04/01/22

Nvidia Hadirkan Teknologi Max-Q Generasi Keempat untuk Laptop Gaming dan Kreator

Nvidia umumkan teknologi Max-Q generasi keempat pada gelaran CES 2022. Nvidia mengklaim Max-Q generasi keempat dapat membantu meningkatkan kinerja dengan membuat kartu grafis bekerja dengan CPU. Di sisi lain, ini juga dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai hingga 70%.

Nvidia sempat mendapat banyak kritik karena sebelumnya menghilangkan Max-P dan Max-Q untuk kartu grafis laptopnya. Untungnya, Max-Q akan hadir kembali. Nvidia berbicara tentang teknologi Max-Q 4 generasi keempat yang akan datang di CES 2022 tak lama setelah AMD mengumumkan sesuatu yang serupa untukseri laptopnya. 

Nvidia mengatakan bahwa Max-Q generasi keempat menggunakan kecerdasan buatan untuk secara dinamis mengalihkan daya antara CPU dan GPU tergantung pada beban kerja. Ini juga menggunakan teknologi "Rapid Core Scaling" dan "CPU Optimizer" baru untuk meningkatkan core tertentu ke kecepatan yang lebih tinggi, yang akan berguna untuk beban kerja multi-core. Intinya, kartu grafis Nvidia GeForce Anda akan segera dapat mengontrol CPU sampai batas tertentu.

Max-Q generasi keempat juga memiliki sesuatu untuk laptop yang tidak memiliki sumber daya yang dapat diandalkan untuk mengisi daya baterai laptop. Max-Q akan bermain-main dengan penggunaan CPU/GPU, framerate/resolusi dalam game dan beberapa parameter lain untuk mendapatkan lebih banyak performa dari laptop. Nvidia mengklaim bahwa laptop dengan Max-Q generasi keempat bisa mendapatkan uptime hingga 70% lebih banyak jika Battery Boost 2.0 diaktifkan.