2/26/19

Review Honor 8A, Smartphone dengan Layar 'Waterdrop' Rp 1 Jutaan


Honor membuka Awal tahun 2019 dengan dua smartphone terbaru di Indonesia yakni Honor 10 Lite dan Honor 8A. Kali ini TechGue.com akan mereview Honor 8A yang merupakan penerus seri A dari Honor. Sebelumnya Honor juga menjual Honor 7A di Indonesia. Smartphone ini juga dijual dengan harga cukup terjangkau di kisaran Rp. 1.6 Juta Rupiah.

Desain


Dari segi desain, Honor 8A tampil dengan bahan polikarbonat serta bingkai atau frame berbahan logam. Kombinasi keduanya menyatu pada bagian belakang smartphone sehingga terkesan lebih stylish, mirip dengan apa yang ada di Honor 8X namun di Honor 8X kombinasi kaca dan logam. Pada bagian belakang terdapat satu modul kamera beresolusi 13 megapiksel dengan f/1.8 dan didukung PDAF (phase detection autofocus) dan LED Flash. Terdapat tulisan Honor pada bagian kiri bawah menambah kesan futuristik.


Pada bagian depan terdapat layar 6 inci dengan resolusi 720 x 1560 (HD+) disertai poni ala waterdrop sebagai tempat kamera depan 8 megapiksel, receiver telepon, dan lampu led notifikasi.  Pada bagian bawah layar terdapat logo honor dengan aksen krom. Di bagian bawah terdapat microUSB port untuk charging dan ada speaker mono plus mic, terdapat headphone jack 3.5mm di bagian atas Honor 8A. Tombol power dan volume di sisi kanan serta slot simcard ada di sisi kiri.


Honor 8A memiliki konfigurasi slot Dual SIM ditambah MicroSD sehingga kamu bisa menambah storage tanpa mengorbankan SIM 2. Kedua slot SIM pada Honor 8A sudah support 4G LTE.

UI, Performa, dan Multimedia


Honor 8A memiliki versi android 9.0 atau Android Pie yang dibalut dengan EMUI 9. EMUI 9 juga memiliki banyak fitur yang makin memudahkan pengguna Honor 8A seperti gestur, mode hemat daya, dan pengenalan wajah untuk membuka layar (face unlock). Jika kamu bosan dengan tampilan Honor 8A, kamu juga bisa kustomisasi melalui tema EMUI 9.

Honor 8A menggunakan chip 8 inti (octa-core) 12nm teranyar dari MediaTek yakni Helio P35 MT6765 dengan clock 2.3GHz didukung RAM 3GB dan memori internal 32GB, sedangkan GPU menggunakan PowerVR Rogue GE8320 untuk kegiatan sehari-hari cukup bisa diandalkan ditambah baterai 3.020 mAh dapat bertahan seharian lebih dengan data selular menyala.

Untuk urusan game Honor 8A cukup lumayan saat dicoba bermain Asphalt dan PUBG dengan grafis low terasa lancar namun jika dinaikkan medium/high akan ada framedrop. Layar juga masih responsif ketika digunakan bermain game bahkan dengan waktu yang lama.

Kamera


Kamera belakang Honor 8A memiliki resolusi 13 MP dengan f/1.8 PDAF. tidak banyak mode yang ada di kamera Honor 8A, hanya ada mode Pro, Panorama, HDR, dan beautification. Sedangkan untuk video support merekam hingga resolusi 1080p atau FullHD. Berikut ini hasi foto Honor 8A:





Video Review 


Kesimpulan


Dengan harga Rp 1.6 juta rupiah kamu bisa mendapatkan smartphone dengan layar besar dan poni waterdrop kekinian. Bisa dibilang Honor 8A adalah smartphone termurah yang cocok untuk nonton video di Youtube atau platform video lain karena layar nya yang besar. Selain itu DualSIM plus slot microSD juga menjadi sebuah kelebihan dari Honor 8A. Untuk kekurangannya Honor8A tidak ada fingerprint/sidik jari meskipun ada pengenalan wajah namun tidak seaman sidik jari.

No comments:

Post a Comment