9/1/20

NVIDIA memperkenalkan kartu grafis terbaru GeForce RTX 3070, 3080, 3090

Acara Spesial Nvidia GeForce, langsung dari dapur CEO Jensen Huang, baru saja usai. Acara tersebut terkait kartu grafis seri GeForce RTX 30 terbaru dan teknologi terkait. Acara dimulai dengan paparan tentang kemajuan grafik komputer selama 21 tahun terakhir, khususnya di bidang gaming - terkait dengan kampanye #UltimateCountdown PR yang telah berjalan selama 21 hari terakhir.


Game komputer adalah bisnis besar saat ini, lebih besar dari sebelumnya, dan pertumbuhan eSports sangat fenomenal, kata Huang. Namun, dia tidak akan berbicara tentang sistem dan komponen eSports anggaran, melainkan dia menunjuk pada profesional kelas atas di mana milidetik penting. Mengurangi latensi sangat penting dan dapat membuat perbedaan besar bagi para gamer profesional sehingga mereka akan sangat termotivasi untuk membeli kartu grafis terbaik untuk mendapatkan keunggulan.


Masih tentang topik umum game, Huang menyampaikan kumpulan pengumuman industri game dan teknologi, kesimpulannya dibawah ini.

  • Fortnite RTX sedang dalam pengembangan dengan bayangan raytraced, refleksi, oklusi ambien, dan DLSS 2.0.
  • Teknologi pengurangan latensi 'Reflex' Nvidia: driver baru untuk mendukung teknologi ini akan tiba akhir bulan ini.
  • Layar 360Hz G-Sync: Acer Alienware, Asus, MSI - memungkinkan Anda menyambungkan mouse ke monitor.
  • Livestreamers: Nvidia Broadcast, menggunakan algoritme AI untuk menghilangkan noise, bingkai otomatis, dan efek latar belakang seperti blur, atau bahkan penggantian latar belakang lengkap - pada GPU RTX apa pun.
  • Nvidia Omniverse Machinima: adalah alat mixer bertenaga RTX untuk storytelling video game, bentuk seni baru yang populer.
  • Marbles: demo teknologi raytraced ini berjalan pada kinerja 4x lipat di Ampere seperti di Turing.
  • Nvidia RTX IO - menghapus penyimpanan / kompresi bottleneck dari PC. Cyberpunk 2077 adalah salah satu judul AAA yang akan menggunakan teknologi baru ini untuk menampilkan data ke layar.

GPU Ampere GeForce RTX 30 series yang baru

Huang mengungkapkan GeForce RTX 3080 pertama sebagai GPU RTX Ampere generasi baru andalan untuk konsumen. Dengan menampilkan berbagai slide performa yang membandingkan seri RTX 30 dengan kartu GeForce yang lebih lama, Huang menyebut pemilik Pascal GPU (seri GTX 10) seharusnya lebih aman untuk upgrade ke RTX 30 daripada ke RTX 20 dengan melihat perbedaan performa.

GeForce RTX 3090 GeForce RTX 3080 GeForce RTX 3070
Nvidia CUDA Cores 10,496 8,704 5,888
Boost Clock (GHz) 1.70 1.71 1.73
Memory Size 24GB 10GB 8GB
Memory Type GDDR6X GDDR6X GDDR6
Price/Available $1,499 (Rp 22Juta) / 24th Sept $699 (Rp 10.2 Juta) / 17th Sept $499 (Rp 7.3Juta) / October


Huang kemudian pindah ke GeForce RTX 3070. Kartu grafis ini dijelaskan oleh blog Nvidia sebagai "sweet spot" bagi banyak orang. Secara khusus, GPU ini diklaim "lebih cepat daripada GeForce RTX 2080 Ti seharga $ 1.200 - dengan harga kurang dari setengahnya". Anda dapat melihat klaim ini di bagan yang saya buat ulang.
Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Huang melepas GeForce RTX 3090. Ya, ini adalah pengganti Titan dan karenanya bukan kartu 'andalan' dari generasi ini. Namun beberapa orang dapat memilihnya dengan itu disebut-sebut ideal untuk permainan dan kreasi. Dalam hal permainan, RTX 3090 dikatakan sebagai kartu grafis konsumen pertama yang mampu memainkan permainan pada 60fps dalam 8K. Dibandingkan dengan pendahulunya, ini hingga 50 persen lebih cepat pada 4K, dan pendingin barunya membuatnya 10x lebih hening dengan GPU hingga 30 derajat C juga lebih dingin.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.