5/7/20

Review Logitech G433 Headset Gaming 7.1 Surround

Logitech G433 adalah salah satu headset gaming yang hadir di Indonesia. Memiliki harga kelas menengah dan menawarkan suara surround 7.1 untuk PC. Meski dikhususkan untuk PC dengan konektor USB, Logitech G433 hadir dengan beberapa aksesoris tambahan agar bisa digunakan di konsol maupun smartphone mobile. Kali ini Techgue.com akan mereview Logitech G433 bagaimana suaranya? apakah recommended dibeli?

Desain

Logitech G433 memiliki desain yang colorful dan tanpa lampu RGB. Hadir dengan beberapa warna seperti Hitam, biru, dan merah namun tetap terlihat kalem tanpa embel-embel yang mencolok. Seluruh konstruksi Logitech G433 memiliki desain kain dan dengan ukuran driver 40mm. Earcup kanan memiliki 2 buah port jack 3.5mm untuk mic yang bisa dilepas dan kabel untuk ke PC maupun ke smartphone.
Headband Logitech G433 juga memiliki konstruksi plastik dengan warna yang sesuai. Dibawah headband terdapat pad yang lumayan empuk. Meski begitu padding yang terasa tipis dan earpads kain cukup terasa tidak nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama.

Aksesoris

G433 tidak kekurangan aksesoris. Headset ini dilengkapi dengan dua pasang bantalan telinga dan mikrofon boom yang dapat dilepas, ditambah dua kabel, tas pembawa kain, dan kartu suara USB 7.1-kanal. Kabel PC panjangnya 6,5 ​​kaki dan dibungkus kain, dan memiliki remote inline dengan roda volume dan sakelar mute mic. Kabel konektor 3,5 mm yang jarang dirancang untuk digunakan dengan kartu suara USB. Terdapat kabel cadangan yang dapat digunakan untuk smartphone. Logitceh G433 dilengkapi dengan tas kain untuk menyimpan headset dan aksesorisnya.

Performa Gaming

Kartu suara USB 7.1-kanal yang ada memungkinkan G433 mensimulasikan suara surround dengan pemrosesan audio dan pencampuran antara driver stereo headset. Efeknya halus di CS:GO,memberi efek directional ketika berhadapan dengan musuh yang menyerang dari berbagai arah. Seperti semua suara surround yang disimulasikan dalam headset gaming, efeknya hanya berfungsi untuk audio arah di kiri, kanan, dan tengah; Suara surround pada G433 sangat membantu untuk game-game FPS untuk mengetahui arah tembakan dan step musuh.

Performa Musik

Untuk performa musik G433 menurut saya biasa saja apalagi dalam kondisi bawaan terdengar flat. Logitech memberikan software tambahan Logitech G suite untuk mengatur equalizer, noise reduction, dan surround sound. Setidaknya kita bisa mengatur EQ agar suara yang dihasilkan lebih baik. Berikut ini EQ saya untuk G433 agar terdengar lebih baik.

Logitech G433 adalah headset gaming kabel yang sangat fleksibel yang dilengkapi dengan banyak aksesori. Dua kabel, dua set bantalan telinga, tas pouch, dan kartu suara USB yang memungkinkan surround sound 7.1 dengan harga Rp1.379.000 di official store Logitech di beberapa e-commerce. Kualitas suara, meski bagus, tidak terlalu bagus. G433 adalah paket menarik yang mempertimbangkan segala hal yang ada di dalamnya, tetapi untuk audio gaming saya rasa banyak pilihan lain yang lebih baik seperti HyperX Cloud 2, Cloud Alpha, maupun Steelseries Arctis 5.

No comments:

Post a Comment