22/06/19

Review Mionix Naos QG: Mouse Gaming ada Sensor Detak Jantung



Kali ini TechGue.com akan unboxing dan review mouse gaming dari Mionix yakni Naos QG. Sedikit mengenalkan, Mionix sendiri merupakan produsen gaming hardware asal Swedia yang didirikan pada tahun 2007 oleh Peter Nygren. Mionix sendiri di luar negeri cukup terkenal dalam membuat peralatan gaming dengan kualitas tinggi seperti mouse, keyboard, headsets, dan mousepad mereka sering jadi sponsor perhelatan kompetisi eSports. Mionix Naos QG memiliki teknologi yang lain daripada mouse gaming kebanyakan dengan adanya sensor biometric yang dapat memberikan informasi performa dalam bermain game sepertri pergerakan mouse, detak jantung dan data aktifitas.

Apa saja isi di dalam box ?

Kemasan Mionix Naos QG sangat baik menggunakan box yang cukup keras dan terdapat logo heart rate di bagian depan serta bentuk Mionix Naos QG yang dimensinya sama dengan mouse asli didalamnya. Sedikit tips saat membeli mouse Mionix cek gambar di depan merupakan ukuran serta bentuk asli mouse didalamnya.
Di dalam paket penjualan terdapat buku panduan penggunaan, mouse Mionix Naos QG dan stiker.

Review Mionix Naos QG


Mionix Naos QG merupakan mouse gaming untuk gamer yang menggunakan tangan kanan untuk bermain. Tidak seperti Mionix Avior yang memiliki bentuk simetris sehingga bisa digunakan oleh gamer bertangan kanan maupun kiri. Mionix Naos QG sangat nyaman dipegang karena menggunakan tekstur matte rubber yang lembut dan membuat mouse tidak licin ketika digunakan.

Mionix Naos QG memiliki ukuran yang lebih besar dibanding mouse gaming kebanyakan, sangat cocok untuk gamer yang memiliki grip (cara memegang mouse) palm sehingga Mionix Naos QG ketika digunakan seluruh telapak tangan akan menempel di mouse dan jari manis serta kelingking akan menempel di bagian tonjolan kanan Mionix Naos QG dengan nyaman.
Ketika pertama kali menggunakan Mionix Naos QG kamu akan melihat 2 buah sensor pada tempat kita meletakkan telapak tangan. Kedua sensor tersebut adalah optical sensor untuk sensor detak jantung atau heart rate monitor dan 2 konektor metalic yang merupakan sensor galvanic-skin-response untuk mengukur konduktivitas kulit.
Ada beberapa tombol tambahan pada Mionix Naos QG daintaranya 2 di bagian samping dan 2 dibawah scroll wheel yang secara default digunakan untuk mengganti DPI. Kamu dapat mengkustomisasi 4 tombol tambahan tersebut di software Mionix Hub. Ada 2 bagian led yang menyala pada Mionix Naos QG yang warna led nya bisa kamu sesuaikan di Mionix Hub. Tombol-tombol pada Mionix Naos QG sangat clicky dan responsif, scroll wheel nya juga responsif sangat nyaman digunakan untuk scrolling terutama ketika browsing.

Mionix Naos QG menggunakan gold-plated USB dan kabel braided yang membuat kabel lebih awet daripada kabel biasa serta memiliki panjang 1.8 meter. Terdapat juga velcro strip sehingga dengan mudah menggulung kabel Mionix Naos QG.

Sensor


Mionix Naos QG menggunakan sensor PixelArt 3360, sensor yang sangat populer untuk mouse gaming kelas high-end sehingga traking dari Mionix Naos QG konsisten dan akurat dengan DPI berapapun. Pada saat saya gunakan untuk bermain beberapa game seperti CS:GO dan PUBG dengan 900 DPI sangat akurat tanpa stutter, lag, atau masalah lainnya.

Software



Software dari Mionix untuk Naos QG sangat minimalis, kita dapat mengatur beberapa fungsi tombol seperti tombol samping dan warna LED. Sayangnya warna LED hanya bisa mode statik 1 warna.

Untuk melihat berapa detak jantung kita/heart rate ada di tab lain di software mionix hub. Ada juga berapa jumlah klik, kita juga dapat menampilkan heart rate pada saat bermain game dengan menginstall overlay lewat Overwolf.

Kesimpulan


Mionix Naos QG adalah sebuah mouse gaming yang layak untuk dimiliki dan disukai untuk gamer yang menggunakan tangan kanan dan grip palm. Desain yang simpel dan memiliki bentuk ekstra untuk finger support menambah kenyamanan saat bermain game. Build Quality yang sangat kokoh dan kabel braided membuat Naos QG lebih tahan lama dan solid. Sensor high-end PixArt 3360 yang akurat serta DPI yang bisa diprogram melalui software yang minimalis dan mudah digunakan. Apalagi dengan harga diskon hanya Rp. 399.000 Mionix Naos QG adalah salah satu mouse gaming terbaik di harga 400 ribuan perlu diingat harga launching awal dulu seharga hampir 2 Juta.