07/09/22

Apple Watch Ultra, Smartwatch Terbaik dan Terbaru dari Apple

Apple hari ini mengumumkan Apple Watch Ultra, yang menghadirkan desain baru yang berani dan berbagai fitur yang dibuat untuk ketahanan, eksplorasi, dan petualangan. Apple Watch Ultra memperkenalkan casing titanium 49mm dan kristal depan safir datar yang menampilkan layar Apple Watch terbesar dan paling terang saat ini.

Terdapat tombol yang dapat disesuaikan dan menawarkan akses instan ke berbagai fitur berguna. Apple Watch Ultra memiliki masa pakai baterai terbaik dari semua Apple Watch, dapat digunakan hingga 36 jam selama penggunaan normal. Selain itu, pengaturan daya rendah yang baru, ideal untuk pengalaman beberapa hari, dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 60 jam. Memili watchface Wayfinder dirancang khusus untuk layar Apple Watch Ultra yang lebih besar dan menyertakan kompas yang terpasang di dial, dengan ruang hingga delapan komplikasi. Apple Watch Ultra juga menghadirkan tiga strap baru — Trail Loop, Alpine Loop, dan Ocean Band — yang menawarkan fitur desain unik yang memberikan kecocokan yang aman dan nyaman untuk setiap petualangan.

Lebih Besar, Lebih Cerah, dan Lebih Kuat
Terbuat dari titanium kelas militer, Apple Watch Ultra memberikan keseimbangan sempurna antara berat, daya tahan, dan ketahanan terhadap korosi. Casingnya terangkat untuk mengelilingi semua tepi kaca kristal safir, melindungi layar Retina, dan mencapai kecerahan 2000 nits — 2x lebih terang daripada layar Apple Watch mana pun. Tombol Action baru dalam warna oranye internasional kontras tinggi mudah disesuaikan untuk akses instan ke berbagai fitur, termasuk Workouts, Compass Waypoints, Backtrack, dan banyak lagi.

Apple Watch Ultra memiliki tiga mikrofon internal untuk meningkatkan kualitas suara secara signifikan dalam panggilan suara dalam kondisi apa pun. Algoritma beamforming adaptif menggunakan mikrofon untuk menangkap suara sekaligus mengurangi suara latar sekitar, menghasilkan kejernihan yang luar biasa. Di lingkungan berangin yang menantang, Apple Watch Ultra menggunakan algoritma pengurangan kebisingan angin canggih, termasuk pembelajaran mesin, untuk menghadirkan audio yang jernih dan dapat dipahami dengan jelas saat melakukan panggilan.

Band Baru Dirancang untuk Luar Ruangan yang Hebat
Dirancang khusus untuk atlet ketahanan dan pelari, tali jam Trail Loop adalah tali jam Apple Watch tertipis hingga saat ini. Tekstil tenunan yang ringan lembut dan fleksibel, memungkinkannya untuk menyesuaikan dengan optimal, dan tab yang nyaman dirancang untuk penyesuaian yang cepat dan mudah.

Dengan mempertimbangkan penjelajah, tali jam Alpine Loop menampilkan dua lapisan terintegrasi yang dibuat dari satu proses tenun berkelanjutan yang menghilangkan kebutuhan untuk menjahit. Loop atas, diselingi dengan benang berkekuatan tinggi, memberikan kemampuan penyesuaian dan pemasangan yang aman untuk pengikat G-hook titanium.
Ocean Band dirancang khusus untuk olahraga air ekstrem dan menyelam rekreasi dengan gesper titanium dan loop pegas yang sesuai. Dibentuk dari fluoroelastomer yang fleksibel, ia membentang dan menggunakan geometri tubular untuk pemasangan yang aman. Ocean Band juga memiliki ekor ekstra panjang opsional yang memungkinkan pengguna mengenakan pakaian selam dengan nyaman.

Olahraga Ketahanan dan Atlet Elit
Apple Watch Ultra adalah alat luar biasa untuk atlet ketahanan atau mereka yang bercita-cita untuk melampaui batas. Untuk pertama kalinya di Apple Watch, GPS frekuensi ganda presisi mengintegrasikan L1 dan frekuensi terbaru, L5, plus algoritma pemosisian baru. Apple Watch Ultra memberikan GPS paling akurat dari semua Apple Watch hingga saat ini, memberikan pengguna data jarak, kecepatan, dan rute yang paling tepat untuk pelatihan dan kompetisi.


Penjelajah
Dengan layar yang lebih besar, lebih cerah, dan desain yang kokoh, Apple Watch Ultra adalah alat teknis yang sempurna untuk para petualang dan penjelajah di berbagai lingkungan, mulai dari keseharian hingga ekstrem. Aplikasi Kompas yang sepenuhnya didesain ulang di watchOS 9 menampilkan informasi yang lebih mendalam dan tiga tampilan berbeda. Aplikasi ini menampilkan tampilan hybrid baru yang secara bersamaan menunjukkan dial kompas analog dan tampilan digital. Turning the Digital Crown menampilkan tampilan tambahan yang mencakup garis lintang, garis bujur, elevasi, dan kemiringan, serta tampilan orientasi yang menunjukkan Compass Waypoints dan Backtrack.
Compass Waypoints adalah cara cepat dan nyaman untuk menandai lokasi atau tempat menarik secara langsung di aplikasi. Menekan tombol Tindakan atau mengetuk ikon Compass Waypoint akan menjatuhkan titik jalan yang dapat diedit dengan mengetuk ikon yang muncul. Komplikasi Compass Waypoint diperbarui secara dinamis dalam waktu nyata dengan arah titik jalan serta perkiraan jarak.

Backtrack menggunakan data GPS untuk membuat jalur yang menunjukkan di mana pengguna berada, yang berguna jika mereka tersesat atau bingung dan membutuhkan bantuan untuk menelusuri kembali langkah mereka. Itu juga dapat menyala secara otomatis di latar belakang saat di luar jaringan. Dengan sekali tekan tombol Action, pengguna dapat dengan cepat menjatuhkan Compass Waypoint atau memulai atau melihat Backtrack. Sirene 86 desibel dirancang untuk keadaan darurat, jika pengguna tersesat atau terluka, dan dapat membantu menarik perhatian ke suatu lokasi. Tanda tangan suara yang unik menggabungkan dua pola bergantian yang berbeda, yang dapat berulang hingga beberapa jam. Pola pertama menunjukkan kesusahan, sedangkan yang kedua meniru pola SOS yang diakui secara universal. Untuk perjalanan backpacking beberapa hari, masa pakai baterai dapat diperpanjang hingga mencapai 60 jam menggunakan Mode Daya Rendah ditambah pengaturan daya rendah tambahan yang mengurangi frekuensi GPS dan pembacaan detak jantung.

Penggemar Olahraga Laut dan Air
Apple Watch Ultra dirancang untuk olahraga air, termasuk aktivitas ekstrem seperti kitesurfing dan wakeboarding, serta menyelam scuba hingga 40 meter dengan aplikasi Oceanic+ baru. Untuk mendukung petualangan bawah air ini, Apple Watch Ultra disertifikasi WR100. Apple Watch Ultra juga disertifikasi EN 13319, yang merupakan standar yang diakui secara internasional untuk aksesori selam, termasuk pengukur kedalaman yang diandalkan oleh penyelam rekreasi di seluruh dunia.
Memanfaatkan pengukur kedalaman baru, Apple Watch Ultra menampilkan aplikasi Kedalaman yang dirancang dengan antarmuka pengguna yang intuitif. Hanya dengan pandangan sekilas, aplikasi Depth menampilkan waktu, kedalaman saat ini, suhu air, durasi di bawah air, dan kedalaman maksimal yang dicapai. Pengguna dapat memprogram tombol Action untuk langsung meluncurkan aplikasi Depth.

Bekerja sama dengan Huish Outdoors, yang dikenal karena menghadirkan peralatan inovatif dan andal untuk menyelam, aplikasi Oceanic+ yang baru mengubah Apple Watch Ultra menjadi komputer selam yang mumpuni. Tersedia dari App Store akhir musim gugur ini, aplikasi ini menjalankan algoritma dekompresi Bühlmann, dan mencakup perencanaan penyelaman, metrik penyelaman yang mudah dibaca, peringatan visual dan haptic, batas tanpa dekompresi, tingkat pendakian, dan panduan berhenti aman. Oceanic+ juga menawarkan profil pengguna yang dipersonalisasi, laporan tentang kondisi penyelaman saat ini dan lokal, dan buku catatan penyelaman yang dapat dibagikan dengan keluarga dan teman dan secara otomatis disinkronkan ke iPhone.

Fitur tambahan
Apple Watch Ultra mencakup semua konektivitas, aktivitas, dan fitur kesehatan yang menjadikan Apple Watch sebagai jam tangan pintar terlaris di dunia — mulai dari pemantauan detak jantung dan aplikasi EKG dan Oksigen Darah bersama dengan alat kesehatan tambahan , keselamatan, dan fitur navigasi.

Apple Watch Ultra menghadirkan kemampuan penginderaan suhu baru yang inovatif yang memungkinkan wawasan lebih lanjut tentang kesehatan wanita. Desain dua sensor yang unik mengurangi bias dari lingkungan luar dan bodi itu sendiri. Memanfaatkan kemampuan baru, pengguna dapat menerima perkiraan ovulasi retrospektif, yang dapat membantu untuk keluarga berencana. Penginderaan suhu juga memungkinkan peningkatan prediksi periode untuk pengguna yang menstruasi. Dengan iOS 16 dan watchOS 9, pengguna Pelacakan Siklus sekarang dapat menerima pemberitahuan jika riwayat siklus mereka yang tercatat menunjukkan kemungkinan penyimpangan, yang dapat menjadi gejala dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Menggunakan dua sensor gerak baru dan algoritme fusi sensor canggih, Apple Watch dapat mendeteksi tabrakan mobil yang parah dengan Crash Detection. Saat Apple Watch mendeteksi tabrakan mobil yang parah, perangkat akan menghubungi pengguna dan menghubungi layanan darurat jika mereka tidak merespons setelah hitungan mundur 10 detik. Penanggap darurat akan menerima lokasi perangkat pengguna, yang juga dibagikan dengan kontak darurat.

Ketersediaan dan Harga
Apple Watch Ultra akan mulai tersedia 23 September, namun belum diketahui kapan Apple Watch Ultra hadir di Indonesia. Untuk harga, Apple Watch Ultra dijual di harga $799 atau sekitar 12 Juta Rupiah.