21/12/22

Review EZVIZ BC1C eLife dan Solar Charging Panel: Kombinasi Apik Ramah Lingkungan

EZVIZ kembali hadir dengan perangkat kamera pengawas terbaru di Indonesia yaitu EZVIZ BC1C eLife. Bersamaan dengan BC1C eLife, EZVIZ juga menghadirkan perangkat charging mengandalkan tenaga surya yaitu Solar Charging Panel.

Solar Charging Panel mampu menyerap tenaga surya dan mengalirkannya menjadi energi bagi EZVIZ BC1C eLife. Karena itulah, kedua perangkat EZVIZ ini mengusung konsep yang ramah lingkungan.

Selain ramah lingkungan, masih banyak fitur menarik dari EZVIZ BC1C eLife serta Solar Charging Panel. Mau tahu apa saja? Berikut review EZVIZ BC1C eLife serta Solar Charging Panel.

Fitur EZVIZ BC1C eLife
Ditujukan untuk penggunaan luar ruangan (outdoor), EZVIZ BC1C eLife mengantongi sertifikasi IP66 dan didesain untuk tahan dari guyuran hujan atau teriknya matahari. Kamera ini bisa digunakan secara wireless ataupu terhubung ke aliran listrik. EZVIZ BC1C eLife mengandalkan baterai isi ulang dengan kapasitas 7.800 mAh sebagai penyuplai dayanya.

EZVIZ BC1C eLife sudah dilengkapi WiFi 2.4GHz untuk membantu keperluan pairing. Jadi, kamera ini bisa selalu online dan terintegrasi ke aplikasi EZVIZ yang terinstall di smartphone. Khusus aplikasi EZVIZ sudah bisa diunduh di Android dan iOS.
Kamera pengawas outdoor ini bisa merekam video dengan resolusi maksimal Full HD. Tersedia juga beberapa resolusi di bawahnya, tapi karena penggunaan kamera ini jelas untuk alasan keamanan, maka kami sangat menyarankan untuk mengaturnya di resolusi terbaik.

Memaksimalkan videonya, EZVIZ menggunakan teknologi kompresi video H.265. Teknologi ini menjaga resolusi tetap tinggi, tetapi tidak akan banyak mengambil ruang penyimpanan. Untuk kapasitas penyimpanannya, EZVIZ menyediakan eMMC 32 GB.

Jika penyimpanan tersebut menurut Anda masih kurang, EZVIZ menyediakan penyimpanan berbasis cloud. Melalui fitur bernama EZVIZ Cloud, Anda bisa menyimpan foto dan video yang direkam dari EZVIZ BC1C eLife dengan lebih leluasa. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, karena menurut EZVIZ platform cloudnya tersebut sudah terenkripsi sehingga memberika rasa aman bagi pengguna.

Selain bertugas untuk memantau situasi di mana ia diletakkan, EZVIZ BC1C juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dua arah. Komunikasi dilakukan dengan orang yang ada dekat CCTV dan Anda yang menggunakan aplikasi.

Fitur ini menurut kami sangat berguna, sehingga selain bisa memantau Anda juga bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang yang terpantau di kamera pengawas.

Masih terkait dengan fitur komunikasi ini, EZVIZ BC1C eLife dilengkapi sebuah fitur bernama cutomizable voice messages. Melalui fitur ini Anda bisa menyiapkan pesan suara yang dapat digunakan untuk sambutan orang yang datang, seperti teman, keluarga atau kurir misalnya. Selain itu fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk “mengganggu” orang tidak diinginkan yang terpantau ada di sekitar.

Khusus untuk fungsi pengawasan di malam hari, Anda bisa menikmati fitur Vivid Night Vision. Gambar yang disorot dari kamera masih akan tetap terlihat jelas. Hal ini memungkinkan berkat adanya dua lampu sorot sehingga Anda tetap bisa melihat berbagai detail penting.

Pada Vivid Night Vision ini terbagi ke dalam dua mode, yakni Color Night Vision dan Black and White Night Vision. Saat kami coba memang dua lampu sorot ini sangat membantu. Keduanya memiliki kecerahan yang sangat baik dan membantu penerangan kamera agar bisa lebih jelas mengabadikan gambar.

Jika di malam hari ada orang yang mencurigakan, fitur Active Defense akan langsung aktif dan dua lampu sorot akan menyala untuk memberikan peringatan, sekaligus memberikan tanda pada orang tersebut bahwa ia sudah terpantau.

Menurut kami fitur ini sangat berguna, setidaknya bisa menjadi tahap awal untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun perlu dicatat bahwa lampu sorot hanya akan menyala jika Anda mengaktifkan black and white night vision. Sebaliknya lampu sorot tidak akan menyala ketika mode Color Night Vision diaktifkan.

Fitur Solar Charging Panel
Sekarang kami akan membahas Solar Charging Panel. Perangkat ini didesain dengan konsep weatherproof dan disertifikasi IP65 sehingga tahan terhadap hujan dan cuaca panas.

Solar Charging Panel memiliki kabel sepanjang 4 meter untuk disambungkan ke EZVIZ BC1C eLife. Kabel USB ini bisa langsung disambungkan untuk mengisi daya dari kamera. Setelah keduanya terhubung dan baterai mulai diisi, lampu indikator di kamera EZVIZ BC1C akan menyala.

Perangkat Solar Charging Panel ini memiliki bentuk persegi dan agak besar. Kemampuannya mengumpulkan daya dari sinar matahari sebesar 6,18W. EZVIZ menyediakan bracket khusus yang membuat pemasangannya jadi lebih mudah. Selain itu dengan bracket ini Anda bisa memutarnya 360 derajat untuk mencari arah sinar matahari.

Kami sangat menyarankan untuk meletakkan Solar Charging Panel ini di tempat yang terpampang sinar matahari tanpa halangan. Tujuannya agar perangkat bisa menyerap tenaga surya yang lebih maksimal.

Aplikasi EZVIZ
Semua pengaturan dan fitur untuk EZVIZ BC1C eLife tersedia di aplikasi EZVIZ. Maka kami akan membahas sedikit mengenai aplikasinya.

Untuk user interface dan user experience, kami tidak memiliki keluhan. Aplikasi ini memiliki UI dan UX yang menurut kami sangat baik. Bagi yang baru pertama kali mencobanya tidak akan kesulitan untuk memahami isi dan fitur-fiturnya.

Proses integrasi dengan perangkat kamera juga sangat mudah. Setelah mendaftar akun dan login, Anda bisa melakukan scan barcode yang ada di bodi kamera. Ikuti instruksinya sampai aplikasi di smartphone tersambung ke kamera.

Melalui aplikasi EZVIZ ini, kami bisa langsung memantau dari sudut pandang kamera. Anda bisa merekam video, mengambil foto dan lain sebagainya, di mana saja dan kapan saja. Intinya berbagai pengaturan bisa Anda lakukan melalui aplikasi ini.
Footage EZVIZ BC1C eLife

Foto dan video dari kamera juga bisa langsung kami simpan di smartphone. Jadi jika ada hal-hal penting, Anda bisa langsung mengambilnya dengan cepat.

Kesimpulan
Mengusung konsep ramah lingkungan, EZVIZ BC1C eLife mengandalkan Solar Charging Panel yang menyerap energi dari tenaga surya. Namun, kami juga mengisi daya EZVIZ BC1C eLife dengan tersambung ke colokan listrik.

Dengan begitu, dapat lebih efisien untuk biaya listrik dengan menggunakan kamera pengawas yang bahkan menyala 24 jam.

EZVIZ C6 Smart AI Camera dapat dibeli secara online di EZVIZ Official Store di Tokopedia, Shopee, atau EZVIZ Store terdekat dengan harga Rp 1.249.000. Untuk informasi terkait EZVIZ BC1C dan Solar Charging Panel bisa lihat di situs resmi EZVIZ.