3 Slim.