21/11/22

Review Acer Nitro 5 2022 Terbaru, Hadir Lebih Fresh dengan Desain dan Prosesor Canggih

Acer Nitro 5 Series dengan Intel Core i7-12700H
Di tahun 2022 ini, Acer kembali meluncurkan laptop gaming terbarunya di Indonesia, melengkapi lini Acer Nitro 5 Series yaitu Nitro 5 (AN515-58) dengan prosesor Intel® Core™ i7-12700H Processor generasi paling baru. Sejumlah pembaruan diberikan Acer pada laptop terbarunya dari segi desain dan performa termasuk prosesor terbaru 12th Generation Intel® Core™ Processors.

Laptop gaming terbaru ini memiliki segudang fitur andalan seperti Intel® Core™ i7-12700H Processor dengan grafis NVIDIA® GeForce® RTX 30 Series, Upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA, layar FHD dengan panel Real IPS refresh rate 165 Hz dan response time 3ms, Intel® Killer™ Wi-Fi AX1650 dan Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller serta sistem termal Inovatif dengan Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust.

Acer Nitro 5 (AN515-58) hadir dalam dua varian prosesor yaitu Intel® Core™ i7-12700H Processor dan Intel® Core™ i5-12500H Processor. Selain prosesor, laptop gaming ini menyediakan 3 pilihan kartu grafis yaitu NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060 dengan GDDR6 VRAM berkapasitas 6GB, NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Ti, dan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050.

Semua varian Acer Nitro 5 (AN515-58) memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Bedanya, hanya terletak pada kartu grafis dan prosesor saja.

Acer Nitro 5 (AN515-58) ini memang ditujukan untuk gamers casual yang membutuhkan laptop gaming mumpuni dalam merasakan pengalaman gaming yang maksimal. Lalu, apakah Acer Nitro 5 (AN515-58) ini memang cocok digunakan gamers casual? Langsung saja simak review Acer Nitro 5 (AN515-58) berikut ini.

Desain Perubahan yang Lebih Fresh
Acer Nitro 5 (AN515-58)
Acer Nitro 5 (AN515-58) mengusung desain baru, meski masih mempertahankan warna dasar hitam. Namun, kini terdapat aksen garis-garis berwarna biru dan merah yang membuatnya tampak lebih fresh.

Di desain dengan sasis baru yang telah disempurnakan dengan kehadiran pendinginan kipas ganda, saluran masuk ganda (atas dan bawah), dan desain port quad-exhaust membuat laptop ini terkesan gahar. Quad-exhaust atau empat exhaust ini merupakan tempat udara keluar masuk yang ditempatkan pada bagian belakang laptop. Exhaust ini bekerja dengan dua kipas pendingin Acer untuk untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.

Desain ini membuat Nitro 5 diklaim mampu membuat proses pendinginan berjalan optimal, sekaligus menghindari terjadinya penurunan performa. Kecepatan kipas, pencahayaan, dan lain sebagainya untuk sistem pendingin hingga 25% airflow yang lebih optimal bisa diatur melalui aplikasi NitroSense.
Pada bagian depan, teberentang layar 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms. Layar tersebut memang terbukti memberikan kenyamanan extra saat bermain game ataupun menonton video, bahkan untuk aktivitas lainnya.

Masih di bagian depan, terdapat keyboard RGB 4 zona yang bisa kamu kendalikan melalui hotkey NitroSense khusus. Tombol WASD dan panah juga mendapatkan sentuhan yang berbeda untuk memberikan visibilitas yang lebih baik. Pastinya ketika bermain game, mengetik dokumen, browsing dan kegiatan lainnya jauh lebih nyaman dengan keyboard ini karena lebih responsif dan empuk.

Sasis laptop gaming ini juga telah di desain secara upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA, sehingga lebih mudah untuk dilepas pasang saat kamu ingin upgrade komponen hardware. Cukup melepaskan bagian bawah sasis laptop.
Terdapat pula port seperti HDMI 2.1, sebuah port USB 3.2 Gen 1, satu port USB 3.2 Gen 2 sekaligus port untuk charger, satu port USB 3.2 Gen 2, satu port USB Type-C™ port (USB 3.2 Gen 2) (Thunderbolt 4), serta port Ethernet (RJ-45).

Performa yang Semakin Ngebut
Seperti sudah disebutkan di atas, Acer Nitro 5 (AN515-58) memiliki dua varian terbaru Intel yaitu Intel® Core™ i7-12700H Processor dan Intel® Core™ i5-12500H Processor. Untuk Intel® Core™ i7-12700H Processor ditunjang clock speed 4.70 GHz dan daya prosesor 45 W. Sementara untuk Intel® Core™ i5-12500H Processor memiliki kecepatan clock 4.50 GHz dan daya prosesor 45 W.

Kedua varian prosesor ini memberikan kinerja maksimal ketika merasakan gaming maupun kegiatan multitasking tanpa hambatan. Dengan arsitektur baru yang inovatif menyesuaikan core yang tepat dengan beban kerja yang tepat. Sehingga software apapun yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan, serta memberi kebebasan untuk mengobrol, menjelajah, streaming, mengedit, merekam, dan bermain tanpa henti. 12th Generation Intel® Core™ Processors ini memiliki 14 cores (6P-core + 8E-core) dan hingga 20 threads.

Tiga varian kartu grafis mampu menyuguhkan visual gaming yang luar biasa. Ketiganya memiliki arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA yang memberikan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS.

NVIDIA DLSS memberikan peningkatan kecepatan pada game dengan kualitas gambar tanpa lebih tajam. Selain itu, bisa meningkatkan pengaturan dan resolusi untuk pengalaman visual yang lebih baik. Dukungan ray-tracing dapat mensimulasikan cahaya dalam di dunia nyata ke dalam game untuk menghasilkan grafis nyaris seperti sungguhan.

Guna mengoptimalkan performa dari laptop gaming ini Acer menyematkan RAM DDR4 yang dapat dengan mudah untuk di upgrade hingga 32 GB. Begitupun dengan SSD NVMe yang bisa diupgrade hingga 512GB dan HDD up to 1TB. Semua komponen storage tersebut, dapat di upgrade dengan mudah, melalui bagian belakang sasis laptop.

Untuk membuktikan seberapa ngebut performa Acer Nitro 5 (AN515-58), dicoba dengan bermain game Cyberpunk 2077 hasil karya dari developer CD PR.

Berkat kombinasi prosesor, kartu grafis, dan storage yang mumpuni, game Cyberpunk 2077 sanggup dilibas habis oleh laptop gaming ini. Nyaris tidak ada lag sama sekali yang mengganggu aktivitas dalam bermain game. Visual yang disajikan begitu tajam dan detail.

Ini berarti game lain sekelasnya tentu bisa dijalankan tanpa kendala oleh Nitro 5. Apalagi game lain yang memiliki specs requirement dibawah game satu ini. Berkat dukungan DTS:X® Ultra dan dua speaker 2W, suara menjadi jernih dan dapat disajikan dalam 3D spatial soundscape seperti suara dentuman peluru terdengar lebih kencang dari game Cyberpunk 2077.

Tak hanya itu, Dual-fan Cooling dan Quad-Exhaust membuat laptop tidak panas ketika digunakan dalam waktu lama untuk gaming dan kegiatan lainnya.

Laptop gaming ini disokong baterai Li-ion berkapasitas 57.5Wh. Saat kami gunakan untuk bermain game dan aktivitas lainnya seperti mengetik dokumen, menonton video atau film, sosial media dan berselancar internet, daya tahan baterai laptop ini cukup awet.

Koneksi Internet Lebih Stabil
Dengan Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller, Intel® Killer™ Wi-Fi AX1650, dan Control Center 2.0, mampu menstabilkan koneksi internet dengan latensi rendah. Intel® Killer™ Ethernet E2600 Controller dapat secara otomatis mendeteksi, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan lalu lintas jaringan dan memastikan data yang paling penting dikirimkan dengan cepat dengan throughput 1Gbps.

Didukung Intel® Killer™ Wi-Fi AX1650 terbaru menggunakan channel 160Mhz, menghasilkan throughput hingga 2,4 Gbps dan kinerja mutakhir. Disertakan juga Killer Control Center 2.0 dengan tampilan antarmuka baru yang memungkinkan para gamer dan pengguna PC untuk menganalisis, mengoptimalkan, dan mengontrol kinerja jaringan PC mereka dengan mudah.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir terputus koneksi saat bermain game online, sosial media atau sekedar browsing internet.

Kesimpulan
Dari segi desain, Acer Nitro 5 (AN515-58) memiliki sedikit pembaruan dengan aksen garis-garis berwarna biru dan merah yang membuatnya tampak lebih fresh dan baru. Mengandalkan prosesor keluaran terbaru yakni Intel® Core™ i7-12700H Processor dengan grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 30 Series, terbukti laptop gaming ini mampu menjalankan game setingkat AAA dengan lancar dan tanpa lag. Hadir dengan dukungan layar 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms, membuat visual dalam game terlihat lebih smooth.

Semua varian Acer Nitro 5 (AN515-58) sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Untuk harganya sendiri, Acer Nitro 5 dengan tingkatan terbaru saat ini yaitu Intel® Core™ i9-12900H Processor, dijual dengan harga mulai dari Rp 21.999.000 yang telah dilengkapi dengan 165Hz. Sedangkan, pada Acer Nitro 5 dengan Intel® Core™ i7-12700H Processor, dijual dengan harga mulai dari Rp 18.999.000 dengan 144Hz. Untuk Produk gaming dari Acer ini sudah bisa diboyong secara online maupun toko resmi Acer. Untuk informasi lainnya bisa cek di https://store.acer.com/en-id/catalogsearch/result/?q=acer%20nitro%205 untuk mendapatkan Acer Nitro 5 yangs sesuai dengan gaya pengguna.