04/09/20

Beberapa Varian VGA NVIDIA RTX 30 yang Mungkin Dijual di Indonesia

 

Setelah beberapa hari lalu NVIDIA mengumumkan kartu grafis/VGA generasi terbaru mereka yakni RTX 30. Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana model yang mungkin akan dijual di Indonesia karena versi Founder jelas tidak akan hadir di indonesia secara resmi. Beberapa merek yang memiliki distributor di Indonesia seperti ASUS, GIGABYTE, MSI dll sudah menampilkan teaser RTX 30 versi mereka. Nah kali ini Techgue.com akan mengumpulkan beberapa diantaranya.

GIGABYTE/AORUS


Gigabyte / Aorus  merilis video tampilan pertama yang menampilkan first look kartu grafis seri GeForce RTX 30. Kamu bisa melihatnya pada video di bawah dan menunjukkan tampilan OLED yang tampak keren pada bagian samping GPU. Konten video menunjukkan Gigabyte berfokus pada pendingin yang telah dirancang untuk menjinakkan GPU RTX 30.

Jika Anda menuju ke halaman produk kartu grafis Gigabyte Nvidia dan memfilter untuk seri RTX 30, Anda akan disajikan dengan portofolio produk delapan kartu. Ini semua adalah kartu RTX 3090 dan 3080 untuk saat ini (masing-masing empat) dan juga dibagi empat untuk setiap merek.

ASUS

Asus telah mengumumkan jajaran awal kartu grafis seri GeForce RTX 30. Ini akan menambahkan GPU Ampere ke tiga rentang yang kita kenal; lini produk ROG Strix, TUF, dan Dual. Asus mengatakan desain 'buffed up' untuk arsitektur Ampere termasuk "buffed-up cooling, PCBs, dan power design."

ROG (Republic of Gamers)
Mulai dari atas, kartu Asus ROG Strix menampilkan casing baru dengan kipas tiga aksial. Asus mengatakan kipas sentral memiliki cincin penghalang tinggi penuh dan 13 bilah kipas untuk meningkatkan tekanan statis dan mendorong udara melalui heatsink, sementara itu diapit dengan kipas 11 bilah dengan cincin penghalang setengah tinggi untuk mendorong dispersi lateral dan memberikan aliran udara yang lebih baik  melalui larik pendingin. Asus mengatasi turbulensi menggunakan kipas berputar bergantian. Kipas PWM digunakan agar dapat disetel dan dikontrol, merespons berbagai beban kerja. Dual-BIOS memungkinkan pengguna dengan cepat mengubah antara mode diam dan mode kinerja juga - tanpa perangkat lunak.

TUF
Asus mengklaim desain TUF-nya telah dikerjakan ulang dari awal untuk "tenaga dan pendinginan yang lebih kuat". Sekali lagi ini tampaknya terdiri dari semua desain kipas tiga (slot 2,7) dan Asus mengatakan mereka memiliki casing logam ditambah tiga kipas teknologi aksial yang kuat yang menggunakan bantalan kipas bola ganda yang tahan lama. Heatsink independen untuk GPU dan memori telah dipasang.

ASUS DUAL
Kartu Asus Dual dengan GPU Ampere  menampilkan casing dengan kipas Axial kembar sederhana. Saat ini ASUS Dual terbatas pada GPU RTX 3070. Desain tanpa embel-embel dengan mode 0dB ini dilengkapi pelat belakang aluminium dan braket IO baja tahan karat untuk ketahanan.

MSI

MSI telah memberikan postingan blog dan video  tentang kartu grafis GeForce RTX 30 yang baru. MSI memiliki 14 produk baru berbasis di sekitar GeForce GTX 3090, 3080 dan 3070 GPU - enam Gaming Trio dan delapan kartu seri Ventus. Rangkaian Ventus mencampur pendingin x3 dan x2 tetapi pendingin x2 eksklusif untuk seri RTX 3070 yang tidak terlalu haus daya. VGA MSI Gaming Trio RTX 3090 dan 3080 memiliki konektor daya 3x 8-pin dengan model RTX 30 yang hanya membutuhkan dua. Semua seri Ventus sport 2x konektor daya 8-pin, bahkan desain RTX 3090.

INNO 3D

Inno 3D memperkenalkan kartu seri GeForce RTX 30 yang akan datang. Ini mencantumkan sembilan produk berdasarkan RTX 3090, 3080 dan 3070 GPU di emailnya. Produk-produk ini menggunakan pendingin iChill x4 dan iChill x3 di ujung yang lebih tinggi, dengan kartu yang lebih rendah di dalam kemasan menggunakan pendingin Gaming x3 dan Twin x2.

PALIT

Palit memiliki lima produk seri GeForce RTX 30 baru untuk dipamerkan. Semuanya terlihat sangat mirip, dari RTX 3090, 3080 hingga 3070 dengan pendingin tiga kipas yang sama - tetapi semuanya dijuluki model 'GamingPro'.

GALAX


GALAX sedang dalam perjalanan untuk meluncurkan rangkaian GPU Seri NVIDIA® GeForce RTX ™ 30 yang serba baru. Ditingkatkan dari GeForce RTX 20 Series sebelumnya, GALAX telah menambahkan fitur baru yang berbeda pada RTX 30  dengan 3 lini utama: Serious Gaming Edition, EX Gamer dan EX. GALAX terus mengupayakan yang terbaik untuk mengembangkan produk tercanggih dan terbaik bagi pengguna.