9/3/18

Review Oppo Find X Indonesia: Futuristik !


Pada pandangan pertama Oppo Find X mirip dengan Samsung Galaxy S9, namun ada beberapa inovasi yang membuat Oppo Find X terasa lebih futuristik ditimbang seri Galaxy. Layar all screen display dengan modul kamera yang disembunyikan dan akan naik ketika kita ingin membuka kunci atau mengambil foto mungkin terasa aneh dan kurang kerjaan, namun saya rasa itu adalah ide yang pintar. Kali ini TechGue.com akan unboxing dan sedikit review tentang Oppo Find X.

Unboxing dan Spesifikasi

Box Oppo Find X
Box Oppo Find X sangat premium, sesuai dengan price tag nya dibalut dengan tekstur dan kulit sintetis dengan aksen biru kuning. Di dalamnya terdapat Oppo Find X, Charger, Kabel Data Type C, Dongle Type C ke Jack 3.5 mm, Headset, Kartu Garansi dan Petunjuk penggunaan, Hardcase, Sim Card Ejector, Cleaning cloth, dan Stiker Find X.
Kelengkapan Oppo Find X

Spesifikasi OPPO Find X
Dimensi Ukuran: 156,7 x 74,2 x 9,4 mm
Berat: 186 gram
Layar Ukuran: 6,42 inci
Resolusi: 2340x1080, 401ppi,
Tipe: AMOLED, 60000:1, Panoramic Arc Screen
Kamera Depan Resolusi: 25MP
Diafragma: f/2.0
Sensor: Sony IMX 576
3D Structured Light
Sensor-HDR
3D Emoji
3D AI Beauty Technology
AI Portrait Mode
Kamera Belakang Sensor: 16MP dan 20 MP
Diafragma: f/2.0 dan f/2.0
Sensor: Sony IMX 519+ dan IMX 376k
AI Recognition, AI Beautification, AR stickers, AI Portrait Mode, RAW HDR
Resolusi Video: 1080P pada 240fps dan 720P pada 480fps
Piranti Keras CPU: Snapdragon 845
CPU: 4x2.8 GHz Kryo 385 Gold + 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver
GPU: Adreno™ 630
RAM: 8GB LPDDR4X
ROM: 256GB
BAT: 3.730mAh (tipe)
Jaringan 4G/4G+: TD-LTE, LTE FDD;
3G:
2G:
WLAN
Bluetooth
Warna Bordeaux Red atau Glacier Blue
Sistem Operasi ColorOS 5.1 (Android 8.1)
Pengisian Daya VOOC Charge
Lainnya Google Assistant
Sensor: magnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, gravity
Port: USB Type-C support OTG
Slot kartu SIM: Dual Nano-SIM cards

Desain


Oppo Find X hadir dengan desain full kaca dengan rangka metal di bagian pinggir. Pada bagian depan layar Oppo Find X memiliki lengkungan pada sisi kiri dan kanan mirip dengan galaxy s series milik samsung.
Layar Real FullView milik Oppo Find X
Di bagian belakang Oppo Find X mimiliki desain yang unik dimana ada aksen warna pada pinggiran Oppo Find X yang akan timbul bila terkena cahaya. Efek tersebut memberikan kesan mewah dan elegan pada Oppo Find X.
Desain Kaca Belakang Oppo Find X
Port USB Type C, slot SIM Card (Dual Nano-SIM) dan speaker berada di bawah sayangnya Oppo Find X tidak dilengkapi dengan headphone jack 3.5mm. Tombol volume up dan down berada di sisi kiri sedangkan tombol power berada di sisi kanan.
Oppo Find X menyembunyikan kamera depan dan belakang melalui mekanisme mekanik dengan menaikkan bagian atas sehingga memunculkan kamera depan dan belakang. Proses unlock device juga menggunakan mekanisme yang sama karena tidak adanya fingerprint pada Oppo Find X. Oppo mengklaim sudah mengetes mekanisme ini dan tahan hingga 300 ribu kali proses naik turun.

Layar
Layar Oppo Find X merupakan salah satu layar smartphone terbaik yang pernah saya lihat. Menggunakan resolusi FUllHD+ dan aspek rasio 19,5:9. Oppo Find X yang tanpa notch berhasil mencapai rasio screen-to-body 93,8%. Layar Oppo Find X juga sudah AMOLED yang penyajian warnanya akurat dan memuaskan mata, untuk nonton video maupun bermain game jelas lebih memuaskan.

Performa
Jeroan Oppo Find X nggak main-main, Oppo memberikan yang terbaik saat ini Prosesor Snapdragon 845 disandingkan dengan RAM 8GB dan Memori internal yang sangat lega 256GB.
Untuk bermain game-game terpopuler saat ini tentu berjalan sangat lancar pada settingan tertinggi, sebagai contoh untuk bermain PUBG mobile sangat lancar dan asik.
Untuk membuka aplikasi maupun multi-tasking Oppo Find X juga sangat mumpuni tanpa cela berkat dukungan RAM 8GB. Antutu benchmark dan 3Dmark juga menunjukkan skor yang sangat tinggi.

Oppo Find X menggunakan user interface khas Oppo yakni ColorOS, pada Oppo Find X adalah versi 5.1 Android Oreo 8.0. UI Oppo Find X cukup user friendly dan banyak fitur seperti Face recognition untuk Face unlock. Fitur Face unlock di Oppo Find X sendiri didukung oleh teknologi Stealth 3D Camera yang mampu memindai 15 ribu titik di wajah dan klaim Oppo lebih aman daripada fingerprint.

Kamera
Dual Kamera belakang Oppo Find X masing-masing 16MP dan 20MP dengan bukaan f/2.0 sensor yang dipakai adalah Sony IMX 519+ dan IMX 376k sedangkan kamera depan 25MP. Fitur foto dan video yang ada pada Oppo Find X pun cukup beragam seperti Portrait, Sticker dan Video Slow-mo.
Berikut ini adalah contoh hasil penggunaan kamera belakang Oppo Find X baik di dalam ruangan maupun outdoor.

Kesimpulan
Keberanian Oppo untuk inovasi desain smartphone dengan mekanisme menyembunyikan kamera dengan slider patut kita acungi jempol. Dimana kebanyakan produsen smartphone mengikuti trend notch ala iPhone X, Oppo memberikan layar Real FullView yang lapang dan fantastis.
Oppo Find X juga memberikan pengalaman smartphone futuristik dengan desain yang elegan dan jeroan hardware yang sangat powerful. Terlepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki Oppo Find X, tidak adanya sensor fingerprint, slot microSD dan headphone jack sangat disayangkan serta harga yang dibandrol juga cukup tinggi sekitar 13,5 Juta untuk mendapatkan Oppo Find X. Gimana tertarik memiliki Oppo Find X?

No comments:

Post a Comment