04/09/22

Acer Swift X, Laptop Bergaya Stylish dan Bisa Bikin Desain Eksklusif

Apabila Anda sadar, beberapa tahun ke belakang banyak produsen laptop yang menghadirkan perangkat bagi konten kreator. Tentunya ini tidak terlepas dari semakin banyaknya orang yang ingin menjadi konten kreator, dan kebutuhan akan sebuah perangkat yang mumpuni untuk mendukung profesi tersebut. Melihat hal ini, Acer menjadi salah satu brand yang cepat tanggap menyediakan beragam laptop untuk konten kreator. Salah satunya sudah kami coba langsung, yakni Acer Swift X. Sejumlah hal menarik kami temukan dari laptop ini. Apakah laptop ini benar-benar cocok untuk konten kreator? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.


Performa dari Prosesor AMD Ryzen 5000 Series

Pertama dan utama pastinya, laptop untuk konten kreator membutuhkan performa yang cukup tinggi. Pada laptop Acer Swift X yang kami review ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5600U. Tersedia juga pilihan prosesor lainnya, yakni Ryzen 7 5800U. Prosesor ini dibuat dengan arsitektur AMD Zen 3 yang memiliki total 6 cores dan 12 threads. Clock maksimalnya bisa menembus 4.2 GHz dengan base clock 2.3 GHz. Grafisnya mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 3050 yang pastinya mumpuni untuk mendukung tugas berat. Kemampuannya juga didukung dengan RAM dual channel 16 GB, serta memori internal menggunakan SSD 512 GB.  Kapasitas RAM bisa ditambahkan melalui ketersediaan slot SSD. Saat kami coba, laptop ini bisa dengan sangat lancar menjalankan editing foto maupun video. Bahkan Acer Swift X juga mampu digunakan untuk bermain game casual. Laptop ini hadir dengan sistem operasi Windows 10 Home yang bisa di update ke Windows 11 terbaru. Sebagai tambahan, Anda juga memperoleh bonus aplikasi Office Home and Student untuk mengerjakan berbagai kebutuhan office dengan mudah.


Desain Ramping dengan Air Inlet Keyboard

Mendukung aktivitas konten kreator yang mungkin banyak melakukan mobilitas, laptop ini dibuat dengan desain yang ramping. Ketebalan bodinya hanya 17mm dan bobot sekitar 1,39 kg. Acer menyediakan dua pilihan warna yang bisa Anda pilih, seperti Safari Gold dan Steam Blue. Saat dibuka, tepat di atas kanan keyboard terdapat Air Inlet Keyboard yang merupakan ventilasi udara sebagai tempat udara masuk. Dengan desain tersebut, aliran udara ke dalam bisa ditingkatkan hingga 10%. 

Desain Air Inlet Keyboard tersebut ditopang dengan adanya kipas pendingin yang memiliki 59 bilah. Penggunaan kipas pendingin ini dapat mengalirkan udara keluar dengan persentase 10% lebih baik. Menjaga performa tetap stabil dan optimal saat sedang membuat konten di laptop ini. Laptop ini memiliki sejumlah port pendukung, seperti port HDMI, port USB charging, port USB Type C, port USB 3.2, port USB 2.0 dan jack audio 3,5mm.


Layar dengan Akurasi Warna Tinggi

Layar juga jadi bagian penting, terutama untuk kebutuhan pembuatan konten. Di sini Acer Swift X mengandalkan layar IPS berukuran 14 inci Full HD, menyajikan layar beresolusi tinggi yang jernih. Rasio layar ke bodinya mencapai 85,73% dan memberikan sudut pandang luas hingga 170 derajat. Satu fitur penting yang disematkan ke layar laptop ini adalah dukungan color gamut 100% sRGB. Dukungan fitur ini membuat kualitas dan akurasi warna sangat mendekati aslinya. Tentunya ini sangat diperlukan dalam pembuatan konten, seperti editing video, desain, ilustrasi dan sebagainya.


Tawarkan Desain dengan Ilustrasi Eksklusif

Hal menarik lainnya yang kami temukan di laptop ini adalah adanya program ART Exclusive Illustrated. Melalui program ini, Anda bisa memiliki Acer Swift X dengan desain spesial hasil karya ilustrator ternama Sarkodit dan Angga Tantama. 

Tersedia dua desain eksklusif yang jauh lebih berwarna dan eye catchy, serta personalisasi khusus untuk nama Anda yang tercetak di laptop. Sayangnya penawaran ini tersedia secara terbatas dan bisa Anda dapatkan selama periode Acer Day 2022 yang berlangsung dari tanggal 3 Agustus – 30 September 2022.


Kesimpulan 

Dari pengalaman langsung yang kami rasakan selama mencoba laptop ini, berbagai poin keunggulan yang dimilikinya jelas sangat bisa mendukung kebutuhan konten kreator. Mulai dari desain yang dibuat ringkas agar memudahkan mobilitas, hingga performa yang mumpuni. Menurut kami paling menarik adalah penawaran selama Acer Day yang membuat Anda bisa mendapatkan Swift X berdesain eksklusif, dan pastinya anti mainstream. Dari pantauan kami di website resmi Acer, laptop ini bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 12 jutaan.