18/02/21

NVIDIA akan Rilis VGA RTX 3060 versi 12 GB

Awal bulan ini HEXUS melaporkan tanggal rilis Nvidia GeForce RTX 3060 12GB, dan ini sekarang telah dikonfirmasi oleh Nvidia pada The Verge. RTX 3060 12 GB akan hadir pada pada hari Kamis 25 Februari, pengecer akan diizinkan untuk menjual kartu grafis konsumen Ampere terbaru.

RTX 3060 versi 12 GB

Tentu saja ada masalah pelik tentang stok yang tersedia saat RTX 3060 12GB dirilis. Pada tahap pra-peluncuran, GPU ini dijual mulai dari € 499 hingga € 699 di Eropa, dan saat ini dijual di Pakistan dengan harga yang setara dengan sekitar US $ 750. Sebagai pengingat, harga retail resminya adalah US $ 329.

Tidak akan ada Founder's Edition dari kartu grafis RTX 3060 12GB, kata Nvidia kepada The Verge, jadi Anda harus memilih dari penawaran AIB, jika tersedia.


Untuk rekap, RTX 3060 12GB disebut-sebut oleh Tim Hijau sebagai penerus GTX 1060 dan RTX 2060 (non-Super). Dibandingkan dengan generasi sebelumnya ini, kartu grafis Ampere konsumen baru cukup menjamin kinerja 60fps + dalam game AA modern - dan hal itu dilakukan dengan kenikmatan ganda pelacakan sinar waktu nyata dan DLSS diaktifkan, jika tersedia.

Peningkatan pasokan penjualan GeForce RTX 2060 dan GTX 1050 Ti dikonfirmasi

Untuk meringankan permintaan kartu grafis gaming PC, Nvidia telah mengkonfirmasi rumor bahwa ia akan 'menghidupkan kembali' beberapa GPU lama.

Dalam email ke PC World, Nvidia mengatakan bahwa mereka tidak pernah menghidupkan (dari masa EOL/end of life) GeForce RTX 2060 dan GTX 1050 Ti, jadi 'menghidupkan kembali' mungkin bukanlah terminologi yang benar. Sebaliknya, Nvidia mengatakan lebih suka mengatakan bahwa mereka memenuhi "pasang surut" permintaan pasar akan kartu grafis yang saat ini sedang sangat tinggi.

Stok kartu Pascal berpotensi meningkatkan pasokan dengan sangat cepat jika rumor kekurangan GDDR6 adalah alasan lain di balik kekurangan kartu grafis GeForce dan Radeon terbaru. Selain itu, VRAM GDDR5 4GB, tidak cukup untuk penambangan ETH, berarti stok tidak akan dijarah, dan dapat berjalan di sistem yang mungkin tidak memiliki konektor daya PCI cadangan, serta ada berbagai desain LP yang siap untuk sistem yang dibatasi. Sepertinya kita masih membutuhkan waktu agar pasang surut berubah menjadi aliran GPU yang 'dihidupkan kembali' ini.